Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia

Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia - Selamat malam teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan materi tentang contoh novel fiksi dalam bahasa Indonesia. Sebelumnya, mimin mau tanya nih, kalian tau tidak contoh-contoh novel fiksi itu apa aja? yupss, benar sekali, contoh novel fiksi itu, seperti novel yang berjudul laskar pelangi, dear nathan, surat kecil untuk tuhan, perahu kertas, sang pemimpi, dan masih banyak lagi ya. Selain berfungsi sebagai novel, seperti yang sudah kita ketahui judul-judul novel yang mimin sebutkan tadi juga pernah di angkat ke layar perfilman Indonesia dan memiliki banyak sekali penontonya. 
Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia
Sebelum kita kecontohnya, temen-temen tau gak sih novel fiksi itu apa? Novel adalah sebuah karangan prosa atau cerita yang panjang dan mengandung serangkaian cerita kehidupan seseorang dan seseorang yang ada disekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap tokoh yang ada di cerita tersebut. Sedangkan yang dimaksud dengan fiksi yaitu sebuah cerita atau latar yang dihasilkan dengan cara berimajinasi, dengan kata lain ceritanya tidak berdasarkan dari kenyataan atau hanya rekaan. Jadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa novel fiksi merupakan sebuah karangan prosa atau cerita yang tertulis berdasarkan dari hasil imajinasi, rekaan (tidak kenyataan) dengan cara menonjolkan watak dan sifat tokoh. Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu novel fiksi. Oke langsung saja, yuk simak uraian dibawah ini yang tentunya akan membantu temen-temen dalam mempelajari materi terkait novel fiksi dalam bahasa Indonesia! 

Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia

 

Novel fiksi dalam bahasa Indonesia

Sebelum kita kecontonya, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja sih ciri-ciri dari novel yang bersifat fiksi itu. Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri dari novel fiksi:
  1. Bersifat tidak nyata, hanya rekaan, karena hasil dari imajinasi si pengarang.
  2. Mempunyai kebenaran yang tidak mutlak.
  3. Menggunakan bahasa konotatif atau sindiran.
  4. Tidak memiliki sistematika yang baku.
  5. Sasarannya emosi dan juga perasaan si pembaca.
  6. Memiliki pesan moral atau amanat.
Berikut dibawah ini adalah contoh novel fiksi dalam bahasa Indonesia:

DEAR NATHAN 

Novel Dear Nathan ini merupakan novel yang bergenre roman hasil karya dari Erisca Febriani, yang menceritakan suatu kisah di masa putih abu-abu. Didalam kisah novel ini terdapat dua insan yang memiliki kepribadian yang sangat berbeda, bagaikan langit dan bumi. 

      Berawal dari cerita hari pertama keterlambatanku yang datang terlambat kesekolah disaat upacara sudah dimulai. Namaku Salma Alvira, aku adalah siswi baru di SMA Garuda. Aku panik dan ingin menangis saat aku tahu bahwa aku datang terlambat. Disaat itu, tiba-tiba aku bertemu dengan seorang laki-laki yang membantuku untuk menyelusup masuk melalui gerbang samping.

      Selidik punya selidik, lelaki yang membantuku itu bernama Nathan, ia adalah anak yang nakal, yang sering menjadi bahan gosip murid-murid satu sekolah. Kehidupanku berubah drastis ketika pindah ke sekolah SMA Garuda. Seperti yang sudah kita ketahui tidak ada tahu kehidupan kita ke depan dan tidak ada pernah yang tahu seperti apa nantinya. Teman-temanku tidak sealim seperti di sekolah lamaku. Beberapa dari mereka memiliki sifat sebagai tukang rusuh dan senang berkelahi, termasuk Nathan.

      Nathan tidak mengira akhirnya, ia bisa jatuh cinta kepadaku yaitu anak baru yang nampak ingin menangis pada saat terlambat datang ke sekolah. Kalau menurut Nathan, terlambat adalah hal biasa baginya, ternyata jauh berbeda apabila situasi itu dihadapi oleh diriku. Hari demi hari, lama-kelamaan aku membuat Nathan berubah menjadi lelaki yang penuh perasaan. Nathan juga baru sadar, jatuh cinta kepada wanita lugu yang belum pernah pacaran jadi hal yang cukup menguras tenaganya. Awalnya, ia begitu menikmati pengejaran cintanya kepadaku. Tak hanya cinta yang memberi warna dalam kehidupan Nathan. Tapi ada juga masalah yang besar yang memang sudah lama dihadapinya, yaitu masalah keluarganya yang sangat berat, hingga Nathan merasa berat menanggungnya.

      Nathan kehilangan orang yang sangat di sayanginya yaitu ibunya, dan kemudian ia merasa ditinggalkan oleh ayahnya, dan masih banyak lagi masalah-masalah yang ada dalam otak Nathan. Dan muncul masalah lain yaitu, perjalanan cinta denganku yang tak berjalan mulus, yang mengakibatkan aku dengan Nathan harus putus. Nathan pun melarikan diri dari rumah dan bolos sekolah. Aku pun mulai mengkhawatirkan Nathan dan mulai mencari-cari Nathan dan membujuk Nathan untuk kembali ke rumah dengan keluarga nya.

Contoh Novel Fiksi dalam Bahasa Indonesia - Nah itu tadi adalah contoh novel fiksi dalam bahasa Indonesia, semoga dapat enjadi refrensi untuk temen-temen semua dalam mempelajari tentang contoh novel fiksi dalam bahasa Indonesia. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahu materi-materi seputar bahasa Indonesia. Oke gaes sampai jumpa diartikel selanjutnya ya!