Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok

Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok - Hai teman- eman, selamat pagi. Jika berbicara mengenai rokok, sangat banyak sekali ya dampak bahaya yang ditimbulkan dari merokok, yaitu seperti hipertensi, kanker, pernafasan, dan bahkan bisa membawa kita ke kematian loh. Hal tersebut terjadi oleh salah satu seorang pria yang bertempat tinggal Makasar yaitu yang bernama Ardiyanto, Ardiyanto menderita kanker pita suara yang diakibatkan dari kecanduan merokok. Serakang ia makan dan minum bukan melalui mulut seperti orang-orang makan dan minum pada biasanya, tetapi melalui kerongkongan yang dilubangi untuk masuknya selang agar ia bisa makan dan minum. Setelah Ardiyanto sedang mengalami hal itu, ia meminta kepada masyarakat agar tidak merokok, agar nantinya tidak mengalami hal yang serupa dengannya. Mengerikan sekali ya teman, kejadian seperti yang di alami oleh Ardiyanto bisa kita jadikan pelajaran ya.
Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok
Google Image - Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok
Oke gaes, berhubungan dengan diatas, pada kesempatan ini mimin akan memberikan materi mengenai contoh paragraf persuasif tentang bahaya merokok. Oh iya, sebelum kepembahasan lebih jauh, kita harus tahu dulu ya apa itu paragraf dan apa itu paragraf persuasif. Paragraf adalah suatu kalimat yang saling berhubungan satu sama lain. Paragraf terdiri dari berbagai macam jenis paragraf, yaitu seperti paragraf deskriptif, persuasif, argumntatif, dan eksposisi. Kebetulan disini mimin hanya akan menjelaskan paragraf persuasif maka mimin akan menjelaskan paragraf persuasif ya teman- teman, hehe. Paragraf persuasif adalah paragraf yang berisi sebuah kalimat ajakan, bujukan atau rayuan yang ditujukan kepada perseorangan atau sekumpulan orang agar ikut kedalam ajakannya. Oke, langsung saja yuk, simak uraian dibawah ini ya agar lebih jelas.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok 

 

Contoh paragraf persuasif tentang bahaya merokok

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh paragraf persuasif tentang bahaya merokok:

Contoh 1:
 
Merokok merupakan salah satu aktivitas yang sudah biasa dilakuka oleh masyarakat yang ada di Inonesia, baik dikalangan tua, muda, ataupun dikalangan laki-laki bahkan perempuanpun ada merokok bebas merokok. Walaupun mereka sudah tau bahaya dari merokok tetapi mereka tetap saja merokok, dan jika diingatkan atau dinaeshati hanya akan masuk kuping kanan dan keluar kuping kiri.
Alasan mereka merokok yaitu untuk mendapatkan ketenangan. Teman - teman ketenangan itu hanya didapatkan sesaat saja, tetapi dampak yang ditimbulkan dari merokok dapat menjadi jangka panjang dan bahkan bisa membawa ke kematian. Sebelum mendapatkan akibatnya, kita seharusnya harus sadar bahwa banyak sekali dampak buruk dari merokok, bahkan bisa membawa ke kematian.

Contoh 2:

Dampak dari merokok sangat banyak sekali, yang pertama yaitu dapat menyebabkan kerontokan rambut, katarak, kanker, dan masih banyak lagi. Hal tersebut sudah diteliti oleh peneliti dunia. Setiap orang memiliki kekebalan tubuh, tetapi jika kekebalan tubuh tersebut selalu dimasuki oleh bahan - bahan yang berbahaya seperti rokok akan menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya sekali. Maka dari itu, berhentilah merokok demi kesehatan kita.

Contoh 3:

Merokok dikalangan remaja saat ini sudah banyak sekali dilakukan oleh remaja zaman sekarang. Para remaja sering kali merokok walaupun sudah dilarang oleh pihak sekolah maupun orang tua. Mereka rela membeikan uang jajan mereka untuk membeli sebuah rokok. Saat jam pelajaran disekolah biasanya mereka lebih memilih keluar kelas untuk merokok dari pada belajar. Hal itu sangat disayangkan sekali, padahal perokok pada usia remaja sangat berisiko sekali, yaitu dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius, karena masih berada pada usia pertumbuhan. Merokok tidak hanya menyebabkan masalah pada fisik, tetapi juga emosional. Hal tersebut sudah diteliti oleh para ahli, dan para ahli mengungkapkan resiko kesehatan merokok pada remaja dapat menimbulkan kesehatan yang jauh lebih buruk dibanding orang dewasa yang merokok. Merokok di kalangan remaja dapat mengganggu performa belajar disekolah, mengganggu perkembangan paru-paru, sulit sembuh saat sakit, dan terlihat lebih tua dari usianya. Oleh sebab itu, janganlah coba-coba pada rokok!

Contoh 4: 

Rokok mengandung zat yang buruk jika masuk kedalam tubuh manusia. Zat tersebut yaitu DDT (Pestisida), Acetone (bahan yang terdapat dalam cat), radioaktif Polonium-201, Amonia (pembersih toilet), naphthalene, dan zat berbahaya lainnya. Saat rokok dibakar ia akan mengeluarkan gas hidrogen sianida. Bahan sianida adalah bahan yang sering digunakan dalam kamar gas untuk hukuman mati. Belum lagi jika pembakaran rokok tersebut tidak sempurna, ia akan mengeluarkan gas karbon monoksida (CO) yang membuat darah sulit mengambil oksigen dari paru-paru. Zat-zat berbahaya lainnya yang sering disebut Tar dan Nikotin. Tar adalah satu kesatuan dari empat puluh tiga bahan yang menyebabkan kanker, sedangkan Nikotin adalah zat yang dapat merangsang saraf dan otak sehingga menimbulkan efek kecanduan. Hal tersebutlah yang membuat seseorang kecanduan dan sulit untuk berhenti dari merokok. Dari keseluruhan kasus penyakit jantung yang terjadi pada manusia, 25 % adalah akibat dari merokok. Karena itu, maka jangan sampai zat-zat berbahaya itu sampai masuk kedalam tubuh kita.

Contoh 5:

Selain perokok laki-laki, sekarang ini juga sudah banyak perokok wanita. Dampak dari perokok laki-laki wanita lebih mengerikan perokok wanita. Selain dapat menyebabkan bayi lahir prematur pada ibu yang merokok, yaitu penyakit jantung, kepadatan tulang berkurang, kanker payudara, dan serviks. Dalam kasus kanker serviks, merokok itu menyebabkan kerusakan sel-sel serviks rusak sehingga wanita perlu berjuang lebih dalam melawan infeksi. Jika tidak mampu melawan infeksi, membuka kemungkinan terjadi masalah termasuk kanker serviks. Oleh sebab itu, mari jaga kesehatan kita dengan tidak merokok.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Bahaya Merokok - Demikian adalah beberapa contoh mengenai paragraf persuasif tentang bahaya rokok. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesia.com untuk mengetahui materi tentang paragraf lainnya. Terima kasih sudah berkunjung diblog kami dan sampai jumpa di artikel-artikel menarik lainnya ya!