4 Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi dalam Bahasa Indonesia

4 Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi dalam Bahasa Indonesia - Hai gaes, berjumpa lagi dengan kami. Pada kesempatan sore hari ini saya akan mengajak temen-temen untuk mengulas kembali tentang bagaimana cara menulis sinopsis antologi puisi dalam bahasa Indonesia yang pastinya akan membantu teman-teman dalam mempelajari materi terkait puisi.
4 Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 4 Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi dalam Bahasa Indonesia
Oke gaes, sebelum kita kecontohnya, saya mau tanya nih, ada yang tahu antologi puisi itu apa? Antologi puisi merupakan sebuah buku yang berisi sekumpulan puisi di dalamnya. Kumpulan puisi tersebut berupa puisi dari hasil karya sendiri, penyair lain, atau dari beberapa penyair. Seperti halnya pada buku umumnya, buku antologi puisi juga mengandung sinopsis di bagian belakangnya. Jika dilihat dari fungsinya sinopsis pada antologi puisi juga sama dengan sinopsis buku lainnya, yaitu sebagai pemberi gambaran umum sebuah karangan. Untuk lebih lanjut, yuk simak uraian di bawah ini!

4 Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi dalam Bahasa Indonesia

 

Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi

Berikut adalah 4 cara penulisan sinopsis antologi puisi:

1. Membaca Naskah Antologi Puisi

Cara pertama menulis sinopsis antologi puisi yaitu tentu saja membaca naskahnya terlebih dahulu. Cara ini bertujuan agar kita dapat mengetahui suasana, gagasan, serta benang merah yang ada di tiap puisinya. Selain itu, kita juga akan mengetahui puisi mana saja yang memiliki nilai lebih di buku antologi tersebut, yang kemudian bisa kita kutip sebagai bagian dari sinopsis. Dengan seperti itu, kita bisa mendapat bayangan mengenai apa yang hendak kita sampaikan dalam sinopsis antologi puisi kita.

2. Menulis dan Mengembangkan Poin-Poin yang Kita Dapat

Cara yang kedua yaitu jika setelah naskah puisi selesai kita baca dan poin-poinnya telah kita ambil, maka langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah menulis serta mengembangkan poin-poin yang kita peroleh dari naskah yang kita baca. Cara ini perlu diambil jika pembaca hendak menampilkan sinopsis berupa ringkasan dari isi antologi puisi. Adapun contoh dari cara ini bisa dilihat di artikel contoh sinopsis buku puisi.

3. Menulis Salah Satu Puisi di Buku Tersebut

Cara yang ketiga yaitu dilakukan jika pembaca ingin menampilkan sinopsis berupa kutipan salah satu puisi saja. Cara ini pada umumnya juga dipakai di beberapa buku antologi puisi yang ada, salah satunya pada buku antologi “Melipat Jarak” karya Sapardi Djoko Damono. Adapun cara lain yaitu pembaca juga bisa mengambil beberapa bait dari puisi-puisi yang ada di dalam buku puisi tersebut, kemudian digabungkan menjadi suatu kesatuan yang padu. Cara ini dipakai pada buku “Selamat Menunaikan Ibadah Puisi” karya Joko Pinurbo yang bisa dilihat di artikel contoh puisi beserta sinopsisnya.

4. Menulis Salah Satu Puisi Beserta Poin-Poin yang Hendak Kita Sampaikan

Cara yang terakhir ini merupakan gabungan dari cara nomor dua dan tiga. Cara ini dilakukan dengan menulis salah satu puisi di buku tersebut, lalu di bagian bawahnya kita tuliskan poin-poin yang berkaitan dengan buku antologi puisi tersebut. Cara ini juga dipakai dalam beberapa buku puisi yang ada. Salah satu contoh buku puisi yang sinopsisnya ditulis dengan cara ini adalah buku puisi W.S. Rendra yang bertajuk “Puisi-Puisi Cinta.”

4 Cara Menulis Sinopsis Antologi Puisi dalam Bahasa Indonesia - Demikian adalah cara menulis sinopsis antologi puisi dalam bahasa Indonesia. Pembaca juga bisa mengunjungi artikel terkait yaitu 7 Contoh Puisi Baru Distikon dan Terzina dalam Bahasa Indonesia, Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan, 12 Contoh Seloka Nasehat dalam Bahasa Indonesia, Contoh Puisi Baru Quatrain dan Quint dalam Bahasa Indonesia, 4 Contoh Puisi Baru Stanza dan Soneta dalam Bahasa Indonesia, 3 Contoh Puisi Romansa Berbentuk Quatrain dalam Bahasa Indonesia, 3 Contoh Puisi Epigram Berbentuk Quatrain dalam Bahasa Indonesia, Contoh Puisi Prosais dalam Bahasa Indonesia, 3 Pola Penulisan Larik Puisi Soneta dalam Bahasa Indonesia, 7 Contoh Jenis-jenis Puisi Lama dalam Bahasa Indonesia, 5 Contoh Puisi Soneta Berpola 4-4-3-3 dalam Bahasa Indonesia, Puisi Indah tentang Kenangan Masa SMA Terbaru dan Terbaik, Puisi Romantis tentang Keindahan Alam dalam Bahasa Indonesia, & Contoh Puisi SD, SMP, dan SMA Terbaik Bahasa Indonesia. Oke gaes, cukup sekian, maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan di atas. Terimakasih dan sampai jumpa!