Penjelasan Singkat tentang Teks Naratif dan Contohnya

Penjelasan Singkat tentang Teks Naratif dan Contohnya - Hai teman - teman, setelah beberapa minggu yang lalu, telah terjadi peristiwa yang sangat disayangkan dan cukup merugikan, yaitu peristiwa bom di gereja dan mapolrestabes surabaya. Didalam peristiwa tersebut mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang lebih dari 3 orang, disini menunjukan bahwa tersangka bom bunuh diri tersebut harus lebih belajar lagi mengenai ilmu agama/ iman dalam diri, hal tersebut mengakibatkan memiliki pemahaman yang salah dalam memandang kelompok lain dan menganggap dirinya benar, sehingga mengambil keputusan yang berakibat fatal untuk dirinya dan orang disekililingnya, seharusnya kita sebagai masyarakat indonesia harus saling menghargai kepercayaan masing - masing, sehingga terbentuknya bangsa yang kokoh dan tidak mudah terpecah belah, tentunya ini tidak boleh dicontoh ya teman - teman!
Penjelasan Singkat tentang Teks Naratif dan Contohnya
Google Image - Penjelasan Singkat tentang Teks Naratif dan Contohnya
Sehubungan dengan hal tersebut, disini kami akan mengulas sedikit mengenai pengertian teks naratif dan contohnya, agar kita dapat mengerti atau paham mengenai contoh kalimat naratif secara singkat dan jelas. Macam - macam contoh teks terdapat contoh paragraf prosedur, contoh paragraf naratif, dan deskriptif. Didalam teks naratif terdapat paragraf naratif atau narasi, paragraf naratif  terbagi atas dua macam yaitu paragraf narasi ekspositoris dan paragraf narasi sugestif. Sebelum kita belajar mengenai teks naratif lebih jauh, kita juga harus mengetahui pengertian teks naratif menurut para ahli dan  kbbi (kamus besar bahasa indonesia). Untuk lebih lanjut, yuk simak uraian dibawah ini!

Penjelasan Singkat tentang Teks Naratif dan Contohnya

 

Pengertian teks naratif

Menurut kbbi ( kamus besar bahasa indonesia ) teks naratif (narasi) adalah pengisahan suatu cerita atau kejadian. Sedangkan menurut para ahli narasi adalah suatu bentuk tulisan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, dan merangkaikan tindak tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau berlangsung dalam waktu (Finoza, 2004:202). sedangkan menurut Semi (2009: 29), narasi merupakan bentuk percakapan atau tulisan yang bertujuan menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia dari waktu ke waktu.  Berdasarkan pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa teks narasi (naratif) adalah serangkaian cerita berbentuk tulisan yang berisi peristiwa atau kejadian yang secara runtut sehingga pembaca / pendengar seakan - akan ikut masuk kedalam peristiwa tersebut.

Paragraf naratif 

Paragraf naratif terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
1. Narasi Ekspositioris
Narasi eksposotioris paragraf yang menggambarkan serangkaian perbuatan secara informatif dengan tujuan memberi pengetahuan kepada seseorang. Contoh : biografi, autobiografi, dan laopran perjalanan. Dalam paragraf narasi ekspositioris ini menggunakan bahasa denotatif (bahasa yang sesuai dengan objeknya/ real). Tujuan dari paragraf narasi ekspositioris adalah untuk menceritakan sebuah kejadian yang sedang terjadi secara jelas dan runtut, sehingga pembaca atau penengar paham mengenai isi dari paragraf narasi ekspositioris tersebut

2. Narasi Sugestif
Narasi sugestif adalah paragraf yang mengambarkan serangkaian perbuatan sedemikian rupa sehingga seseorang dapat berkhayal dan berimajinasi. Contoh : cerpen, dan novel. Dalam paragraf narasi sugestif ini menggunakan bahasa kiasan / bahasa perumpamaan. Tujuan utama dari paragraf narasi sugestif untuk memaknai sebuah kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi.

Contoh teks naratif

Banjir di Tasikmalaya

Waktu itu hari Senin tanggal 17 November 2014. Hampir seminggu sudah komplek Babakan bandung linggajaya kota Tasikmalaya diguyur hujan deras. Langit gelap dan kilat yang menyambar disertai gemuruh petir membuatku merasa ketakutan. Ketika aku bangun tidur dan melihat jam dinding, aku sedikit terkejut karena jam di kamarku telah menunjukkan pukul 06.00 WIB.

Pada saat membuka pintu ternyata rumahku hampir terendam banjir. Kemudian aku melihat ke sekeliling perumahan yang sudah terendam banjir melalui jendela kamarku. Tampak ada warga yang panik saat air bah itu mulai masuk ke rumah-rumah warga. Lama kelamaan air banjir itu semakin naik menjadi seukuran pinggang orang dewasa. Air dari sungai pun semakin meluap ke jalanan di sekitar perumahanku.
Banjir di daerah ini merupakan kali pertama terjadi. Pada awalnya warga mengira bahwa hal itu merupakan suatu hal yang biasa. Karena biasanya ketika terjadi hujan yang lebat, pasti air sungai itu tidak akan meluap ke jalanan dan tidak pernah terjadi banjir.

Banjir ini terjadi akibat tanggul sungai itu jebol sehingga sungai tidak bisa lagi menampung air. Pohon-pohon dekat sungai sudah tidak ada lagi karena adanya penebangan pohon secara liar. Selain itu juga sebagian warga masih ada yang suka membuang sampah sembarangan ke sungai.
Peristiwa banjir ini mengakibatkan warga tidak bisa beraktivitas keluar rumah, kesulitan air bersih dan kekurangan bahan makanan. Penyakit kulit juga perlahan-lahan diderita oleh warga sekitar perumahanku yang menjadi korban dari banjir ini. Berbagai bantuan seperti bahan makanan dan obat-obatan pun mulai diterima oleh warga yang menjadi korban banjir ini.

Setelah tiga hari kemudian akhirnya air banjir itu perlahan mulai surut. Warga menjadikan peristiwa ini sebagai pelajaran agar tidak lagi membuang sampah ke sungai.  Kini warga pun mulai kembali beraktivitas, mereka masing-masing mulai membersihkan lumpur-lumpur atau sampah yang ada dirumah mereka dan bergotong royong membersihkan jalanan serta sungai.

Penjelasan Singkat tentang Teks Naratif dan contohnya - Nah itu tadi adalah penjelasan singkat tentang teks naratif beserta contohnya, semoga dapat membantu dan menambah semangat kalian semua ya, dalam menyelesaikan kesulitan - kesulitan belajar teks naratif.