Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap

Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap - Selamat malam, jumpa lagi dengan saya. Pada kesempatan malam hari ini saya akan menjawab pertanyaan mengenai apa itu puisi sektet dalam bahasa Indonesia terlengkap setelah sebelumnya juga saya sudah menjawab pertanyaan Apa itu puisi septima dalam bahasa Indonesia, Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia, & Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Oke gaes, simak jawaban terlengkapnya di bawah ini ya!
Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap
Google Image - Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap

Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap

 

Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap!

Jawab:
 
Sektet atau sextet merupakan salah satu jenis puisi baru berdasarkan bentuknya yang memiliki enam seuntai. Puisi baru sektet ini merupakan karya sastra yang muncul setelah puisi lama. Puisi baru sektet biasa juga disebut dengan puisi modern atau baru dan munculnya hampir bersamaan dengan puisi kontemporer.

Puisi baru sektet adalah puisi yang bebas dan tidak terikat dengan aturan-aturan, tidak seperti halnya dengan jenis-jenis puisi lama. Karena, puisi baru sektet dan jenis puisi baru lainnya bentuknya lebih bebas dibanding jenis-jenis dari puisi lama, bebas dalam segi jumlah suku kata, jumlah baris, maupun sajaknya. Biasanya, untuk nama pengarang dari puisi baru ini sudah diketahui dan sudah dicantumkan. Berikut di bawah ini adalah contohnya:

Kanjeng Nabi 
Karya: Candra Malik

Duh, kanjeng Muhammad.

Pagi ini aku sedih sekali.
Muhammad yang kucintai
sedemikian dibenci
sampai ditelanjangi
dengan gambar hewani
dan disumpahserapahi.

Pagi ini aku sedih luar biasa.
Muhammad yang kucinta
dibela membabi buta
sampai membunuhi manusia
dengan angkara murka
menyebut nama Tuhannya.

Entah hati, akal, atau apa.
Manusia tapi tidak manusiawi.
Entah Benci entah cinta.
Najis bercampur dengan suci.
Benar dan salah kini serupa.
Akal jadi brutal, hati jadi nyali.

Muhammad tak seperti itu.
Tidak gambarmu, tidak gambarku.
Dia hidup damai dalam kalbu
meski dihina dari segala penjuru.
Dialah Muhammad yang kurindu
dan kubela tanpa membencimu.

8 Januari 2015  

Dari penjelasan dan puisi yang berjudul "Kanjeng Nabi" di atas, kita dapat ambil kesimpulan bahwa sektet adalah sajak atau puisi yang memiliki enam seuntai dan tidak terikat oleh aturan-aturan, artinya dalam puisi sektet terdapat enam baris di tiap-tiap baitnya dan memiliki pola a-a-a-a-a-a, b-b-b-b-b-b, a-b-a-b-a-b, dan c-c-c-c-c-c. 


Apa itu Puisi Sektet dalam Bahasa Indonesia Terlengkap - Demikian penjelasan terlengkap mengenai apa itu puisi sektet dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu teman-teman dalam menjawab pertanyaan tersebut. Kunjungi terus www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui materi menarik lainnya. Cukup sekian dari saya dan terimakasih!