4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat

4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat - Paragraf adalah suatu kata-kata yang dibentuk sebuah kalimat, kemudian kalimat tersebut dikembangkan menjadi beberapa kalimat yang saling berhubungan dan jadilah sebuah paragraf. Dalam menulis sebuah kalimat seorang diharuskan untuk memaparkan beberapa ide atau gagasan yang ingin dia tulis. Adapun jenis paragraf salah satunya yaitu paragraf sebab akibat yang akan kita bahas malam ini.

4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat
Google Image - 4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat
Paragraf sebab akibat adalah paragraf yang pola pengembangan paragraf nya bersifat induktif, dimana kalimat utama diletakkan di akhir paragraf dan biasa disebut dengan kesimpulan. Dari pola tersebut, definisi lain dari paragraf sebab akibat (paragraf kaukasif) yaitu paragraf yang diawali dengan fakta-fakta khusus sebagai sebab atau alasan, kemudian fakta umum di bagian akhir kalimat yang dinamakan dengan akibat atau dampak. Contoh dari paragraf sebab akibat ada banyak sekali ya teman. Nah, di bawah ini akan kami tampilkan 4 contoh paragraf sebab akibat beserta pembahasan singkatnya.

4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat

Adapun beberapa contoh paragraf sebab akibat dan pembahasan singkatnya yaitu sebagai berikut:

Contoh 1
Saat ini marak terjadi penebangan pohon secara liar. Hal ini dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dengan seenaknya saja membabat pohon yang ada di hutan tanpa menanamnya kembali. Tidak hanya maraknya penebangan pohon, tanah-tanah telah kehilangan fungsinya sebagai sumber resapan air dikarenakan pembangunan yang terjadi secara luas dan massif tanpa mengindahkan lingkungan. Di tambah lagi dengan kebiasaan buruk warga yang tinggal di sekitar sungai. Mereka dengan sengaja membuang sampah mereka ke sungai, sehingga membuat sungai menjadi dangkal karena sampah yang menumpuk di permukaan sungai. Oleh kerena itu tidaklah heran mengapa bencana banjir sering terjadi pada musim hujan.

Pembahasan:
Sebab dari contoh paragraf sebab akibat di atas yaitu, maraknya penebangan pohon secara liar, tanah-tanah kehilangan fungsinya sebagai resapan air, dan membuang sampah ke sungai. Kemudian akibatnya yaitu bencana banjir sering terjadi pada musim hujan.

Contoh 2 
Andi suka membantu orang lain tanpa pamrih. Dia juga selalu baik terhadap semua orang. Sikapnya yang sopan&santun membuat dia mudah diterima di lingkungan mana saja. Tidak hanya itu saja, dia juga memiliki tutur kata yang lembut. Dia tidak pernah berbicara menyakiti perasaan orang lain. Meskipun dia selalu berkata jujur dia memiliki cara-cara yang tepat untuk menasehati teman-temannya tanpa menyingung perasaan. Ditambah lagi dia juga merupakan orang yang pintar di sekolahnya. Meskipun begitu dia tidak pernah pelit ilmu. Andi selalu mengajarkan teman-temannya yang bertanya kepadanya. Oleh karena itu, wajar saja Andi menjadi teman kesayangan teman-temannya dan menjadi murid favorit guru-guru di sekolahnya.

Pembahasan:
Sebab dari contoh paragraf sebab akibat di atas yaitu sikap Andi yang suka membantu orang lain tanpa pamrih, sopan&santun, memiliki tutur kata yang lembut, tidak pernah menyakiti perasaan orang lain, pintar, dan tidak pelit. Kemudian akibatnya yaitu Andi menjadi teman kesayangan teman-temannya dan menjadi murid favorit guru-guru di sekolahnya.

Contoh 3 
Indonesia memiliki kekayaan alam laut yang sangat melimpah. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak tambang-tamabang, seperti minyak bumi, gas, maupun logam-logam yang lain. Bahkan di Irian Jaya juga terdapat pertambangan emas terbesar di dunia. Meskipun dikelola oleh pihak asing, tetapi tambang itu terletak di Negara kita Indonesia. Ditambah lagi dengan tanah yang subur yaitu dengan kita menanam apapun tanpa perlu bantuan pupuk untuk menyuburkannya tanaman tersebut dapat tumbuh. Oleh karena kekayaan bumi dan lautnya yang cukup melimpah, maka dari situlah Indonesia dijuluki sebagai Negeri Atlantis yang hilang.

Pembahasan:
Sebab pada contoh paragraf sebab akibat di atas yaitu Indonesia memiliki kekayaan alam laut, tambang-tambang seperti minyak bumi, gas, maupun logam-logam, memiliki pertambangan emas di Irian Jaya, dan tanah subur. Kemudian, akibatnya yaitu Indonesia dijuluki Negeri Atlantis yang hilang.

Contoh 4
Jalanan-jalanan di Ibukota sangat sempit dan banyak lubang sehingga membuat para pengendara harus berhati-hati. Selain itu, tempat trotoar yang dikhususkan bagi pejalan kaki malah sering sekali digunakan oleh para pedagang kaki lima untuk berjualan. Bahkan ada yang sampai meluber hingga ke aspal jalan, dan belum lagi para pengguna jalan Ibukota juga harus berbagi dengan bus way, sehingga jalanan ibu kota menjadi sangat sempit. Oleh karena itu kemacetan selalu terjadi di setiap sudut jalanan Ibukota.

Pembahasan:
Sebab yang terdapat pada contoh paragraf sebab akibat di atas yaitu jalanan-jalanan di Ibukota sangat sempit dan banyak lubang, trotoar digunakan oleh pedagang kaki lima, pengguna jalan Ibukota harus berbagi dengan bus way, sehingga jalanan sangat sempit. Kemudian akibatnya yaitu kemacetan selalu terjadi di setiap sudut jalanan Ibu Kota.

Baca juga: Contoh Kalimat Kompleks dan Simpleks Beserta Pengertian

4 Contoh Paragraf Sebab Akibat dan Pembahasan Singkat - Demikianlah adalah 4 contoh paragraf sebab akibat dan pembahasan singkat. Semoga bermanfaat. Terus kunjungi blog ini untuk mengetahui materi-materi menarik lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa.