Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba

Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba - Kali ini kami akan memberikan beberapa contoh paragraf persuasif tentang rokok dan narkotika. Sebelum kita ke pembahasan lebih jauh, tentunya sudah tahu kan apa itu paragraf dari artikel yang sudah kita bahas sebelumnya yaitu Pengertian dan Contoh Paragraf. Hayo, masih ingatkah? yak, benar sekali paragraf adalah suatu kumpulan kalimat yang berisi gagasan pokok ataupun ide pokok. Sesuai dengan judul kita hari ini yaitu paragraf persuasif, paragraf persuasif merupakan salah satu jenis dari paragraf.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba
Google Image - Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba

Paragraf persuasif adalah paragraf yang berisi beberapa kalimat yang saling berhubungan satu sama lain yang memiliki makna mengajak, membujuk, ataupun mempengarui seseorang agar mengikuti pesan yang terkandung dalam paragraf tersebut. Sementara itu ciri-ciri paragraf persuasif biasanya memakai kata seperti "Ayo", "Marilah", "Untuk itu", dan masih banyak lagi. Adapun contoh paragraf persuasif sangat beragam salah satu contohnya seperti di artikel yang sudah kita bahas kemarin yaitu contoh paragraf persuasi tentang kesehatan. Oke teman, langsung saja yuk simak beberapa contohnya di bawah ini!

 

Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba


Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok

Katakan "TIDAK" dengan Rokok!

Rokok merupakan suatu benda yang dapat mengakibatkan banyak dampak jika asapnya masuk kedalam organ tubuh manusia. Banyak penyakit timbul yang diakibatkan dari merokok, baik perokok aktif maupun pasif,  misalnya impotensi, jantung, gangguan kehamilan, dan lain-lain. Merokok juga sudah dianggap lumrah/ biasa oleh warga sekitar. Walaupun rokok tersebut sudah dibungkus dengan gambar-gambar penyakit yang disebabkan oleh merokok, tetapi wargapun tetap memilih untuk merokok, dengan alasan seperti sulit untuk berhenti, rokok dapat menangkan fikiran, dan sebagainya. Tentunya hal tersebut merupakan hal yang salah kaprah, karena nyawanya dan nyawa orang-orang yang ada disekelilingnya yang menjadi taruhan. Cukup dengan niat bersungguh-sungguh untuk berhenti dari merokok, hindari orang-orang suka merokok, dan persibuklah diri, maka kitapun akan terlepas dari rokok. Sebelum lebih jauh dan semakin parah, yuk kita jauhi rokok, agar kita dan keluarga kita terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh merokok!

Penjelasan dari contoh paragraf persuasif tentang rokok di atas mengajak kita untuk menjahui rokok, karena rokok itu dapat menyebabkan banyak dampak negatif bagi tubuh.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Narkotika

Indonesia Darurat Narkoba!

Indonesia dalam situasi darurat narkoba, ditahun 2018 ini sekitar 6,4 juta penduduk Indonesia menjadi pengguna narkoba melalui hasil survei 17 provinsi, dan itu baru dilakukan 17 provinsi dan jumlahnya sudah sangat menghawatirkan. Upaya pemerintah untuk memerangi narkoba sudah dilakukan dengan bebagai cara apapun, mulai dari diadakannya sosialisai, membuat program-program, repsresif dan rehabilitatif. Kepala Badan Narkotika Nasiolal Komjen Budi Waseso menyebutkan bahwa ada sebelas negara yang mengimpor narkotika ke Indonesia, dan sindikat terbesarnya adalah China. Hal tersebut dikarena adanya sindikat pegawai nakal dari institusi tertentu yang terlibat didalamnya. Untuk itu, marilah kita jaga diri kita dan negara kita dari penyalahgunaan narkoba ataupun penyeludupannya, agar terciptanya negara yang sehat warganya dengan tidak menggunakan narkoba.

Penjelasan dari contoh paragraf persuasif tentang narkotika di atas mengajak kita untuk menjaga diri dan negara kita dari penyeludupan narkoba, agar tubuh kita tidak memiliki dampak negatif dari penggunaan narkoba.


Baca Juga: Contoh Kalimat Persuasif, Pengertian, dan Ciri Kalimatnya.
Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba - Demikian adalah contoh paragraf persuasif tentang rokok dan narkoba. Dari dua contoh paragraf di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sehat itu sangatlah penting, maka janganlah merokok dan janganlah menggunakan narkotika agar kesehatan kita lebih bisa terjaga. Oke teman-teman, mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan.