Pengertian Antonim dan Kumpulan Contoh Antonim (Lawan Kata)

Pengertian Antonim dan Kumpulan Contoh Antonim (Lawan Kata). Hai teman-teman selamat siang. Taukah kamu sampah di Indonesia menjadi masalah serius di negara kita. Sampah kini menjadi sorotan pemerintah untuk mengupayakan Indonesia bersih, indah, rapih, aman dan sehat. Di negara maju seperti Eropa, Singapura, Korea bahkan Jepang sekalipun mereka tidak pernah mengklaim bahwa negaranya memiliki semboyan tentang kebersihan , tentang keramahan tetapi negara mereka sangt bersih, indah dan disiplin. Namun yang terjadi di Indonesia justru sebaliknya, negara kita banyak sekali slogan tentang ke indahan, kebersihan, keramah-tamahan keluarga Indonesia namun yang terlihat saat ini adalah antonim atau lawan kata dari slogan tersebut. Ini di buktikan dari slogan yang mengatakan buanglah sampah pada tempatnya namun yang terjadi sekarang ialah membuang sampah pada sembarang tempat seperti di pinggir jalan dan mengganggu pengguna jalan, bersih itu indah namun banyak limbah yang di buang ke sungai dengan sembarang sehingga mencemari sungai, bahkan ada slogan yang mengatakan gemah ripah loh jinawi dan ramah tamah lingkungan itu seperti omong kosong belaka, maka dari itu dengan kemajuan teknologi ini mari ciptakan indonesia sehat, aman, damai, sehat, rapih dan indah.

Google Image - Pengertian Antonim dan Kumpulan Contoh Antonim (Lawan Kata)
Sehubungan dengan hal tersebut, disini kami akan memberikan pengertian tentang antonim dan kumpulan antonim atau lawan kata. Antonim adalah kata - kata yang maknanya saling berlawanan satu sama lain. Antonim ini lebih sering sekali disebut dengan lawan kata. Kata yang terdapat dalam Antonim terkadang lebih suka di pakai untuk ungkapan seseorang terhadap ketidaksukaan, atau makna sindiran. Didalam KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia) makna Antonim itu sendiri adalah kata yang berlawanan makna. Jadi dapat kit simpulkan bahwa Antonim itu memiliki 3 pengertin yaitu :Antonim adalah sebuah kata yang memiliki arti berlawanan dari kata itu sendiri. Antonim adalah sebuah lawan kata. Antonim adalalah sebuah pertentangan kata. Antonim memiliki jenis yang berbeda ada 5 macam yaitu: Antonim kembar yaitu antonim yang melibatkan pertentangan antara dua kata, Contohnya bumi >< langit. Kedua yaitu : Antonim majemuk yaitu antonim yang melibatkan banyak kata, Contohnya Rumah itu berwarna merah x Rumah itu berwarna hijau. Antonim gradual yaitu antonim yang memiliki tingkatan dalam pertentangan, Contohnya Rumah mewah x Rumah sederhana. Ke tiga yaitu Antonim hierarkis yaitu antonim yang pertentangan katanya dalam posisi bertingkat, Contohnya Januari x Februari. Antonim relasional yaitu antonim yang kedua katanya saling berhubungan, Contohnya Suami x Istri. Langsung saja yuk, simak uraian dibawah ini!

Pengertian Antonim dan Kumpulan Contoh Antonim (Lawan Kata)

 

A. Definisi antonim

Antonim adalah kata - kata yang maknanya saling berlawanan satu sama lain. Antonim ini lebih sering sekali disebut dengan lawan kata. Kata yang terdapat dalam Antonim terkadang lebih suka di pakai untuk ungkapan seseorang terhadap ketidaksukaan, atau makna sindiran. Didalam KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia) makna Antonim itu sendiri adalah kata yang berlawanan makna. Jadi dapat kita simpulkan bahwa Antonim itu memiliki 3 pengertin yaitu : Antonim adalah sebuah kata yang memiliki arti berlawanan dari kata itu sendiri. Antonim adalah sebuah lawan kata. Antonim adalalah sebuah pertentangan kata.

Berikut dibawah ini adalah beberapa kumpulan contoh antonim (lawan kata)!

1. Tinggi >< pendek
2. Gedung  yang baru didirikan itu sangat tinggi ><  gedung yang baru didirikan itu cukup pendek.
3. Gelap >< Terang
4. Kelas ini sangat gelap tidak nyaman untuk belajar >< kelas ini cukup terang dan nyaman untuk belajar.
5. Jauh >< dekat
6. Jarak kita terlalu jauh sekarang >< jarak lompat jauh mu terlalu dekat.
7. Lapar >< kenyang
8. Aku sangat lapar sekali hingga aku mampu menghabiskan nasi sebanyak 4 piring >< aku sangat kenyang setelah menghabiskan nasi sebanyak empat piring.
9. Datang >< Pergi
10. Mengembalikan >< Meminjam
11. Menjual >< Membeli
12. Ayah menjual  motornya yang sudah lama dia pakai >< Ayah membeli motor baru setelah mendapatkan rejeki.
13. Berlari >< Jalan
14. Kosong >< Penuh
15. Indah ><  Jelek
16. Bodoh ><  pandai
17 Kurus >< gemuk
18. Mateng >< Mentah
19. Panas >< dingin
20. banjir ><  kemarau
21. Baik ><  jahat
22. Dermawan >< kikir
23. Dorong >< tarik
24. Angkat >< jatuhkan
25. Kotor >< bersih
26. Sepi >< ramai
27. Meminta >< memberi
28. Mendatangi  >< menghindari
29. Menjauhi ><  mendekati
30. Menambahkan >< mengurangi
31. Menggali ><  mengubur
32. Menang ><  kalah
33. Maju = mundur
34. Datang ><  pergi
35. Sedih  >< senang
36. Banyak  ><  sedikit
37. Tarik >< ulur
38. Gelar >< Gulung
39. Menangis >< tertawa
40. Diam  >< Berisik
41. Baru  ><  lama
42. Tua  ><  muda
43. Wanita  ><  pria
44. Rapih  ><  berantakan
45. Alami  ><  buatan
46. Asli >< Palsu
47. Amatir >< Ahli
48. Sebuah bencana tsunami di Aceh terekam oleh video amatir seorang warga setempat.
49. Baru >< Lama
50. Banyak >< Sedikit
51. Bahagia ><Sedih
52. Cepat >< Lambat
53. Dialog >< Monolog .
54. Berani >< Takut
55. Tinggi  >< Rendah
56. Naik >< Turun
57. Laki-laki >< Perempuan
58. Jauh >< Dekat
59. Tua >< Muda 60. Menang >< Kalah

Pengertian Antonim dan Kumpulan Contoh Antonim (Lawan Kata) - Demikian adalah Pengertian Antonim dan kumpulan contoh antonim. Semoga  bermanfaat buat temen – temen dalam menambah ilmu dan wawasan tentang bahasa. Selamat belajar!