Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan

Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan - Selamat malam teman-teman. Pada kesempatan malam hari ini mimin akan mengajak teman-teman untuk mengetahui contoh majas metafora dalam puisi Chairil Anwar terbaru dan pembahasannya nih. Untuk itu simak penjelasan di artikel ini sampai selesai ya. hehe
Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan
Google Image - Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan
Oh iya, temen-temen pastinya sudah tahu kan apa itu yang dimaksud dengan majas metafora? yups benar sekali, majas metafora adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan perbandingan langsung dan tepat atas dasar sifat yang sama atau hampir sama. Oke, langsung saja berikut dibawah ini contoh beserta pembahasannya, yuk perhatikan dibawah ini ya!

Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan

 

Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar

 

AKU 

Kalau sampai waktuku
Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau ...

Tak perlu sedu sedan itu ...

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang ...

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri ...

Dan aku akan lebih tidak perduli ...

Aku hidup seribu tahun lagi ...

Chairil Anwar 
Maret 1943

Puisi adalah bentuk ekspresi pengalaman seseorang yang di ungkapkan dengan kata - kata yang indah indah, perumpamaan atau kiasan. Puisi juga merupakan cara penyampaian isi hati yang di ucapkan secara tidak langsung. Ungkapan cara yang tidak langsung tersebut diungkapkan dengan kata - kata perumpamaan atau kiasan yang terangkai dalam sajian kata - kata yang indah yang berbentuk irama.

Puisi yang berjudul AKU karya Chairil Anwar juga menggunakan majas metafora seperti "aku ini binatang jalang" maksudnya adalah seseorang yang miskin tak mempunyai apa - apa.

Struktur puisi

 

a. Tema
Puisi diatas bertema AKU, yaitu mengungkap tentang kegigihan hidup seseorang yang ingin selalu memperjuangkan haknya tanpa merugikan orang lain, walaupun banyak rintangan yang ia hadapi. Judul puisi di atas menceritakan kisah tentang ‘AKU’ yang mencari tujuan hidup.


b. Pemilihan kata
Pemilihan kata pada puisi AKU terlihat bahwa sang penulis menulisnya dengan bahasa yang sedikit sulit dipahami oleh pembaca karena menggunakan kata - kata yang bukan sebenarnya atau menggunakan majas metafora, tetapi tidak mengurangi makna yang terdapat dalam puisi tersebut karena menggunakan emosi yang penuh.


c. Perasaan
Dalam puisi di atas menggambarkan perasaan penulis yang optimis untuk memperjuangkan hidupnya yang dipenuhi dengan rintangan dengan sikap kegigihannya yang sangat tinggi. Didalam puisi tersebut tokoh 'AKU' merasakan kesedihan yang dikarena aku tidak pernah di anggap oleh orang lain.

d. Nada dan suasana
  •  Nada
Dalam puisi di atas penulis menggambarkan nada-nada yang berwibawa, tegas, lugas dan jelas dalam penyampaian puisi ini, karena banyak bait-bait puisi tersebut mengandung kata perjuangan. Dan menggunanakan nada yang syahdu di bait yang terkesan sedikit sedih.
  • Suasana
Suasana yang terdapat dalam puisi di atas adalah suasana yang penuh perjuangan, optimis dan kekuatan emosi yang cukup tinggi tetapi ada beberapa suasana yang berubah menjadi sedih karena dalam puisi tersebut menceritakan ada beberapa orang yang tak mengaangap perjuangannya si tokoh. 

e. Bahasa figuratif ( Majas )
Dalam puisi di atas menggunakan majas hiperbola pada kalimat “Aku tetap meradang menerjang”
Terdapat juga majas metafora pada kalimat “Aku ini binatang jalang”.

f. Amanat
Amanat yang terkandung dalam puisi di atas adalah semangat dan kegigihan dalam memperjuangkan tujuan hidup itu kuat jika semua itu ingin tercapai. Lakukan selama hal itu benar, jangan takut akan kegagalan seberat apapun dan jangan apa yang kita lakukan itu merugikan orang lain. Karena perbuatan baik akan terkenang hingga raga telah tiada.

Baca Juga: Contoh Majas Perbandingan Metafora dan Personifikasi

Contoh Majas Metafora dalam Puisi Chairil Anwar Terbaru dan Pembahasan - Demikian adalah contoh majas metafora dalam puisi Chairil Anwar terbaru dan pembahasan. Semoga bermanfaat ya. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui materi seputar bahasa Indonesia menarik lainnya. Sekian dan sampai jumpa!