Contoh Teks Anekdot dalam Ujian Nasioanl Berserta Contoh Soal

Contoh Teks Anekdot dalam Ujian Nasioanl Berserta Contoh Soal - Hai teman - teman selamat siang. Ujian Nasioanal di Indonesia masih menjadi tolok ukur untuk kesuksesan dalam sebuah dunia pendidikan, Untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan seperti siswa mencontek, maka dengan beberapa pertimbangan sebuah instansi telekomunikasi jaraingan di beberapa wilayah di indonesia sepakat untuk mematikan jaringan internet nasional. Ini dilakukan demi menekan angka dari kecurangan para siswa dalam pelaksanaan ujian nasional (UN). Kesepakatan untuk di mulainya pemutusan jaringan internet atau telekomunikasi tersebut berlangsung selama dua jam hingga Selesainya ujian nasional, dimulai sejak pukul 9 pagi sampai 11 siang waktu setempat. Jaringan internet yang akan dimatikan itu tidak hanya berupa kabel saja, melainkan beberapa via perangkat seluler juga, namun seperti alat komuniaksi ponsel, tablet dan laptop pun dilarang di gunakan saat ujian berlangsung.
Google Image - Contoh Teks Anekdot dalam Ujian Nasioanl Berserta Contoh Soal
Sehubungan dengan hal tersebut, disini kami akan memberikan contoh teks anekdot dalam ujian nasioanl berserta contoh soal. Ada yang tau gak sih apa pengertian dari teks anekdot itu? Kemungkinan salah satu dari  kita sudah pernah tau atau terlintas kata anekdot namun pada dasarnya kita masih belum ngerti kan apa definisinya. Poinnya teks tentang  anekdot amat berhubungan dengan yang namanya lucu serta sindiran atau pesan singkat tentang hal yang mengkritik atau saran namun dapat tersampaikan dengan lebih ringan dan terkesan lucu. Langsung saja yuk simak uraian dibawah ini!

Contoh Teks Anekdot dalam Ujian Nasioanl Berserta Contoh Soal

 

Contoh Teks Anekdot Kesehatan

 


Obat Sakit Kepala

Abstrak
Pada siang hari  di saat bulan puasa, seorang kakek hidup bersama dengan cucu kesayangannya yang lagi asyik bermain game.

Orientasi
Seperti biasa si kakek sedang asyik menonton televisi acara kesukaannya, yakni “Dangdut Pantura di salah satu stasiun televisi favoritnya”. Di tiap dua puluh lima menit sekali selalu terdapat iklan produk dari beberapa perusahaan di tanah air, salah satu iklan yang sering muncul adalah iklan obat sakit kepala. Pada saat iklan tersebut seorang artis menerangkan kalau obat tersebut bisa diminum kapan saja.

Krisis
Lagi asyik-asyiknya melihat televisi di acara kesayangan, mendadak ada rasa sakit di kepala sang kakek tersebut. Sang kakek kemudian memanggil cucu kesayangannya yang sedang asyik main game di kamar supaya membelikannya obat untuk pereda sakit kepala. Kemudian setibanya cucunya di rumah, langsung saja sang kakek minum obat tersebut.

Reaksi
Sang cucu tersebut yang mengamati kejadian tersebut sontak kemudian bertanya kepada sang kakek “ loh Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obatnya sekarang , kan ini masih siang kek ?”

Koda
Dengan tidak menunjukan rasa ragu-ragu lagi dan seperti tidak merasa berdosa, Sang kakek pun menjawab “Itulah cucuku hebatnya obat bodrex cu, bisa diminum kapan saja, sambil menirukan artis yang mengiklankan produk tersebut.
 
Contoh soal teks narasi ujian nasioanal

Pada Saat babak tanya jawab tiba, seorang mahasiswa  Ali namanya bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan dari KUHP, Pak?” Pak dosen tidak langsung menjawab pertanyaan itu sendiri, melainkan langsung melemparkannya kepada Ahmad teman baik si Ali. “Saudara Ahmad, coba di jelaskan jawaban dari pertanyaan Saudara Ali tadi!,” pinta pak dosen. Dengan sangat tegas Ahmad menjawab, “ ah itu gampang pak Kasih Uang Habis Perkara, Pak .!” lagsung gelak tawa pecah di dalam kelas.
Kutipan paragraf diatas merupakan salah satu bagian dari struktur teks anekdot, yaitu....
A. Abstraksi
B. Krisis
C. Koda
D. Reaksi
E. Orientasi

Bacaan untuk paragraf di atas!

KUHP Dalam Anekdot

        Seorang dosen di sebuah fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana kepada para mahasiswa, suasana kelas sangat biasa saja santai. Namun Saat babak Tanya-jawab tiba, seorang mahasiswa yang bernama Ali bertanya kepada pak dosen pada matakulaih tersebut. Bapak saya mau brtanya kepada bapak, apa kepanjangan dari KUHP itu pak?” Pak dosen tidak langsung menjawab pertanyaan itu sendiri, melainkan langsung melemparkannya kepada Ahmad teman baik si Ali. “Saudara Ahmad, coba di jelaskan jawaban dari pertanyaan Saudara Ali tadi!,” pinta pak dosen. Dengan sangat tegas Ahmad menjawab, “ ah itu gampang pak Kasih Uang Habis Perkara, Pak .!” lagsung gelak tawa pecah di dalam kelas.
         Mahasiswa lain tentu tertawa terbahak - bahak, sedangkan pak dosen hanyaa menggeleng - gelengkan kepala sambil ketawa pula seraya menambahkan pertanyaan kepada ahmad. “ saudara ahmad, dari mana saudara tahu jawaban seperti  itu?”dasar ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “loh kan baak pernah berkata dengan peribahasa inggris yang disitu mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik kan, pak....?”. Semua mahasiswa dikelas itu tercengang. Mereka saling berpandang pandangan. Kemudian tawa pun pecah lagi di kelas tersebut. Sampai dosen memberikan jawaban yang benar dan kelas pun kembali normal.

1. Pada teks bacaan diatas tentukanlah pada paragraph berapakah yang termasuk struktur teks abstraksi, adalah...
a. Paragraf 1
b. Paragrap 2
c. Paragrap 3
d. Paragraph 4
e. Paraagraf 2 dan 4
Jawaban: A

2. Pada kalimat, “mahasiswa tercenggang dan tertawa, sedangkan dosen menggeleng-gelengkan kepala (paragraf 3)”, adalah termasuk kalimat struktur teks....
a. Orientasi
b. Abstraksi
c. Koda
d. Krisis
e. Reaksi
Jawaban: E

3. Pada kalimat dibawah ini pilihllah mana yang termasuk kalimat struktur teks orientasi adalah....
a. Seorang dosen memberikan kulih hokum pidana (paragraf 1)
b. Suasana kelas biasa-bisa saja (paragraf 1)
c. Dengan tegas ahmad menjawab, “ Kasih Uang Habis Perkara, pak...! (paragraf 2)
d. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak. (paragraf 3)
e. Kelas kembali berlangsung normal ( paragraf 4)
Jawaban: B

4. Siapakah partisipan yang digambarkan dalam anekdot tersebut, adalah
a. Pak dosen
b. Ali
c. Ahmad
d. Ali dan ahmad
e. Pak dosen dan ali
Jawaban: C

Contoh Teks Anekdot dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Demikian adalah contoh teks anekdot ujian nasional beserta soal. Semoga  bermanfaat buat temen - temen dalam persiapan Ujian Nasional 2019 yang akan datang. Selamat belajar!