Pergeseran Makna: Jenis, Pengertian, dan Contohnya

Pergeseran Makna: Jenis, Pengertian, dan Contohnya - Hai teman - teman selamat siang. Persiapan menuju pemilihan presiden atau yang biasa kita sebut ( Pilpres ) dan pemilihan calon legislatif atau yang biasa kita sebut (Pileg) akan segera di mulai. Hiruk pikuk kegiatan dalam mempersiapkan hal - hal yang berkenaan dengan pemilu sangatlah banyak sekali yang perlu kita sm-sam pantau dan siapkan, sebagai warga negara yang dapat berkontribusi politik aktif. Semua staf pegawai komisi pemilihan umum kini telah sibuk dalam agenda persiapan menjelang pendaftaran para calon. Harapan dari seluruh warga Indonesia adalah mempunyai pemimpin yang amanah yang jujur dan adil terhadap urusan masyarakat dan tidak hanya memperkaya diri sendiri namun bersinergi dan bekerja keras untuk membangun masyarakat yang gemah ripah loh jinawi.

Pergeseran Makna: Jenis, Pengertian, dan Contohnya
Google Image - Pergeseran Makna: Jenis, Pengertian, dan Contohnya
Sehubungan dengan hal tersebut, disini kami akan memberikan materi Pergeseran makna, pengertian, jenis dan contohnya. Pergeseran makna itu sendiri memiliki arti bahwa sebuah perubahan makna di dalam bahasa yang terdapat dalam sebuah kata. Pergeseran makna itu dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan makna yang pada suatu kata akan menjadi sebuah makna yang baru. Pergeseran makna akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti : Konteks sebuah  kalimat, memiliki pengaruh yang signifikn terhadap pergeseran makna secara kontekstual. Karen Situasi ataupun kondisi dalam penggunaan kata akan mempengaruhi makna yang akan timbul. Sebuah Proses gramatikal atau struktur kata, terdapat sebuah  proses yang afiksasi atau reduplikasi ynag dapat menghasilkan sebuah makna baru yang berbeda dari makna sebelumnya. Perkembangan IPTEK, semakin berkembangnya zaman akan membuat perubahan makna pada beberapa kata. Perbedaan sosial budaya, latar sosial dan budaya berpengaruh terhadap perbedaan makna dari suatu kata. Perbedaan penafsiran, setiap orang dapat menafsirkan suatu kata dengan makna yang berbeda-beda. Proses asosiasi, persamaan sifat dari dua kata yang berbeda dapat menimbulkan makna yang berbeda dari makna awal kata tersebut. Jenis-jenis pergeseran makna antara lain : Generalisasi (perluasan makna) Pergeseran makna meluas adalah perubahan makna sebuat kata dari makna yang khusus/sempit ke makna yang lebih umum/luas.Spesialisasi (penyempitan makna) Pergeseran makna menyempit adalah perubahan makna kata dari makna yang lebih umum/luas ke makna yang lebih khusus/sempit. Sinestesia adalah sebuah perubahan makna yang akan  terjadi karena adanya pertukaran tanggapan antara dua indra yang berbeda. Asosiasi adalah sebuah perubahan kata yang terjadi karena persamaan sifat. Ameliorasi atau yang sering terdengar sebgai sebutan (Amelioratif) adalah sebuah perubahan makna yang dapat mengakibatkan makna yang baru dirasakan lebih tinggi/hormat/halus daripada makna yang lama. Peyoratif adalah sebuah perubahan makna yang  dapat mengakibatkan makna yang baru dirasakan lebih rendah daripada makna sebelumnya. Yuk langsung saja, baca uraian dibawah ini!

Pergeseran Makna: Jenis, Pengertian, dan Contohnya

 

a. Pengertian

 

Pergeseran makna dapat diartikan sebagai perubahan makna yang terjadi pada suatu kata yang sebelumnya makna pada kata tersebut bukanlah seperti halnya yang dimaknai saat ini.

b. Jenis dan contohnya

 

Berikut ini adalah jenis - jenis dan contoh dari pergeseran makna :

1. Meluas (Generalisasi)

Contoh:
- Ibu
Jika makna dulu adalah sebutan orang tua wanita, maka makna sekarang adalah sebutan wanita yang lebih tua atau di hormati.

- Kepala
Jika makna dulu adlah bagian tubuh makhluk hidup atau manusia maka makna sekrang kepala berarti pemimpin atau pimpinan dalm sebuah instansi.

- Jurusan
Jurusan adalah kata yang makna dulunya itu arah tujuan yang hendak di tempuh maka makna sekarang adalah spesialis bidang pendidikan.

2. Menyempit (Spesialisasi)

Contoh:
- Sarjana
Sarjana makanya dulu adalah orang pandai maka makna sekarang adalah orang yang lulus strata -1.

- Madrasah 
Dulu makna ini adalah sebuh instnsi sekolahan dan kini kata tersebut bermakna Sekolah yang berazazkan keislaman.

- Guru
Guru dulu maknanya adalah seseorang yang mengajarkan sesuatu yang berarti dan penting nmun kin maknanya berubah hanya sebagai pengajar di sekolah.

3. Membaik (Ameliorasi)

Contoh:

-Dulu
Dulu itu buta kata sekarang adalah tuna netra, kata dulu adalah perempuan kata sekarang adalah wanita, kata dulu adalah beranak dan kata sekarang adalah melahirkan.

4. Memburuk (Peyorasi)

Contoh:
- Dulu
Jika Kata dulu adalah pergi maka kata sekarang adalah kabur, jika kata dulu itu hamil mak kata sekarang adalah bunting, jika kta dulu adalah sekelompok maka kata sekarang adalah gerombolan.

5.  Persamaan Sifat (Asosiasi)

Contoh :
- Amplop
Jika kata Amplop makna dulu adalah tempat surat maka kata sekarang adalah uang sogokan.

- Kursi
Jika kata kursi dulu maknanya tempat duduk maka makna sekarang adalah jabatan.

- Parasit
Jika kata dulu parasit itu dulu bermakna jenis tumbuhan maka makna sekarang parasit adalah orang yang merugikan.

6. Pertukaran Tanggapan (Sinestesia)

Contoh :
- Manis
Jika kata manis indera pertama adalah itu perasa maka indera kedua adalah penglihatan maka contoh kalimat yang dapat di buat adalah gadis desa itu terlihat manis sekali.

- Pedas
Jika kata pedas indera pertama adalah itu perasa maka indera kedua adalah  pendengaran maka contoh kalimat yang dapat di buat adalah perkataannya sangat pedas di telinga.

- Sedap
Jika kata sedap indera pertama adalah itu perasa maka indera kedua adalah pendengaran maka contoh kalimat yang dapat di buat adalah suaranya sangat sedap di dengar.


Contoh Pergeseran Makna: Pengertian, Jenis dan Contohnya - Demikian adalah Contoh Pergeseran makna, pengertian, jenis dan contohnya. Semoga  bermanfaat buat temen - temen semua ya!