Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman

Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman - Hai teman-teman, apa kabar? semoga selalu dalam lindungan Tuhan ya, amin. Oke teman-teman, pada kesempatan malam hari ini mimin akan memberikan materi mengenai contoh teks eksemplum tentang pengalaman. Kalian pasti asingkan dengan kata-kata eksemplum itu apa, nah sama saja, mimin juga baru pertama mendengarnya nih, hehe, Tapi setelah mimin membaca materi mengenai eksemplum dan penjelasannya, sekarang mimin jadi tahu dan akan menjelaskan kepada teman-teman semua. Teks eksemplum adalah teks cerita yang menceritakan perilaku tokoh dari cerita tersebut. Nah sekarang sudah tahu kan, mungkin dari sebagian kita juga sudah tau terlebih dahulu pengertiannya tapi tidak tahu sebutannya apa. Iya kan, ngaku? hehe
Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman
Google Image - Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman
Langsung saja. disini mimin akan memberikan contoh-contoh eksemplum tentang bahasa Indonesia yang tentunya akan membantu teman-teman semua dalam belajar mengenai teks eksemplum. Oke temen-temen, yuk simak uraian dibawah ini!

Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman

 

Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman
Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh dari teks eksemplum tentang pengalaman:

Contoh 1
Jatuh dari Sepeda

Abstrak
Dalam melakukan sebuah aktivitas atau kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dengan kurang berhati-hati pastilah akan menghasilkan kejadian yang buruk. Banyak sekali kejadian yang tidak terduga-duga datang menghampiri, jika kita tidak berhati-hati, misalnya saja gegabah, ceroboh dalam melakukan sebuah kegiatan atau aktivitas. 

Orientasi
Pada saat kenaikan kelas semester genap kemarin, ayahku memberikanku hadiah istimewa untukku, karena aku sudah mendapatkan rangking 1 umum disekolah. Aku sangat bergembira sekali, karena ayah membelikankku sepeda dengan warna pink, aku suka sekali warna pink. Dengan gagahnya dihari aku diberikan sepeda oleh ayah aku meletakkan sepeda baruku itu didepan rumah. Didalam fikiranku terlintas bahwa aku ingin jalan-jalan keliling desa dengan menggunakan sepeda baruku itu.

Insiden

Pada keesokan harinya, aku mencoba mengendarai sepedaku keliling desa, dengan melewati rute kebun, sawah, dan sungai.

Dengan semangatnya, aku mengayuh pedal sepedaku dengan kecepatan tinggi. Ketika melewati jalan yang berbelok atau tikungan dan kebetulan sekali ditikungan itu ada sebuah selokan yang memiliki lebar setengah meter dengan kedalam kurang dari satu meter berada pas didepanku. Karena aku tengah berada dalam kecepatan tinggi, aku tidak bisa mengendalikan sepedaku waktu itu. Akhirnya badanku terlempar dan sepedaku masuk keselokan. Akibat dari itu kedua lututku memar akibat terkena gesekan batu-batu kecil pinggir aspal dan stang sepedaku sudah tidak sempurna lagi.

Interpretasi

Sepanjang perjalanan pulang kerumah, aku menuntun sepedaku sembari menangis dengan menahan sakit luka yang ada dilutut ditambah sepeda baruku sudah tidak bagus lagi. Pada hari itu aku mendapatkan sebuah pelajaran yang sangat berharga bahwa aku tidak boleh melakukan apapun itu dengan sikap yang tidak berhati-hati atau ceroboh.

Koda
Peristiwa tersebut memberikan pelajaran bahwa kita harus lebih berhati-hati,b aik dalam melakukan sebuah aktivitas ataupun menentukan sebuah keputusan. Kuncinya hanya satu, kita harus berfikir jernih agar setiap apa yang akan kita lakukan tidak akan mengasilkan sebuah keburukan.

Contoh 2

Kemalingan

Abstrak

Banyak sekali peristiwa buruk yang terjadi dalam hidup kita yang tidak terduga-duga, hal tersebut merupakan akibat dari sebuah kelalaian atau lupa akan sesuatu dan bertindak ceroboh dalam melakukan suatu pekerjaan. Misalnya saja lupa meletakan handphone, laptop, bahkan lupa mengunci pintu rumah, sehingga berujung terjadinya kasus kemalingan.

Orientasi

Minggu sore, aku pulang dari lapangan soft ball, karena memang setiap hari minggu sore aku berlatih disana. Aku sampai rumah sudah maghrib, karena kebetulan aku mencari makan terlebih dahulu waktu itu. Pada saat itu kebetulan ayah dan ibu juga masih pergi kerumah saudara untuk menghadiri pesta pernikahan temannya dan juga menginap disana dikarenakan waktu tempuh perjalanan yang cukup lama. Sesampai rumah, kemudian aku langsung mandi.

Setelah mandi, aku shalat, lalu istirahat sebentar di kamar. Dikamar, aku sembari mengerjakan tugas menggunakan laptop pada saat itu, lalu aku ketiduran karena mungkin kelelahan.

Insiden
Senin pagi sekitar pukul 05.00 aku bangun dan melihat laptop dan hanhphoneku sudah tidak ada lagi disampingku. Seseorang telah mencurinya semalam, dan aku baru sadar bahwa semalam aku lupa mengunci pintu rumah.

Interpretasi

Setelah itu, aku langsung kerumah tetangga untuk menelfon ayah dan ibu mengabarkan bahwa rumah telah kemalingan tadi malam. Sontak ibu dan ayah memarahiku, dan kemudian menyuruhku untuk memanggil pak RT didesaku. Aku benar-benar tidak menyangka kejadian seperti ini menimpa dirumahku.

Koda

Dalam kejadian ini kita dapat mengambil pelajaran, bahwa dalam melakukan sesuatu itu harus disiplin dan tidak boleh lupa, sehingga terjadilah sebuah kasus kemalingan.

Contoh Teks Eksemplum tentang Pengalaman - Demikian adalah contoh dari teks eksemplum, semoda dapat menjadi sumber dan inspirasi buat temen-temen semua. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui artikel-artikel menarik selanjutnya. Oke, sekian dan terimakasih.