7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat

7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat - Selamat pagi teman - teman. Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, ginjal berfungsi mengeluarkan limba dari darah dan mengatur tingkat cairan dalam tubuh. Untuk menjaga agar sistem ginjal bekerja dengan lancar, kita harus mengkonsumsi sayuran, menghindari lemak, makanan olahan yang banyak natrium dan lemak jenuh. Dilansir dari laman Liputan6.com (21/8/2018), ada beberapa jenis sayuran yang tepat untuk dikonsumsi antaranya ialah Paprika merah, Kubis, bawang putih, kembang kol, Asparagus, Kale, Bayam, Kacang Polong dan Kacang Hijau. Agar kinerja ginjal kita berjalan baik, marilah kita mmengkonsumsi sayuran yang manfaatnya lebih menonjol untuk membersihkan, memurnikan, melindungi dan meningkatkan kinerja ginjal.
7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat
Google Image - 7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat
Berkaitan dengan hal diatas, maka disini kami akan memberikan 7 contoh paragraf persuasi tentang pola hidup sehat. Sehat merupakan keinginan semua, siapa sih yang tidak ingin sehat? Sehat itu sangat mahal sekali, semua orang rela mengeluarkan uang sebanyak apapun demi ia sehat. Nah, sebelumnya mimin akan menjelaskan apa itu paragraf persuasif mengenai pola hidup sehat. Paragraf persuasif adalah suatu sekumpulan kalimat yang menjelaskan sesuatu agar pembaca ikut kedalam perkataan yang ada didalam paragraf tersebut, paragraf persuasif bersifat merayu, membujuk, dan mempengaruhi seseorang, misalnya paragraf persuasif mengenai pola hidup sehat, didalam paragraf tersebut berisi suatu ajakan untuk menerapkan pola hidup sehat dalam sehari-hari. Langsung saja yuk, perhatikan teks dibawah ini!

7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat

 

7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat
Berikut dibawah ini adalah 7 contoh paragraf persuasi tentang pola hidup sehat:

Contoh 1:

Pola hidup sehat merupakan salah satu dari kegiatan yang dilakukan oleh orang yang ingin sehat. Siapa sih yang tidak ingin sehat, semua orang pasti menginginkannya. Diwilayah perkotaan, contohnya Jakarta, Jakarta merupakan kota yang penuh dengan penduduk, karena disana merupakan pusat perekonomian yang ada di Indonesia, maka setiap harinya kegiatan orang yang ada di Jakarta hanyalah bekerja siang dan malam. Sehingga pola hidup yang kerja pagi dan malam akan merusak tubuhnya secara perlahan. Pola hidup tersebut sangatlah tidak tianjurkan, karena tubuh kita ini membutuhkan istirahat. Maka tidak heran kebanyakan pada umur 40an keatas sudah mempunyai beberapa penyakit.

Contoh 2:

Olahraga merupakan suatu kegiatan positif yang dapat membuat seseorang menjadi sehat. Berolahraga juga dapat menjauhkan diri dari berbagai penyakit yang berbahaya. Tetapi, masih banyak juga yang belum menyadari itu. Masih banyak sekali segelintiran orang yang malas untuk berolahraga. Biasanya mereka sadar akan pentingnya berolahraga ketika mereka sudah mengalami sakit. Nah hal ini merupakan hal yang sangat disayangkan, pemikiran tersebut harus dirubah, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Contoh 3:

Makan-makanan yang sehat juga merupakan salah satu kegiatan pola hidup sehat, karena sayur-sayuran memiliki vitamin-vitamin yang cukup bagus untuk tubuh kita jika tidak berlebihan. Sayur-sayuran yang baik untuk tubuh kita sangatlah banyak sekali, contohnya saja bayam, wortel, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi. Jika kita ingin, sehat maka makan-makanan yang bergizi.

Contoh 4:

Untuk menjaga pola hidup sehat salah satunya yaitu tidur yang cukup. Tidur yang cukup dalam sehari yaitu 8 jam. Tetapi masih banyak juga yang kurang dari jam tersebut. Biasanya kurangnya jam tidur juga disebabkan oleh pekerjaan, tugas atau pr, dan yang menyita waktu tidur lainnya. Dizaman modern sekarag ini dikalangan remaja, penyebab kurangnya tidur bukan lagi dikarenakan pekerjaan, maupun mengerjakan tugas atau pr, tetapi bermain gadget hingga begadang. Nah hal tersebut merupakan kegiatan yang perlu dirubah. Di masa remaja seharusnya jam tidur 8 jam tersebut harus terpenuhi, karena masa remaja itu merupakan masa pekembangan. Untuk itu, mari jaga pola tidur kita agar hidup sehat tanpa kekurangan jam tidur.

Contoh 5:

Masih banyak sekali seseorang yang meragukan manfaat dari berjalan kaki. Padahal, olahraga yang ringan dan murah ini memberikan sejumlah manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Menurut sebuah studi yang dikutip dari situs Alodokter, berolahraga jalan kaki selama 30 menit ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 40 persen. Hal tersebut dikarenakan olahraga jalan kaki akan memicu jantung untuk terus berdenyut lebih kencang, sehingga jantung pun menguat, dan sirkulasi darah pun kian meningkat. Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Hal tersebut juga dikarenakan berjalan kaki akan menuntut tubuh bergerak secara konstan yang mengakibatkan lemak dan kolesterol pun akan semakin menurun. Oleh karena itu, biasakanlah berolahraga jalan kaki minimal selama 30 menit, agar tubuh makin sehat dan terhindar dari serangan jantung serta penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.
 
Contoh 6:

Cuci tangan sebelum makan merupakan suatu kegiatan pola hidup sehat. Cuci tangan sebelum makan sangatlah penting yaitu untuk membersihakan tangan dari berbagai macam kotoran. Bayangkan saja jika kita tidak mencuci tangan terlebih dahulu saat makan, pasti kotoran-kotoran yang ada ditangan juga akan ikut masuk bersamaan dengan makanan kita kedalam tubuh kita. Dampak dari tidak mencuci tangan sebelum makan bisa menyebabkan penyakit diare, hepatitis A, impetigo, dan masih banyak lagi. Maka cucilah tangan sebelum makan, agar penyakit yang sudah disebutkan tadi tidak menyerang tubuh kita.

Contoh 7:

Dewasa ini banyak sekali penyakit baru yang bermunculan. Hal ini dikarenakan berkurangnya sistem imun di dalam tubuh kita. Jika sistem imun di dalam tubuh melemah, maka tubuh gampang sekali terkena penyakit. Selain itu, makanan – makanan yang kita konsumsi tidak lagi mengandung vitamin dan mineral yang baik. Bahkan, saat ini telah banyak penjual makanan – makanan yang tidak sehat. Terlebih lagi dengan padatnya aktivitas membuat kita tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Padahal oaharaga sangatlah baik untuk kesehatan kita. Akibatnya, tubuh menjadi lemah sehingga mudah terjangkit virus – virus yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, marilah kita menerapkan pola hidup sehat agar kita tidak mudah sakit dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga yang rutin.

7 Contoh Paragraf Persuasi tentang Pola Hidup Sehat - Demikian adalah 7 paragraf persuasi tentang pola hidup sehat. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengatahui materi-materi seputar bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat ya gaes!