Contoh Resensi Buku dan Cerpen

Contoh Resensi Buku dan Cerpen - Hai teman - teman selamat siang. Indonesia kini memiliki ratusn dan ribuan cepenis dan penggemar membaca cerpen. Ini adalah suatu kemjuan agar membuat Indonesia lebih mju lagi dengan membudayakan Indonesia suka baca. Ini akan membuat Indonesia lebih efektif dalam memerangi dan mengurangi hp, laptop sosisal media dan alat komuiaksi lainnya secara berlebihan. Indonesia kini harus merangkak maju dalam dunia pedidikan, maka dengan adanya budaya membaca akan memperbaiki degradasi moral kum muda akibat tekhnologi.
Contoh Resensi Buku dan Cerpen
Google Image - Contoh Resensi Buku dan Cerpen
Berkaitan dengan hal diatas, disini kami akan memberikan contoh resendi buku dan cerpen. Kata resensi sendiri rupanya berasal dari bahasa Belanda yakni resentie yang mana juga di artikan kedalam bahasa latin yakni recensio yang memunyai arti mengulas kembali. Apabila di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi mempunyai maksa sebuah ulasan buku.Itulah sebabnya, bisa di artikan jika resensi adalah mengulas kembali dari sebuah karya. Mulai dari kary tulisan, karya audio visual dan juga karya dua dimensi sekalipun. Bisa di katakana jika resendi merupakan mengulas kembali dari karya- karya yang menurut sudut pandang dari diri pribadi dari pihak yang menikmati. Materi mengenai resensi mungkin di berikan pada saat masih duduk di bangku sekolah namun rupanya materi mengenai resensi ini buku juga tidak hanya di jelaskan pada saat sekolah saja namun juga di jabarkan di luar sekolah. Agar dapat memperlajari resensi buku pastinya kita pun wajib untuk meneliti bagaimana unsur- unsur yang terdapat di dalamnya supaya tulisan tersebut bisa sesuai dengan target serta bisa berguna untuk semua pembacanya. Unsur- unsur resensi buku terbagi menjadi beberapa macam, dan berikut penjerlasannya: Untuk isi resensi pastinya akan memuat mengenai synopsis atau ulasan singkat dari buku dengan kutipan yang secukupnya saja, kelebihan dan juga kelemahan dari buku, rumusan untuk kerangka buku dan pemakaian bahasa. Untuk lebih jelasnya, yuk simak uraian dibawah ini!

Contoh Resensi Buku dan Cerpen

 

1. Resensi buku 

 

Identitas Buku Judul
Filosofi kopi

Pengarang
Dewi “Dee” Lestari

Penerbit
Penerbit bentang, Truedee books dan Gagas media

Tahun Terbit 
Tahun 2006

Tebal Halaman 
142 Halaman

Sinopsis
Buku atau cerpen menceritakan kisah mengenai Ben dan jug Jody, mereka adalah seorang barista yang handal dalam membuat racikan kopi. Jody dan Ben mendirikan sebuah kedai kopi yang memiliki filosofi kopi. Ben memberikan sebuah deskripsi yang singkat dengan sebuah katu kecil tentang filososi kopi dari setiap racikan ramuan yang memang di racik dan disajikan di kedai kopi tersebut. Kedai yang didirikan oleh Ben dan Jody menjadi sangat ramai bahkan sampai penuh pengunjung. Bahkan bukan sekedar penggemar kopi saja yang datang, namun banyak dari mereka yang tidak menyukai kopi dan ingin mencoba rasanya kopi juga turut meramaikan kedai kopi tersebut.  Hingga pada suatu hari, datang seorang pira yang sangat kaya yang mendatangi Ben serta memberikan sebuah tantangan untuk membuat sebuah racikan kopi, yang jika di minum menjadikan orang menahan nafas karena takjub akan rasanya. Ben pun merasa terpukul dengan perkataan serta tantangan yang di berikan kepadanya. Akhirnya Ben dan juga Jody segera datang menuju lokasi yang sudah di tentukan oleh pria kaya tersebut dan menemukan secangkir kopi tiwus yang sedang di sajikan oleh pemilik warung. Tidak bisa memberikan kopi dengan rasa yang sempurna menjadikan Ben merasa gagal serta putus asa.  Sesudah kembali dari Jakarta, Jody menghidangkan kopi tiwus tersebut dengan adanya kartu kecil yang berisi tulisan mengenai makna filosofi yang akhirnya membuat Ben sadar, jika hidup yang tengan ia jalani adalah merupakan hal yang salah karena kehidupan memang tidak ada yang sempurna. Dengan itulah, pada akhirnya Ben melanjutkan perjuangan serta hobi menjadi seorang barista di kedai Filosofi kopi.

Kelebihan
Buku atau cerpen ini menjadikan siapa saja yang membacanya akan merasakan penasaran, dan hal ini terbukri dengan adanya beberapa kali cetakan dari buku filososi ini. Buku atau cerpen ini juga menuliskan beberapa pesan moral yakni “ kita tidak boles merasakan putus asa untuk mejalani kehidupan serta wajib untuk berusahan keras untuk bisa memperoleh sebuah hasil yang maksimal.

Kekurangan
Sebagian dari cerita buku atau cerpen ini terdapat kata atau kalimat yang memang sebagian orang untuk susah di mengerti. Jadi, untuk beberapa pembaca yang masih baru sangat di anjurkan untuk tidak memilih buku ini sebagai buku pertama sebagai bacaan. Buku ini juga terlalu segmented, hal ini di karenakan adanya gagasan dari penulis yang tidak semua pembaca dapat mengerti. Sampul yang di gunakan kurang menarik jika target sasaran adalah remaja.

2. Resensi Cerpen


Judul Cerpen
Jalan Takdir
 
Pengarang 
Hotma Juniarti
 
Penulis
Andi Fauziyah Yahya
 
Penerbit 
Gagas Media
 
Tahun Terbit
2010
 
Tebal Buku
174 Halaman 

Sinopsis 
Jalan takdir memang sudah ditentukan oleh Sang Pencipta, tidak ada seorang manusia pun yang tahu mengenai jalan takdir seseorang didalam kehidupannya. Hal tersebut sama halnya dengan  kisah penolakan secara halus oleh Ayah Mela terhadap Handoyo, lelaki yang akan meminang anak gadisnya. Hal tersebut dikarenakn ayah Mela tahu bahwa anak gadinya itu tidak mencintai Handoyo, dan ayah Mela juga mengetahui bahwa sudah ada laki-laki lain yang mengisi hati seorang anak gadisnya tersebut yaitu adik dari Handoyo.

Amanat 
Seorang ayah yang benar-benar ingin memberikan kebahagiaan dan juga masa depan yang terbaik untuk putrinya itu.
 
Kelebihan 
Kata-kata dalam cerpen ini mudah dipahami serta ceritanya yang menarik dan membuat cerpen ini benar-benar tidak bosan untuk dibaca.

Contoh Resensi Buku dan Cerpen - Demikian adalah Contoh resensi buku dan cerpen . Semoga  bermanfaat buat teman - teman semua ya! dan terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui artikel-artikel menarik selanjutnya mengenai materi tentang bahasa Indonesia. Selamat belajar!