5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah

5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah - Hai, jumpa lagi dengan kami. Kualitas pendidikan berperan penting pada tolak ukur kualitas SDM generasi mendatang serta sebagai maju mundurnya suatu daerah. Dilansir dalam Meranti, RiauGreen.com pada Rabu (15/8/2018) pagi Wakil Bupati Meranti yaitu H. Said Hasyim dan rombongan Dinas Pendidikan melakukan peninjauan ke beberapa sekolah SD, hal ini bertujuan untuk memantau proses belajar mengajar berjalan dengan semestinya atau tidak. Hal yang menjadi fokus Wakil Bupati yaitu ruang belajar bagi murid, kelayakannya, dan memberitahukan kepada guru agar tidak menelantarkan siswa saat ada jam pelajaran.
5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah
Google Image - 5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah
Oleh karena itu, maka disini kami akan memberikan 5 teknik belajar bahasa Indonesia yang menyenangkan di Sekolah. Dalam memberikan materi dikelas memanglah bukan hal yang mudah, kita juga harus membuat suasana kelas menjadi asyik yaitu menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, misal apabila memberikan materi di SD kita harus metode pembelajaran untuk anak sd dengan games, menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, dan menggunakan metode pembelajaran yang unik dan menarik, sehingga murid tidak akan bosan saat di dalam kelas. Oleh sebab itu, sebelum kita memberikan materi didalam kelas, kita harus memahami bagaimana cara mengajar yang asyik, cara mengajar anak sma, cara mengajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, cara mengajar yang baik untuk anak smp, cara mengajar yang menyenangkan bagi siswa. Langsung saja yuk, simak uraian dibawah ini teman-teman semua!

5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah

 

5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah
Berikut dibawah ini adalah 5 teknik belajar bahasa Indonesia yang menyenangkan di sekolah:

1. Teknik Bermain Peran

Teknik pertama ini dapat dilakukan di mata pelajaran karya sastra. Siswa diminta untuk menganalisis sebuah teks drama, agar iya dapat mempraktikannya dan menghayatinya saat bermain drama.

Cara penerapannya:

Penerapan teknik belajar Bahasa Indonesia yang pertama ini untuk sangat mudah. Pertama, Buatlah kelompok yang terdiri dari beberapa siswa. Kedua, dalam masing-masing kelompok memilih 1 sato orang dari anggotanya untuk menjadi sutradara, kemudian sutradara memilihkan peran yang cocok sesuai dengan perannya. Yang terakhir, mulailah berlatih dan kemudian menampilkan sebuah drama tersebut didepan kelompok-kelompok lainnya. Teknik merupakan cara yang ampuh agar siswa dan siswi tidak merasa bosan saat dikelas dan juga membuat siswa lebih aktif. 

2. Teknik Wawancara

Teknik kedua ini adalah teknik wawancara, teknik wawancara juga dapat diterapkan kedalam suatu proses belajar bahasa Indonesia. Dalam semua mata pelajaran akan membutuhkan suatu keterampilan, salah satunya dalam belajar bahasa Indonesia. Keterampilan tersebut adalah berbicara. Teknik wawancara ini sangalah cocok untuk mengasah keterampilan berbicara pada siswa dan siswi disekolah.

Cara penerapannya:

Cara menerapkan teknik kedua ini sangat mudah. Guru meminta siswa dan siswi berpasang-pasangan yang akan berperan sebagai penanya dan penjawab/ narasumber. Peran penanya dan penjawab tersebut dilakukan dengan cara bergantian peran. Dengan teknik kedua ini, siswa dapat memahami teori wawancara dengan langsung mempraktikkannya.

3. Teknik Penyelesaian Masalah

Teknik ketiga ini dapat dijadikan alternatif agar guru tidak selalu memberi penjelasan di kelas. Misalnya, siswa diberi teks deskriptif. Kemudian siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian-bagiannya. Sehingga siswa mengerti apa saja bagian-bagian yang terdapat dalam teks deskriptif.

Cara Penerapannya:

Teknik belajar bahasa Indonesia yang ketiga ini sangatlah mudah, yaitu dengan cara menyelesaikan suatu masalah. Pada teknik ini bertujuan agar siswa mampu berargumentasi dengan baik dan benar tanpa menjatuhkan temannya dan guru juga harus menuntun dan memberikan tata caranya. Contoh dari teknik ini, misalnya guru memberikan sebuah foto seorang koruptor, kemudian siswa diminta untuk angkat bicara mengenai foto yang sudah diberikan tadi.


4. Teknik Permainan

Teknik yang keempat ini merupakan teknik yang menggunakan sebuah permaian saat didalam kelas. Hal ini bertujuan agar siswa tidak merasa bosan saat dikelas. Teknik permainan ini sangatlah cocok  digunakan sebagai salah satu teknik belajar Bahasa Indonesia untuk menguji pemahaman siswa terhadap suatu materi.

Cara Penerapannya:

Misalnya saja, belajar dengan permainan Who Wants To Be A Millionaire. Anda dapat memodifikasi permainan ini untuk menguji salah satu materi. Siswa diminta untuk maju dan menyelesaikan soal ejaan misalnya. Soal tersebut ditampilkan di layar sehingga siswa lainnya bisa membaca. Lalu, guru memberikan skor untuk soal yang bisa dijawab. Dengan teknik ini, siswa akan tertarik dan lebih berusaha menjawab soal. Ditambah dengan hadiah menarik, kelas akan makin semarak.

5. Teknik Pembelajaran di Luar Kelas

Teknik yang kelima ini merupakan teknik pembelajaran yang dilakukan diluar kelas. Hal ini bertujuan agar para siswa dan siswi mempunyai kesan.

Cara Penerapannya:

Contoh 1:
Pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa diminta untuk membuat puisi tentang keindahan alam, dengan siswa belajar diluar kelas bisa mendapatkan sebuah inspirasi dengan melihat bunga-bunga, pepohonan, maupun yang lainnya yang ada di lingkungan sekolah.

Contoh 2:
Guru meminta siswa untuk menulis resensi, siswa diajak ke perpustakaan untuk memilih buku. Teknik tersebut menunjukkan siswa belajar dengan riil. Artinya, siswa tidak mengimajinasikan buku yang akan diresensi. Siswa betul-betul membaca buku tersebut dan meresensinya.

Teknik belajar Bahasa Indonesia tersebut mengarahkan siswa sebagai pusatnya. Guru sebagai fasilitator. Guru yang membuat konsep pembelajaran, mengawasi, dan mengonfirmasi hasil belajar siswa. Siswa tidak hanya diberi ceramah dan soal-soal. Mereka mempraktikkan materi pelajaran secara langsung. Hal yang tidak kalah penting adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Jika siswa senang, minat belajar akan meningkat.

5 Teknik Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan di Sekolah - Demikian adalah 5 teknik belajar bahasa Indonesia yang menyenangkan. Semoga bemanfaat!