Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya

Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya - Sahabat-sahabat tau tidak pepatah yang bunyinya "Fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan", nah ngeri yaa sahabat, memfitnah dosanya lebih besar daripada membunuh orang. Sebagai warga negara yang pintar dan cerdas kita tidak boleh ya ikut-ikutan menyebar berita hoax dan gampang mempercayainya tanpa mengetahui sumber yang jelas dan belum mengetahui kebenarannya.

Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya
Google Image - Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya

Sehubungan dengan hal tersebut disini kami akan membahas mengenai contoh kalimat persuasif, pengertian, dan ciri kalimatnya. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kalimat adalah satuan bahasa terkecil, yang diwujudkan melalui lisan maupun tulisan yang mengungkapkan pikiran secara utuh. Dalam wujud lisan kalimat yang diungkapkan yaitu dengan suara yang naik dan turun, lemah dan lembut, disela dengan jeda, dan diakhiri dengan intonasi. Adapun salah satu jenis kalimat yang sesuai dengan judul kita yaitu mengenai kalimat persuasif. Untuk mengetahui pengertian, ciri, dan contohnya, mari kita simak bersama uraian di bawah ini!


Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya

 

Pengertian Persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk mempengaruhi, membujuk dan mengajak agar seseorang dapat mengikutinya, membeli suatu produk atau barang yang diiklankan. Kalimat persuasif biasanya digunakan sebagai media untuk iklan, pilkada, ajakan untuk mejaga kebersihan, dan masih banyak lagi.

Ciri-Ciri Kalimat Persuasif

  • Bersifat mengajak, membujuk, atau mempengaruhi.
  • Hampir semua kalimat persuasif adalah kalimat perintah, sehingga kalimat persuasif menggunakan tanda seru.
  • Kalimat persuasif biasanya digunakan dalam iklan, slogan, poster, himbauan, dan masih banyak lagi.
  • Kalimat pesuasif sering menggunakan kata - kata seperti, ayo!, marilah! dan fungsinya untuk mengingatkan hal tertentu. 

 

Contoh Kalimat Persuasif

1. Buanglah sampah pada tempatnya!
Contoh kalimat persuasif di atas yaitu menyuruh kita untuk membuang sampah pada tempatnya, yaitu ke kotak sampah, karena masih banyak sebagian dari kita ada yang belum sadar akan bahayanya jika kita membuang sampah sembarangan. Dampak yang timbul akibat membuang sampah sembarangan ada banyak sekali salah satunya yaitu banjir. Makadari itu janganlah membuang sampah sembarangan agar tidak terjadi bencana banjir.

2. Ayo cuci tangan sebelum makan!
Contoh kalimat persuasif di atas mengajak kita untuk cuci tangan sebelum makan, karena apa? karena cuci tangan sebelum makan sangatlah penting. Bayangkan saja kita dengan tidak sengaja memegang pintu atau yang lainnya, sedangkan pintu itu dipegang oleh banyak orang, kita tidak tahu orang-orang yang memegang pintu itu sebelumnya memegang apa, siapa tahu kan menyentuh debu bahkan kotoran dengan tidak mencuci tangannya terlebih dahulu. Pastilah banyak bakteri yang ada ditangannya. Maka daripada itu untuk menjaga kesehatan cucilah tangan sebelum makan agar tidak ada bakteri yang ikut masuk melalui makanan ke dalam tubuh kita.

3. Ayo cintai bumi kita!
Contoh kalimat persuasif di atas mengajak kita untuk mencintai bumi kita. Dengan kita mencintai bumi kita maka kita tidak akan menyakitinya, layaknya seperti cintamu dengan si doi. wkwkw

4. Jangan lupa tanggal 27 juni 2018 untuk nyoblos!
Contoh kalimat persuasif di atas mengingatkan kita untuk jangan lupa atau sengaja golpot dalam memilih pemimpin di daerahnya. Karena, dengan kita tidak menyoblos maka kita akan membiarkan negara kita hancur atau berantakan, satu surat suara akan menentukan masa depan yang lebih baik.

5. Belajarlah dengan rajin!
Contoh kalimat persuasif di atas menyuruh kita untuk belajar yang rajin, karena tidak ada orang pintar dengan melakukan cara yang instan di dunia ini. Maka daripada itu rajinlah belajar agar menjadi orang yang pintar.

6. Ayo jaga kebersihan rumah kita!
Contoh kalimat di atas mengajak kita untuk menjaga kebersihan rumah kita, karena apa? karena rumah merupakan tempat istirahat kita setelah kita merasa lelah dengan kegiatan yang ada di luar rumah, misalnya bekerja, sekolah, pasti setiap orang pernah atau bahkan sering merasakan lelah setelah melakukan kegiatan tersebut. Bayangkan saja jika rumah kita kotor, tentu tidak akan nyaman ya, yang tadinya ingin beristirahat di rumah, yang ada malah emosi jika kita melihat rumah yang kotor dan berantakan.

7. Marilah kita jaga kebersihan lingkungan kita!
Contoh kalimat persuasif di atas mengajak kita untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Sama seperti halnya menjaga kebersihan rumah. Jika kita membersihkan lingkungan kita maka hidup akan terasa nyaman, asri, dan sejuk.

8. Marilah kita sayangi bumi kita!
Contoh kalimat persuasif di atas mengajak kita untuk menyayangi bumi kita. Menjaga bumi sangat penting ya teman, karena apa? karena jika kita menjaga dengan menyayangi bumi kita dengan cara tidak menebang pohon sembarangan, membuang sampah pada tempatnya, maka bumi kita akan terhindar dari berbagai bencana.

9. Marilah kita tingkatkan iman dan takwa kita dengan mengaji!
Contoh kalimat persuasif di atas mengajak kita untuk meningkatkan iman dan taqwa kita dengan mengaji, karena apa? karena dengan mengaji kita dapat meningkatkan taqwa kita, dengan selalu mengingat Tuhan, berserah diri, dan selalu introspeksi diri.

10. Tunggu apalagi, ayo segera kunjungi toko semen terdekat!
Contoh kalimat persuasif di atas mengajak kita untuk segera mengunjungi toko semen terdekat. Dengan hal tersebut maka ia akan mendapatkan keuntungan dengan banyak yang membeli semen ke tokonya tersebut.

Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya - Demikian adalah contoh kalimat persuasif, pengertian, dan ciri kalimatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua ya sahabat-sahabat. Terus kunjungi sastrapedia.net untuk mengetahui materi menarik lainnya seputar bahasa Indonesia. Terima kasih.