Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah US dan UN Bahasa Indonesia

Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah US dan UN Bahasa Indonesia -  Hai teman-teman selamat siang. Ujian Nasional kini di Indonesia semakin memperbaiki diri untuk masalah kependidikan mulai dari cara ujiannya maupun dari materi soal yang di berikan. Perkembangan ini terlihat dari Ujian Nasional yang di laksanakan oleh sebagian  besar wilayah di Indonesia memakia ujian nasional bernasis komputer, tentunya ini adalah salah satu kemajuan untuk dunia pendidikan di Indonesia, karena dengan pendidikan kita dapat membentuk SDM ( sumber daya manusia) yang kompeten, aktif kreatif serta produktif sehingga menghasilkan produk ungguln nantinya demi Indonesia yang lebih baik.
Google Image - Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah US dan UN Bahasa Indonesia
Sehubungan dengan hal tersebut, disini kami akan memberikan materi mengenai Kumpulan contoh soal ujian sekolah us dan un bahasa indonesia. Materi bahasa Indonesia yang diberikn biasany termaktub dalam kurikulum, silabus serta rpp yang sudah menjadi acuan seorang guru untuk mengajarkan bagaimana dan apa saja soal yang akan di keluarkan saat ujian sekolah maupun ujian nasional, setidaknya guru tersebut memberikan kisi-kisi untuk belajar. Langsung saja yuk simak uraian dibawah ini!

Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah US dan UN Bahasa Indonesia

 

1. Tema    : Membaca tentang Nonsastra
Melalui sebuah fasilitas yang telah disediakan, alfy  mengoptimalkan sebuah kinerjanya di perusahaan yang telah turut membesarkan namanya tersebut.
Inti kalimat di atas adalah…

A.    Fasilitas yang ada telh disediakan membuat alfy optimal dalam bekerja.
B.    Dengan begitu fasilitas yang ada, alfy terus optimal dalam bekerja.
C.    alfy mengoptimalkan kinerjanya.
D.    alfy mengoptimalkan kinerjanya di perusahaan.
E.    alfy terus mengoptimalkan kerjanya di perusahaan yang membesarkan namanya itu.
 
Jawaban: C  
Pembahasan 
Inti kalimat diatas yang tepat adalah dipilihan ganda C, karena sudah jelas - jelas disitu alfy mengoptimalkan kinerjanya.

2. Tema    : Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
Berikut ini contoh kalimat yang menggunakan ejaan yang tepat yaitu ...
 
A.    Kim gong su adalah seorang atlit olah raga angkat besi yang berasal dari Korea.
B.    Seringkali aku melupakan pesan dari ibuku untuk tidak tidur di dalam bus sekolah ini.
C.    Para pedemo itu telah menyuarakan aksi anti-Amerika di depan Istana merdeka.
D.    Panitia pemilu telah berjanji akan meminimalisir kecurangan dalam pemilu mendatang saat 
        pleno.
E.    Rika menangis dari tadi saat uang RP 100000-nya hilang.

Jawaban: B
Pembahasan
Penggunaan kalimat dan ejaan yang tepat di atas adalah pilihan B. Pada pilihan A, penulisan kata atlit seharusnya atlet. Pilihan C terdapat kata istana dan itu adalah salah, seharusnya tidak ditulis dengan awalan kapital. Pilihan D terdapat kesalahan pada kata meminimalisir, seharusnya ditulis meminimalisasi. Pilihan E, penulisan nominal uang seharusnya Rp100.000,00. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

3.  Tema  : Membaca sebuah Sastra
 
Teks I
Gadis sangat cantik itu dapat diibaratkan dengan setangkai bunga yang indah dalam jambangan. Karena Banyak orang yang sangat mengaguminya  serta terpikat olehnya sehingga ingin memilikinya dan tidak jemu untuk senantiasa memandangnya. Ia juga kini menjadi pusat perhatian setiap orang yang memandangnya sungguh primadona desa.
 
Teks II
Dirimu seperti rembulan malam yang bersinar di antara kegelapan akan Menjadi bintang yang benderang di kehampaan malam dan  Pijaran sinar rembulanmu itu akan membawa keteduhan dan kehangatan bagi tubuh yang dingin ini, kau lebam Dirimu satu di antara yang besar dan kekal sepanjang malam Rembulan mu, sudikah kau tetap sinari langit di bulan Januari yang indah ini? 

Kalimat kesimpulan dari kedua isi teks di atas adalah…
 
A.  Kecantikan bunga dan rembulan yang sukar mengalihkan pandangan mata.
B.  Kekagumannya terhadap bunga dan rembulan malam yang memberikan kesan berbeda terlihat 
      begitu indah.
C. Bunga merupakan sebuah lambang cinta kasih yang tulus, sedangkan rembulan lambang 
     kehampaan.
D. Kecantikan seorang perempuan selalu ditandai atau dapat digambarkan dengan bunga dan 
     rembulan yang indah .
E. Pengungkapan untuk rasa syukur dan pengapresiasian atas segala kecantikan perempuan melalui 
     pemaknaan.
 
Jawaban: D
Pembahasan
Penarikan kesimpulan dalam persamaan kedua teks itu dapat kita lihat dari gagasan utama serta pada kedua paragraf. Pada Teks satu dan dua memiliki pembahasa tentang kecantikan seorang perempuan. Namun teks satu, kecantikan perempuan itu digambarkan seperti bunga, sedangkan pada teks dua digambarkan seperti rembulan. Sederhananya adalah, pada kedua teks tersebut mempunyai kesamaan menguraikan sosok kecantikan perempuan dengan menggambarkan kecantikan tersebut menggunakan sebuah benda atau dapat dimplementasikan dengan menggunakan hal lain, yaitu seperti bunga dan rembulan.maka, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

4. Tema     : Menulis Terbatas
Ketika ia  sedang berada di perpustakaan sekolah ia melihat si Dilan  karya Pidi Baiq penulis terkenal bertengger di antara novel Sapardi Djoko dan Puthut EA. Si Dilan berwarna kebiruan zaman Sma yang bersampul plastik bening. Kemudian, ia berpikir akan meminjam suatu koleksi dari sana nantinya.
 
Kata yang tepat untuk mengganti kata yang bercetak miring adalah....

A.    buku Dilan, tampak biru-biru, satuan
B.    buku Dilan, agak biru, satu
C.    buku itu Dilan, agak biruan, sepasang
D.    buku Dilan, agak kebiru-biruan, sesuatu
E.    buku Dilan, tampak biru laut, satu
 
Jawaban: B
Pembahasan
buku Dilan, agak biru, satu. Kata si Dilan mengarah pada buku Dilan. Kemudian, kebiruan maksudnya adalah agak biru. Terakhir, suatu maksudnya adalah satu. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Kumpulan Contoh Soal Ujian Sekolah US dan UN Bahasa Indonesia - Demikian adalah kumpulan contoh soal ujian sekolah us dan un bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat!