15 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia

15 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia - Setelah kita belajar mengenai beberapa contoh kalimat seperti kalimat minor perintah, kalimat simpleks, kalimat tanya retoris, dan lainnya. Sekarang kita akan belajar mengenai sebuah kalimat yang sering juga kita gunakan dalam sehari-hari yaitu kalimat tanggapan dalam bahasa Indonesia. Tanggapan adalah suatu reaksi atau komentar seseorang setelah melihat, mendengar, membaca, merasakan suatu peristiwa, atau bacaan (teks). Jadi kalimat tanggapan adalah sebuah kalimat yang memiliki makna suatu pendapat atau reaksi pribadi yang bertujuan untuk mengomentari suatu peristiwa atau teks tersebut. Kalimat tanggapan terbagi atas dua jenis, yaitu kalimat tanggapan positif dan kalimat tanggapan negatif. Kalimat tanggapan positif adalah suatu komentar atau reaksi dari seseorang yang bersifat optimis atau mendukung. Sebaliknya, kalimat tanggapan negatif adalah reaksi atau komentar dari seseorang yang bersifat menjatuhkan atau tidak setuju dengan suatu peristiwa atau teks. Perlu kita ingat jika kita menggunakan kalimat tanggapan yang bersifat negatif dalam menyampaikan tanggapan hendaknya harus menggunakan kata-kata yang sopan dan tidak mejatuhkan atau menyakiti perasaan orang lain ya teman-teman.
15 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia
Goggle Image - 15 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia
Oke temen-temen, langsung saja ya tak usah berlama-lama lagi, berikut di bawah ini kami tampilkan beberapa contoh kalimat tanggapan negatif dan positif dari suatu pernyataan yang tentunya akan sangat membantu teman-teman sekalian dalam mempelajari kalimat tanggapan khususnya. Simak dengan baik-baik ya!


15 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia


Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia



Pernyataan 
Pemerintah akan menaikan harga bahan bakar minyak pada bulan depan.
1. Tanggapan positif: Langkah yang telah dilakukan oleh pemerintah telah tepat karena dengan begitu pemerintah bisa menghemat pengeluaran Negara.
2. Tanggapan negatif : Pemerintah melakukan blunder yang sangat besar, dengan naiknya harga BBM ini akan menyebabkan kenaikan harga kebutuhan pokok, sehingga dapat menyusahkan rakyatnya.


Pernyataan 
Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam mendidik sifat anak asuhnya di sekolah.
3. Tanggapan positif: Meskipun guru sangat berperan dalam mendidik anak asuhnya, peran orang tua juga tidak kalah pentingnya.
4. Tanggapan negatif: Guru bukanlah orang yang paling bertanggung jawab dalam perilaku anak asuhnya karena guru juga merupakan manusia biasa.

Pernyataan 
Kurrikulum 2013 telah ditarik kembali dan sekolah kembali menerapkan Kurrikulum KTSP.
5. Tanggapan positif: Penarikan Kurrikulum 2013 sangatlah tepat karena kurrikulum itu belum sesuai dengan dunia pendidikan Indonesia.
6. Tanggapan negatif : Penerapan kembali kurriukul KTSP merupakan bukti bahwa pemerintah tidak konsisten dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Pernyataan
Penyanyi pendatang baru, Aria Nugraha meluncurkan album baru dengan single utama Cinta Itu Buta.
7. Tanggapan positif: Album baru yang diluncurkan oleh penyanyi pendatang baru, Aria Nugraha merupakan bentuk keseriusan dirinya dalam dunia hiburan tarik suara.
 8. Tanggapan negatif : Penyanyi pendatang baru, Aria Nugraha memanfaatkan situasai dengan banting setir menjadi seorang penyanyi berbekal suara yang tidak begitu merdu.

Pernyataan
Buku Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata terjual keras di pasaran.
 9. Tanggapan positif : Novel Laskar pelangi adalah novel yang memiliki isi cerita yang bagus dan novel ini juga merupakan karya terbaik Novelist, Andrea Hirata, sehigga patut digemari oleh orang banyak.
10. Tanggapan negatif : Novel Laskar Pelangi belum bisa dijadikan novel terbaik karena belum bisa menggeser kepopuleran Novel, Ketika Cinta Bertasbih, karya Novelist Habiburahman.

Pernyataan
Lukisan Monalisa karya seniman terbesar Leonardo Da Vinci adalah karya seni yang sangat tak ternilai harganya.
11. Tanggapan positif : Lukisan Monalisa memang merupakan lukisan terindah yang menyimpan sejuta misteri tentang siapa wanita yang berada di dalam lukisan tersebut.
12. Tanggapan negatif: Lukisan Monalisa masih diragukan keindahannya karena belum jelas apakah lukisan tersebut asli buatan Sang Pelukis, Leonardo Da Vinci asli atau hanya rekayasa.

Pernyataan
Film Box Office Fast and Furious 7 telah dirilis dan diputar di seluruh Bioskop di tanah air.
 13. Tanggapan positif: Film ini sangat bagus karena menggunakan tehnologi canggih untuk menciptakan efek – efek khusus yang terlihat nyata.
 14. Tanggapan negatif : Meskipun Film Fast and Furious 7 adalah film yang sangat bagus, film ini tidak patut ditayangkan di tanah air karena banyak mengandung adegan kekerasan di dalamnya.

Pernyataan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusulkan untuk menjadikan petinngi TNI sebagai salah satu pimpinan KPK.
15. Tanggapan positif : Menjadikan salah satu petinggi TNI sebagai pimpinan KPK dapat memperkuat KPK sehingga KPK akan bekerja lebih optimal.

15 Contoh Kalimat Tanggapan dalam Bahasa Indonesia - Demikian adalah beberapa contoh kalimat tanggapan. Jika teman-teman ingin mengetahui contoh-contoh kalimat lainnnya, teman-teman bisa mengunjungi www.kamusbahasaindonesia.com. Terima kasih dan sampai jumpa ya!