Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok

Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok - Halo, jumpa lagi dengan kami. Rokok bukanlah barang yang asing lagi di Indonesia. Sering kali kita melihat perokok adalah seorang laki-laki yang sudah dewasa. Namun, dalam kasus ini, balita yang berumur 2 tahun sudah merokok. Hal ini membuat gempar para netizen. Tak sepantasnya masih bayi sudah merokok. Hal ini disebabkan oleh lingkungan yang mayoritas anak-anak yang sudah merokok, sehingga masih bayipun mengikutinya. Jumlah perokok pada tahun ini sudah mencapai 60 juta orang. Sangat disayangkan sekali, yang tadinya hanya untuk trend-trendnan sekarang ini sudah merambah dikalangan anak-anak yang masih berumur 10-14 tahun. Tingkat perokok dikalangan anak-anak meningkat sangat cepat sekali, sehingga pantaslah negara Indonesia kita ini menjadi proposi perokok muda terbesar di Asia Pasific (MAGELANG, KRJogja.com). Tindakan tersebut dipengaruhi karena kurangnya kesadaran dalam diri masing-masing. Peran orang tua juga sangatlah penting yaitu untuk menjaga anak-anaknya dari pergaulan yang buruk, setidaknya orang tua melarang anaknya yang belum cukup umu untuk tidak merokok. Dampak merokok di usia anak sangatlah berbahaya sekali. Untuk itu jagalah anak-anak kita. 
Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok
Google Image - Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok
Oleh karena itu, disini kami akan memberikan contoh paragraf persuasif tentang bahaya merokok. Paragraf terdiri dari paragraf eksposisi, argumentasi, persuasif, naratif, dan deskripsi. Ada yang tau, apa sih itu paragraf persuasif? Paragraf persuasif adalah paragraf yang berisi sekumpulan kalimat yang menjelaskan sesuatu yang bersifat merayu, membujuk, dan mempengaruhi. Adapun kumpulan contoh paragraf persuasif, seperti contoh paragraf persuasi tentang rokok singkat, contoh paragraf persuasi tentang narkoba singkat, contoh paragraf persuasif tentang sampah, teks persuasi tentang menghindari rokok dan bahayanya, contoh paragraf persuasi singkat tentang kesehatan, dan contoh paragraf deskripsi tentang rokok. Untuk lebih lanjut, yuk simak uraian dibawah ini!

Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok

 

Contoh paragraf persuasif tentang bahaya merokok

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh paragraf tentang bahaya merokok:

Baca Juga: Contoh Paragraf Eksposisi dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal

Contoh 1:
Rokok Membunuhmu

Merokok sudah menjadi suatu aktivitas yang dilakukan oleh warga negara Indoneisa. Sangat disayangkan sekali, sebagian banyak orang suka merokok. Padahal merokok sama saja melakukan langkah awal mendekati kematian. Alasan sebagian orang merokok biasanya yaitu untuk menenangkan fikiran ataupun hanya trend-trendanan. Pada kalangan orang dewasa merokok untuk menenangkan fikiran, hal ini merupakan pemikiran yang salah. Bukannya menjadi tenang malah membuat penyakit timbul didalam tubuh. Sedangkan trend-trendan biasanya alasan yang digunakan oleh kalangan remaja, tidak merokok tidak keren. Miris sekali, hanya ingin terlihat keren ia harus membuat penyakit tumbuh didalam dirinya hingga kekematian. Pemikiran tersebut haruslah dirubah jika anda ingin hidup sehat dan memiliki umur yang panjang. 

Contoh 2:

Ayo Berhenti Merokok

Bahaya dari merokok sangatlah banyak sekali, contohnya mengidap penyakit jantung, pernafasan, kanker, dan masih banyak lagi. Sudah banyak sekali perokok yang mengalami penyakit yang sudah disebutkan tadi. Tetapi masih saja orang-orang tidak sadar akan kesehatan diri masing-masing. Untuk berhenti dari merokok sangatlah gampang, cukup dengan niatkan dalam hati kalau kita benar-benar akan berhenti merokok, jangan bergaul dengan orang-orang perokok, dan carilah kesibukan. ketiga cara tadi sangatlah ampuh untuk berhenti dari merokok. 

Contoh 3:

Sehatkan Diri Tanpa Rokok!

Saat ini merokok sudah menjadi aktivitas masyarakat di seluruh dunia khususnya para laki-laki. Merokok sudah tidak asing bagi masyarakat, baik tua, muda, laki – laki maupun perempuan bebas merokok. Meskipun mereka semua sudah mengetahui bahwa merokok itu berbahaya, tetapi mereka tetap saja merokok. Damppak merokok yang pertama yaitu dapat menyebabkan kerontokan para rambut. Sebuah peneliti mengungkapkan bahwa sistem kekebalan tubuh rendah dikarenakan selalu menghisap bahan-bahan berbahaya yang ada dirokok. Dmpak merokok yang kedua yaitu katarak. Penyakit katarak adalah penyakit yang menyebabkan kebutaan dini pada seseorang karena lensa mata yang memutih dan menghalangi pengelihatan. Cara rokok menyebabkan katarak yaitu dengan terlebasnya zat – zat berbahaya dari rokok melalui paru – paru mengiritasi mata perokok.  Hal ini akan semakin buruk jika si perokok tidak berhenti merokok. Dampak yang ketiga yaitu kanker. Semua orang sudah tahu bahwa merokok menyebabkan kanker, terlebih karena hal ini sudah tertera dalam bungkus rokok serta di publikasikan di layar televisi oleh pemerintah. Tidak ada satupun zat yang terkandung dalam rokok berguna bagi kesehatan manusia. Oleh sebab itu kemungkinan tumbuhnya kanker pada perokok 22 kali lebih tinggi di banding orang yang tidak merokok. Dampak-dampak diatas sudah diteliti oleh peneliti, maka mulai sekarang berhentilah merokok demi kesehatan bersama.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok - Demikian adalah contoh paragraf persuasif tentang bahaya merokok. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui materi-materi seputar bahasa Indonesia. Sampai jumpa di artikel-artikel menarik selanjutnya!