Contoh - Contoh Paragraf Persuasi tentang Rokok dan Narkoba

Contoh - Contoh Paragraf Persuasi tentang Rokok dan Narkoba - Selamat pagi, jumpa lagi dengan kami. Dilansir dari laman TRIBUNnews.com (18/7/2018), Kebiasaan merokok berpotensi lebih besar mengarah pada penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) loh. Hal itu diungkapkan oleh Davin Hutapea selaku kepala Seksi Media Konvensional Pencegah BNN pada saat penyuluhan bahaya narkoba di SMPN 85 Jakarta Selatan. “Dari prespektif pencegahan, rokok itu narkoba. Prespektif pencegahan yang mestinya tidak bisa diakses langsung dengan anak-anak. Radius 100 meter dari sekolah seharusnya tidak ada warung rokok. Banyak perdebatan apakah rokok menjadi pintu gerbang namun faktanya sebagian pengguna narkoba adalah perokok”, ujarnya kepada TribunJakarta.com di lokasi, Rabu (18/7/2018).
Contoh - Contoh Paragraf Persuasi tentang Rokok dan Narkoba
Google Image - Contoh - Contoh Paragraf Persuasi tentang Rokok dan Narkoba
Adapun macam-macam dari paragraf yaitu paragraf persuasif, paragraf eksposisi, paragraf narasi, dan paragraf argumentatif. Nah, khusus diartikel ini kita akan membahas mengenai paragraf persuasif tentang rokok dan narkoba. Kita sudah mengetahui ya apa itu paragraf dan apa itu paragraf persuasif melalui pembahasan kita sebelumnya yaitu Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok, tapi apakah teman-teman masih ingat, hayoo? hehe. Oke kita ulas lagi ya. Paragraf adalah suatu kalimat yang saling berhubungan satu sama lain. Sementara itu, paragraf persuasif adalah paragraf yang berisi sebuah kalimat ajakan, bujukan atau rayuan yang ditujukan kepada perseorangan atau sekumpulan orang agar ikut kedalam ajakannya. Nah, sekarang sudah ingat lagi kan. Oke, langsung saja ya berikut kami tampilkan beberapa contohnya di bawah ini.


Contoh-Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba 

 

Contoh paragraf persuasif tentang rokok

 

Merokok Membunuhmu

Rokok merupakan suatu benda yang sudah asing lagi dimata warga Indonesia. Merokok adalah aktivitas dari kegunaan rokok. Banyak sekali sekarang ini orang yang sudah kecanduan dengan rokok. Padahal merokok itu dapat menyebabkan banyak sekali penyakit, seperti hipertensi, sakit pernafasan, paru-paru terganggu, kanker, bahkan kematian. Walaupun mereka sudah mengetahui dampaknya, tetapi masih saja banyak yang merokok. Sudah banyak sekali kasus yang kematian yang disebabkan oleh merokok. Data The Tobacco Atlas 2015 menyebutkan bahwa lebih dari 217.400 penduduk Indonesia meninggal dunia akibat merokok setiap tahunnya. 217.400 tersebut terdiri dari 19,8% pria dan 8,1%. Studi menyebutkan, dampak kematian itu disebabkan karena paparan asap rokok. Ada lebih dari 7.000 jenis kandungan zat kimia terdapat di dalam rokok. Hal tersebut juga sudah diakatan oleh Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan RI dr Eni Gustina, MPH mengatakan, asap tembakau punya 69 jenis bahan karsinogenik. Zat berbahaya ini dapat menyebabkan kematian akibat kanker. Hal tersebut disebabkan oleh jika seseorang merokok 10 batang dapat menurunkan tingkat harapan hidup rata-rata 5 tahun dan jika 20 kali merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru. Maka janganlah merokok!

Contoh paragraf persuasif tentang narkoba

Jauhilah Narkoba

Narkoba atau narkotika merupakan ancaman besar bagi generasi muda bangsa Indonesia saat ini. Dilihat dari sisi manapun narkoba adalah barang haram yang sangat merugikan baik dari segi kesehatan fisik maupun mental kecuali untuk obat suatu tertentu oleh pihak medis. Sebagian pelajar saat ini menganggap bahwa mengonsumsi narkoba merupakan sesuatu hal keren, sehingga yang tidak memakai tidak keren atau ketinggalan zaman. Pemahaman seperti itu merupakan pemahaman yang salah dan perlu dirubah. Perlu adanya upaya untuk menyadarkan anak-anak kita tentang bahaya narkoba dan membalikkan pola pikir mereka tentang narkoba itu sendiri. Bagi yang semula menganggap narkoba itu keren, menjadi pola pikir yang menganggap narkoba itu primitif. Mengonsumsi narkoba sejatinya adalah sebuah prilaku yang bodoh, bukan prilaku orang yang cerdas. Slogan-slogan yang mengampanyekan bahaya narkoba menjadi salah satu solusi yang dianggap efektif menyentuh kalangan pelajar dan anak muda. Contohnya seperti “Narkoba itu gak keren”, “Narkoba itu primitif”, “Keren itu berprestasi, bukan sakau sampe mati”, dan lain-lain. Mari galakkan gerakan anti narkoba, untuk generasi yang sehat, cerdas, dan religius.

Contoh - contoh Paragraf Persuasi tentang Rokok dan Narkoba - Demikian adalah beberapa contoh dari paragraf persuasif tentang rokok dan narkoba. Semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian dalam menambah wawasan. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mengetahui materi tentang paragraf persuasif lainnya. Cukup sekian yang dapat kami sampaikan, maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan kata di artikel ini, Sampai jumpa an terima kasih!