Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal

Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Hai teman - teman, selamat siang. Pendidikan merupakan faktor penting untuk memajukan anak - anak di setiap negara. Menurut Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, menerangkan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasanan belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecemasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Hal tersebut merupakan alasan kenapa pemerintah mengambil keputusan untuk menerapkan ujian nasional berbasis komputer, dengan itu pula harus dibarengi dengan siswa harus rutin untuk praktik komputer, sehingga terwujudnya cita - cita suatu bangsa.
Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal
Google Image - Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal
Sehubungan dengan hal diatas, disini kami akan memberikan contoh paragraf eksposisi dalam ujian nasional beserta contoh soal. Soal teks eksposisi sering digunakan dalam soal ulangan maupun soal ujian nasional, seperti soal teks eksposisi kelas 7, Soal teks eksposisi kurikulum 2013 kelas 8, dan soal teks eksposisi pilihan ganda dan jawabannya kelas 8. Berikut dibawah ini adalah contoh soal uraian teks eksposisi beserta jawaban. Langsung saja yuk teman - teman simak uraian dibawah ini!

Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal

 


1. Langkah - langkah yang dapat dilakukan dalam service permainan tenis lapangan dapat dilakukan yaitu sebagai berikut. Pertama, ambillah posisi di luar garis belakang dan agak ke tengah. Kedua, berkonsentrasi untuk beberapa detik, kemudian aturlah posisi kaki. Ketiga, badan bungkukkan ke depan sedikit sambil melempar bola ke atas, raket diayunkan ke belakang dan dengan cepat pukullah bola dengan kekuatan maksimal. Bola akan melayang dengan cepat. Jenis teks paragraf apakah diatas?
a. teks laporan
b. teks narasi
c. teks deskripsi
d. teks eksposisi
e. teks argumentasi


Pembahasan
Paragraf di atas termasuk jenis eksposisi (paparan proses).
Jawaban: d

2. Merokok merupakan aktivitas yang sudah biasa dilakukan di negara ini. Banyak yang belum sadar akan dampak dari merokok, dan bahkan ada yang sudah tahu dampaknya, namun tetap saja ia merokok. Perokok dapat terbagi menjadi dua, yaitu perokok aktif dan perokok pasif, perokok aktif yaitu perokok yang langsung menhisap rokok secara langsung, sedangkan yang dimaksud dengan perokok pasif yaitu perokok yang menghidup asap dari perokok aktif. Dampak dari merokok sangatlah berbahaya yaitu dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, pernafasan dan masih banyak lagi.

Teks di atas termasuk jenis karangan….
a. Narasi
b. Deskripsi
c. Eksposisi
d. Argumentasi
e. Persuasi

Pembahasan
Teks di atas memaparkan tentang merokok yang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat yang ada di Indonesia. Teks yang seperti ini ( memberikan informasi kepada pembaca) di sebut paparan atau eksposisi
Jawaban : C

3. Pengadilan adalah badan atau instansi resmi yang melaksanakan sistem peradilan berupa memeriksa, mengadili, dan memutus perkara.
Bentuk dari sistem Peradilan yang dilaksanakan di Pengadilan adalah sebuah forum publik yang resmi dan dilakukan berdasarkan hukum acara yang berlaku di Indonesia untuk menyelesaikan perselisihan dan pencarian keadilan baik dalam perkara sipil, buruh, administratif maupun kriminal. Setiap orang memiliki hak yang sama untuk membawa perkaranya ke Pengadilan baik untuk menyelesaikan perselisihan maupun untuk meminta perlindungan di pengadilan bagi pihak yang di tuduh melakukan kejahatan.

Teks di tas merupakan jenis karangan….
a. Eksposisi
b. Persuasi
c. Deskripsi
d. Narasi

Pembahasan
Teks diatas memaparkan tentang forum peradilan yang ada di negara Indonesia. Dengan paparan itu kita menjadi tahu bahwa forum tersebut dibuat atau di dirikan untuk menyelesaikan sebuah perselisihan dan pencarian keadilan baik dalam perkara sipil, buruh, administratif maupun kriminal. Teks yang seperti itu memberikan informasi kepada pembaca) disebut paparan atau eksposisi.
Jawaban : A. Eksposisi

4. Perhatikan kutipan berikut!
Kemajuan zaman yang sangat pesat saat ini memunculkan berbagai macam fenomena - fenomena perkembangan teknologi yang ditujukan untuk memberi kemudahan bagi penggunanya. Contohnya adalah ketika zaman dahulu kita hanya bisa mendengarkan musik melalui radio dimana lagu yang diputar tidak selalu yang kita inginkan, tapi saat ini sudah ada Mp3 Player dengan berbagai macam lagu koleksi kita dan dapat dimainkan kapanpun. Lalu ada juga perangkat komputer yang hampir selalu kita temui dalam berbagai aktivitas sehari – hari. Gadget adalah benda yang canggih. Macam - macam gadget yaitu smartphone, tablet, windows dan lainnya. Dengan seiring kemajuan zaman, gadget memiliki peran yang sangat penting, ia dapat memajukan suatu negara dalam bidang pendidikan, perdagangan, dan lainnya. Gadget juga dapat membuat seseorang malas untuk melakukan kegiatan lain selain bermainan gadget.

Kalimat utama pada bagian argumentasi teks eksposisi di atas adalah..
A. Kemajuan zaman yang sangat pesat saat ini memunculkan berbagai macam fenomena – fenomena.
B. Macam - macam gadget yaitu smartphone, tablet, windows dan lainnya.
C. Gadget dapat memajukan suatu negara dalam bidang pendidikan, perdagangan, dan lainnya.
D. Gadget juga dapat membuat seseorang malas untuk melakukan kegiatan lain selain bermainan gadget.

Pembahasan
Kalimat argumentasi teks eksposisi adalah sebuah teks eksposisi yang memiliki suatu opini atau anggapan seseorang.
Jawaban : D. Gadget juga dapat membuat seseorang malas untuk melakukan kegiatan lain selain bermainan gadget.

Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Itu tadi adalah contoh paragraf eksposisi dalam unjian nasional beserta contoh soal. Semoga bermanfaat!