Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia

Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia - Hai teman, setelah sebelumnya kita sudah membahas pertanyaan dari Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia, sekarang saya ingin menjawab pertanyaan lagi nih, menjelaskan kepada teman-teman mengenai pertanyaan "apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia." Untuk itu simak penjasalannya di bawah sampai selesai ya. hehe
Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia
Google Image - Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia

Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia

 

Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia?

Jawab:

Puisi dramatik yaitu salah satu jenis puisi yang secara objektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat lakuan, dialog, maupun monolog sehingga mengandung suatu gambaran kisah tertentu. Dalam puisi dramatik dapat saja penyair berkisah tentang dirinya atau orang lain yang diwakilinya lewat monolog. Agar teman-teman lebih paham, berikut saya tampilkan contoh dari puisi dramatik.

DIPONEGORO 
Karya; Chairil Anwar

Di masa pembangunan ini
tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api

Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar. Lawan banyaknya seratus kali.
Pedang di kanan, keris di kiri
Berselempang semangat yang tak bisa mati.

MAJU

Ini barisan tak bergenderang-berpalu
Kepercayaan tanda menyerbu.

Sekali berarti
Sudah itu mati.

MAJU

Bagimu Negeri
Menyediakan api.

Punah di atas menghamba
Binasa di atas ditindas
Sesungguhnya jalan ajal baru tercapai
Jika hidup harus merasai

Maju
Serbu
Serang
Terjang

(Februari 1943)

Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia - Demikian adalah jawaban dari pertanyaan apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu teman sekalian dalam mencari jawaban. Penulis juga menyiapkan artikel mengenai pertanyaan yaitu Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia & Berikan Contoh Penulisan Kata Turunan yang Benar. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui artikel menarik lainnya. Sekian dari saya, dan terimakasih!