Contoh Paragraf Deskriptif dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal

Contoh Paragraf Deskriptif dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Selamat pagi teman - teman semua. Jika kita mendengar kata deskriptif identik dengan suatu penggamabaran kan ya, baik penggambaran sesuatu misalnya saja penggambaran mengenai suatu masalah banjir. Banjir di Indonesia merupakan sudah menjadi suatu hal yang lumrah terjadi dilingkungan masyarakat yang senang membuang sampah dan membuat kerusakan lain yang menyebabkan timbulnya banjir. Seperti itu tadilah adalah contoh simpelnya.
Contoh Paragraf Deskriptif dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal
Google Image - Contoh Paragraf Deskriptif dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal
Paragraf adalah sebuah susunan dari beberapa kalimat yang membentuk sebuah untaian paragraf, sedangkan paragraf deskriptif merupakan paragraf yang menggambarkan suatu objek yang dibuat dengan susunan kata-kata yang dapat merangsang indera pembaca seseorang, sehingga seorang pembaca tersebut dapat merasakan apa yang penulis ceritakan, meskipun hanya terjadi seperti di khayalan sang pembaca saja. Dalam menulis paragraf deskripsi penulis dituntut untuk menjabarkan objek yang telah dilihatnya secara mendetail dan tergamar secara jelas. Disinipun penulis harus tau aspek-aspek apa saja yang menjadi pemaparan penulis dalam karangannya bisa berupa, keadaan, sifat dan perasaan penulis atau sebuah subjek yang di kenai objek. Dengan tujuan, agar pembaca seolah-olah sedang melihat objek yang digambarkan penulis ketika membaca karangannya dengan halusinasikan oleh sang pembaca itu sendiri. Langsung saja yuk simak uaian dibawah ini ya, untuk mengetahui beberapa contoh paragraf deskriptif dalam ujian nasional beserta contoh soalnya!

Contoh Paragraf Deskriptif dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal

 

Paragraf deskriptif dalam ujian nasional beserta contoh soal!

Aku adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah di kota yang terkenal ada di Indonesia. Kota yang aku tempati sekarang adalah sebuah kota nan indah dan sngt permai yaitu bernama kota Solo. Mungkin karena kota ini bersih dan sejuk membuat nama kota ini begitu asing bagi telinga kalian. salah satu kota yang menjadi batas impian semua orang setelah yogyakarta . Sehingga kota ini memiliki julukan ASRI yaitu Aman, Segar, Rindang dan Indah. Kota Solo adalah salah satu kota yang sepi penduduk, apabila telah memasuki malam setelah  Isya kota ini akan sepi. Walaupun kalian sedang berada di daerah perkotaan, kecuali untuk hari sabtu malam, khususnya di alun alun. Kota ini memiliki satu alun-alun dengan luas sekitar 900 m persegi .(objektif)

1. Paragraf deskripsi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu…

A. spasial, objektif, subjektif
B. manusia, spasial, subjektif
C. tempat, waktu, subjektif
D. waktu, manusia, objektif
E. spasial, objektif, manusia

Jawaban: A
Seperti yang sudah dibahas Quipper Video Blog dalam paragraf ketiga dalam artikel ini, maka jenis paragraf deskripsi ada 3 yakni spasial, objektif, dan subjektif.

2. Berikut merupakan ciri-ciri paragraf deskripsi:
1) Menjelaskan atau menggambarkan sesuatu secara spesifik, detail, dan sejelas-jelasnya.
2) Melibatkan panca indera seperti pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman, atau perasaan.
3) Memberi argumen yang bisa diperdebatkan pembaca.
4) Punya data faktual untuk menjelaskan pembaca
5) Memberikan ciri-ciri objek dalam suatu tulisan seperti warna, bentuk, ukuran, keadaan objek.

Yang termasuk dalam ciri-ciri teks deskripsi adalah…
A. 1, 2, 3
B. 1, 3, 4
C. 1, 2, 5
D. 2, 3, 4
E. 1, 4, 5

Jawaban:C
Yang termasuk dalam ciri-ciri teks deskripsi adalah menggambarkan sesuatu sejelas-jelasnya, melibatkan panca indera, memberi ciri-ciri objek, dan membuat pembaca jadi seperti mendengar, melihat, atau mengalami sendiri apa yang ditulis dalam teks tersebut.

3. Lembah Harau yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang berdiameter mencapai 400 meter. Lembah Harau terkenal dengan keindahannya yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi berbentuk unik mengelilingi lembah. …. Sejak memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan mengagumkan ini.

Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi titik-titik dalam paragraf tersebut adalah…
A. Tebing-tebing granit terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.
B. Tebing Harau tidak kalah indahnya dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.
C. Pengunjung sudah lama mengincar pemandangan ini.
D. Tebing granit ini menjadi salah satu daya tarik wisata di Provinsin Sumatra Barat.
E. Penduduk ikut menjaga kebersihan Lembah Harau dengan baik.

Jawaban:A
Pilihan yang paling tepat untuk mengisi titik-titik pada paragraf di atas adalah jawaban A. Sebab, jawaban A masih berhubungan dengan ketinggian, tidak keluar jalur dari apa yang sedang dibicarakan sebelumnya.

4. Rangkaian koral di Laut Karimun Jawa terdiri dari macam-macam bentuk dan ragam. Ada yang berbentuk bunga berwarna merah muda dengan bagian tengah menyerupai bintik-bintik benang sari. Ada pula berbagai karang dengan bentuk tumbuhan kaktus bergerigi, corak biru, dan hijau. Keindahan koral-koral ini dilengkapi lagi dengan kehadiran ikan-kikan kecil berwarna oranye yang berenang dia tasnya. Tak ketinggalan pula, ada juga koral berbentuk jamur kuping berwarna cokelat yang sangat mirip dengan jamur sungguhan.

Kalimat utama paragraf deskripsi di atas ada pada kalimat…
A. Kesatu
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
E. Kelima

Jawaban: A
Kalimat utama terdapat pada kalimat kesatu. Sementara kalimat-kalimat berikutnya merupakan kalimat perincian atau penjelas objek yang sedang dideskripsikan.

5. Pemerintah Kabupaten Probolinggo menawarkan paket wisata erupsi Gunung Bromo. Penawaran ini diciptakan demi meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, sekaligus memberikan jaminan bahwa gunung setinggi 2329 m dari permukaan laut tersebut aman dikunjungi meski berstatus siaga. Nantinya, wisatawan bisa menikmati pemandangan eksotis Gunung Bromo dari kejauhan. Penawaran paket wisara ini juga termasuk kegiatan menikmati hasil panen dan keeksotisan matahari terbit.

Teks di atas membahas tentang…
A. Keindahan Gunung Bromo
B. Kebaikan hati Pemerintah Kabupaten Probolinggo
C. Penawaran paket wisata erupsi Gunung Bromo
D. Pemandangan eksotis Gunung Bromo
E. Banyaknya jumlah wisatawan di Gunung Bromo

Jawaban: C
Paragraf di atas mendeskripsikan tentang penawaran paket wisata erusi Gunung Bromo yang ditawarkan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo untuk para wisatawan.

Contoh Paragraf Deskriptif dalam Ujian Nasional Beserta Contoh Soal - Demikianlah adalah contoh-contoh dari paragraf deskriptif dalam ujian nasional beserta contoh soal. Semoga  bermanfaat untuk temen-temen dalam persiapan Ujian Nasional 2019 yang akan datang. Selamat belajar, dan salam sukses!