6 Contoh Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia

6 Contoh Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia - Hai, selamat malam. Pada kesempatan malam ini kita akan belajar mengenai beberapa contoh perubahan kalimat versi ke kalimat inversi. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kalimat versi dan inversi merupakan jenis-jenis dari kalimat. Adakah yang tahu termasuk kedalam jenis apa kalimat versi dan inversi? yap benar sekali, kalimat versi dan inversi termasuk kedalam jenis kalimat berdasarkan susunan S-P. 
6 Contoh Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 6 Contoh Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia
Jenis kalimat bedasarkan susunan S-P terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kalimat versi dan inversi. Kalimat versi adalah kalimat yang susunannya dari unsur-unsur kalimatnya sesuai dengan pola kalimat dasar bahasa Indonesia (S-P-O-K). Sementara itu, kalimat inversi adalah kalimat yang predikatnya mendahului subjeknya. Kalimat versi bisa dipindah ke dalam bentuk kalimat lainnya, yaitu kalimat inversi. Adapun cara merubahnya yaitu dengan menghilangkan unsur subjek (S) pada kalimat versi dan menjadikan predikat (P) sebagai bagian awalnya. Unsur objek (O) pada kalimat versi lalu diubah menjadi subjek (S) saat kalimat versi menjadi inversi. Adapun unsur keterangan (K) tidak dihilangkan dan ditempatkan setelah unsur subjek (S). Agar lebih jelas, simak uraian di bawah ini ya!

6 Contoh Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia

 

Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia

 

Adapun beberapa contoh dari perubahan kalimat versi ke kalimat inversi adalah sebagai berikut:

Contoh 1:
  • Kalimat versi : Ibu memasak nasi di dapur. (S: ibu, P: memasak, O: nasi, K: di dapur)
  • Kalimat inversinya: Dimasaknya nasi itu di dapur. (P: dibelinya, S: nasi itu, K: di dapur)
Penjelasan
Dalam proses pengubahan kalimat versi di atas, predikat memasak yang semula terletak setelah subjek ibu berpindah ke awal kalimat dan berubah bentuk menjadi dimasaknya. Adapun akhiran -nya pada predikat tersebut merupakan pengganti dari subjek ibu yang dihilangkan saat transisi kalimat versi ke inversi di atas dilakukan. Objek nasi pada kalimat versi di atas berubah fungsi menjadi subjek (S) saat kalimat versi di atas berubah menjadi kalimat inversi. Sebagai penguat perubahan tersebut, frasa nasi pada contoh kalimat di atas pun diberi tambahan kata itu.

Contoh 2:
  • Kalimat versi : Ayah membaca majalah di beranda rumah.
  • Kalimat inversinya : Dibacanya majalah itu di beranda rumah.
Penjelasan
Sama seperti contoh pertama, predikat pada kalimat versi ini pun dipindah ke awal kalimat dan berubah bentuk menjadi dibacanya. Objek pada kalimat versi di atas juga berubah menjadi subjek saat dijadikan kalimat inversi.

Contoh 3:
  • Kalimat versi : Budi tengah memandikan kucing peliharaannya tadi pagi.
  • Kalimat inversinya : Dimandikannya kucing peliharaannya itu tadi pagi.
Penjelasan
Pada contoh di atas, terdapat frasa tengah memandikan yang merupakan predikat dari kalimat versi di atas. Saat kalimat versi diubah menjadi kalimat inversi, frasa tersebut berubah menjadi kata dimandikannya dengan cara menghilangkan kata tengah dan merubah kata memandikan menjadi dimandikannya. Penghilangan kata tengah sendiri dilakukan karena predikat pada kalimat inversi harus berupa kata, dan bukan berupa frasa, klausa, atau kata majemuk.

Contoh 4:
  • Kalimat versi : Ayah membawa oleh-oleh dari Solo.
  • Kalimat versinya : Dibawanya oleh-oleh itu dari Solo.
Contoh 5:
  • Kalimat versi : Bu Susi menjual gelang emasnya untuk membayar semua utang-utangnya.
  • Kalimat inversinya : Dijualnya gelang emasnya itu untuk membayar semua utang-utangnya.
Contoh 6:
  • Kalimat versi : Pak guru memarahi para siswa yang pembuat keributan itu di lapangan sekolah.
  • Kalimat inversinya : Dimarahinya para siswa yang pembuat keributan itu di lapangan sekolah.
Baca Juga: 15 Contoh Kalimat Tanya Biasa dalam Bahasa Indonesia, 17 Contoh Kalimat Tanya Retoris dalam Bahasa Indonesia, & 20 Contoh Kalimat Tunggal Berpredikat Kata Kerja Taktransitif.

6 Contoh Perubahan Kalimat Versi Ke Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia - Demikianlah adalah beberapa contoh perubahan kalimat versi ke kalimat inversi dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan kata di artikel ini. Sekian yang bisa kami sampaikan, dan terima kasih.