Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik

Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik - Kali ini, kami akan mengajak teman-teman untuk membahas materi tentang definisi poster, jenis, dan contoh bahasa poster yang terbaik. Dalam membuat poster diperlukan suatu ide atau gagasan kata-kata yang apa yang akan kita jadikan sebuah poster. Biasanya dalam pembuatan poster juga harus diikutsertakan gambar poster agar poster tersebut menarik para audiens

Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik
Google Image - Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik
Tujuan dari pembuatan poster yaitu mengajak ataupun mempengaruhi pembaca untuk mengikuti makna yang terkandung dalam poster tersebut dalam hal yang positif. Adapun macam-macam poster sangat bervariasi, misalnya saja poster yang sering kita temui seperti poster design, poster kesehatan, poster pendidikan, poster film, dan poster iklan. Langsung saja ya teman-teman, agar teman-teman tahu apa itu poster, jenisnya apa saja dan contohnya seperti apa, mari yuk kita simak bersama di bawah ini!

Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik

 

Definisi Poster 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan), sedangkan menurut wikipedia poster adalah sebuah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara angka dan huruf diatas kertas yang ukurannya relatif besar. Poster ini umumnya ditempel didinding atau permukaan yang relatif datar ditempat-tempat umum yang ramai agar informasi dan pesan yang ada didalam poster tersebut bisa tersampaikan kepada masyarakat dengan jelas. Poster biasanya di tempel di tempat-tempat yang ramai, seperti di pasar, dimall, dijalan dan masih banyak lagi tempat yang untuk ditempel sebuah poster. Poster sifatnya adalah mengajak seseorang untuk mengikutinya. Di dalam poster biasanya juga disusun dan dibuat semenarik mungkin dengan gambar-gambar agar orang-orangpun tertarik untuk melihat dan membacanya.

Dari pengertian di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Poster adalah sebuah media berupa plakat atau yang lainnya yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan kepada publik.

Jenis Poster

 

Adapun jenis-jenis poster adalah sebagai berikut:

1. Poster Niaga
Poster niaga adalah poster yang menampilkan sebuah gambar barang atau jasa yang bersifat mempengaruhi pembaca agar membelinya.

2. Poster Kegiatan
Poster kegiatan adalah poster yang fungsinya untuk memberitahu sebuah informasi atau pesan bahwa akan diadakan suatu kegiatan, dan sifatnya untuk mempengaruhi atau mengajak pembaca untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut.

3. Poster Penerangan atau Layanan Masyarakat
Poster penerangan atau layanan masyarakat adalah poster yang mengandung imbauan untuk tidak melakukan sesuatu. Poster ini memiliki maksud yang baik, seperti imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangn, hindari narkoba, gunakan helm saat berkendara motor dan masih banyak lagi.

4. Poster Pendidikan 
Poster pendidikan adalah poster yang berisikan informasi pendidikan seperti sosialisasi program pendidikan dari pemerintah. Salah satu contohnya adalah ketika pemerintah menghimbau kepada masyarakat bahwa wajibnya program belajar selama 12 tahun.

Contoh Bahasa Poster

 

1. Ayo donor darah bersama PPG SM-3T UNY!

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita untuk mendonorkan darah bersama PPG SM-3T UNY. Mendonorkan darah merupakan kegitan sosial yang bertujuan untuk membantu para orang-orang yang membutuhkan darah secara darurat.


2. Saatnya yang muda untuk beraksi memajukan prestasi.

Contoh  bahasa poster di atas mengajak para pemuda atau penerus bangsa untuk beraksi memajukan prestasi.


3. Banyak membaca buku semakin berilmu.

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita untuk membaca buku agar berilmu, karena buku merupakan jendela dunia.


4. Remas rokokmu! Raih prestasimu!

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita untuk berhenti merokok, dan jemputlah prestasimu.


5. Pintar itu mahal, ayo kita belajar!

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita untuk belajar, karena pintar itu mahal.


6. Tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Contoh bahasa poster di atas menjelaskan bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar, baik tua muda sama saja, maka harus semangat.


7. Yuk, buang sampah pada tempatnya.

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita untuk membuang sampah di kotak sampah, agar tidak terjadinya banjir ataupun hal-hal negatif lainnya yang disebabkan oleh membuang sampah sembarangan.


8. Stop mencontek, ayo hidup jujur!

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita untuk jujur dalam mengerjakan tugas, karena jujur itu sangatlah mahal.


9. Masih punya iman! jagalah kebersihan, buanglah sampah pada tempatnya!

Contoh bahasa poster di atas menjelaskan bahwa jika kita mengaku sebagai orang yang beriman maka akan menjaga kebersihan, layaknya seperti hadis yang berbunyi "kebersihan adalah sebagian dari iman".


10. Orang miskin harus sekolah!

Contoh bahasa poster di atas mengajak kita bahwa orang miskin itu wajib sekolah, karena baik miskin maupun kaya memiliki hak yang sama. Sesuai dengan UUD 1945 bahwa semua warga negara berhak mendapatkan pendidikan.


Baca juga: Contoh Paragraf Persuasif tentang Rokok dan Narkoba


Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik - Demikian adalah definisi poster, jenis, dan contoh bahasa poster terbaik. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terus kunjungi blog tercinta kami untuk mengetahui artikel-artikel terkait materi bahasa Indonesia. Cukup sekian dari kami, maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan kata di artikel ini. Terima kasih.