Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia

Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia - Hai, selamat malam? Pada kesempatan malam hari ini saya akan menjawab pertanyaan "apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia?." Untuk itu, simak penjelasannya sampai selesai ya. hehe

Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia

Google Image - Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia
Jenis-jenis puisi yang sudah kita bahas yaitu puisi didaktik, puisi epik, puisi terzina, puisi distikon, puisi quatrain, puisi quint, puisi sektet, puisi septima, puisi oktaf atau stanza, dan puisi soneta. Nah sekarang saya akan menjawab pertanyaan dari apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Langsung saja simak penjelasan di bawah ini ya teman!

Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia

 

Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia?

Jawab:

Puisi merupakan karya sastra yang berisi ungkapan pemikiran dan perasaan seseorang yang mengandung unsur bunyi dan makna di dalamnya. Puisi bisa bertema apa saja dan digunakan untuk apa saja, salah satunya adalah untuk menyindir dan mengkritisi keadaan sosial politik yang terjadi di masyarakat. Ada salah satu jenis puisi yang bisa digunakan untuk melakukan fungsi tersebut, yaitu puisi satirik. Puisi ini memang berisi sindiran atau kritikan untuk hal-hal yang berbau sosial politik. Agar kita lebih paham mengenai apa itu puisi satirik, berikut saya tampilan contohnya.

Itukah Kita?
Karya: Candra Malik

Sedikit baca,
banyak bicara,
apakah itu logika?

Sedikit menulis,
banyak analisis,
apakah itu logis?

Tapi itulah kita:
menua belaka,
tak mendewasa.

Ya, itulah kita:
merasa bisa,
sok bijaksaa

26 Maret 2016



Baca Juga: Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia


Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia - Nah itu tadi adalah jawaban dari pertanyaan apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu teman sekalian dalam menjawab pertanyaan terkait apa itu puisi satirik. Penulis juga menyiapkan pertanyaan beserta jawaban yang mungkin bisa membantu teman sekalian. Pembaca bisa mengunjungi Berikan Contoh Penulisan Kata Turunan yang Benar. Sekian dari saya, maaf apabila terjadi kekeliruan dalam penulisan di atas. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya ya!