13 Jenis-Jenis Pantun Berdasarkan Isinya dalam Bahasa Indonesia

13 Jenis-Jenis Pantun Berdasarkan Isinya dalam Bahasa Indonesia - Hai sahabat, salam semangat. Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang jenis-jenis pantun berdasarkan isinya. Sebelum kita masuk kedalam pembahasan, terlebih dahulu kita kembali mengingat apakah yang dimaksud dengan pantun. Pantun merupakan salah satu jenis dari puisi lama, sedangkan ciri-cirinya ialah terdiri dari 9-12 buah suku kata, bersajak a-a-a-a atau a-b-a-b, dan terdiri dari dua baris sampiran dan dua baris isi. Dikatakan jenis-jenis pantun berdasarkan isi maksudnya ialah pantun ini sifatnya berhubungan dengan apa dan bagaimana. Contohnya pantun anak, di dalamnya berisi kegembiraan, sukacita, bermain dan sebagainya. 
13 Jenis-Jenis Pantun Berdasarkan Isinya dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 13 Jenis-Jenis Pantun Berdasarkan Isinya dalam Bahasa Indonesia
Tidak perlu panjang lebar lagi ya teman, langsung saja kita masuk kedalam pembahasan yaitu jenis-jenis pantun berdasarkan isinya dalam bahasa Indonesia yang tentunya akan membantu teman-teman sekalian dalam mempelajari materi bahasa Indonesia, khususnya jenis-jenis pantun berdasarkan isinya ini. Oke, simak baik-baik ya!


13 Jenis-Jenis Pantun Berdasarkan Isinya dalam Bahasa Indonesia

Berdasarkan isinya pantun dapat terbagi dari beberapa jenis, yaitu pantun jenaka, pantun teka-teki, pantun nasihat, pantun cinta dan kasih sayang, pantun pujian, pantun agama, pantun adat, pantun cerita, pantun kepahlawanan, pantun suka cita, pantun duka cita, pantun anak, pantun persahabatan, dan pantun perkenalan. Berikut dibawah ini penjelasan dan beserta contohnya.

1. Pantun Jenaka

Pantun jenaka adalah jenis pantun yang isinya lucu atau mengandung humor sehingga dapat menimbulkan tawa pendengar atau pembacanya. Pentun jenaka biasanya digunakan untuk menghibur pembaca atau pendengar sehingga suasananya menjadi lebih ceria. Pantun jenaka ini masih digunakan dalam sebuah acara seperti pesta adat Melayu. 

Contoh:
Buah rambutan buah belimbing
Sungguh manis si gula Jawa
Sungguh senang punya teman sumbing
Kalau marah tetap tertawa

2. Pantun Teka-Teki

Pantun teka-teki adalah jenis pantun yang menggunakan otak atau pikiran. Pantun teka-teki ini digunakan dalam percakapan atau pergaulan sehari-hari dan sering digunakan untuk saling berbalas pantun. Jawaban atas tekakteki pantun tersebut juga dapat disajikan dalam bentuk pantun.

Contoh:
Burung kenari burung prenjak
Terbang sejenak di tali
Kalau saudara memanglah bijak
Hewan apa tanduk di kaki

3. Pantun Nasihat  

Pantun nasihat adalah jenis pantun yang isinya sebuah petuah atau nasihat yang tujuannya memberi tuntunan kepada banyak orang. Pantun nasihat beirisi kata-kata yang mengarahkan pembaca atau pendengar ke arah yang lebih baik.

Contoh:
Buah pinang dibelah dua
Tangan bengkak disengat lebah
Sedari muda hingga ke tua
Ajaran baik janganlah diubah

4. Pantun Kasih Sayang

Pantun kasih sayang adalah jenis pantun yang isinya tentang rasa cinta atau kasih sayang dan umumnya merupakan pantun anak muda. Pantun ini biasa digunakan sebagai sarana untuk perkenalan, mengungkapkan perasaan ke seseorang, atau sekedar untuk memberikan pujian.

Contoh:
Burung elang terbang melayang 
Turun kebumi jangan dipinta
Dari awal menanam sayang 
Moga kelak menjadi cinta

5. Pantun Nasib

Pantun nasib adalah jenis pantun  yang isinya menceritakaan keadaan diri. Pantun ini biasa digunakan untuk menceritakan nasib seseorang ketika berada diperantauan seperti kerinduan, perjuangan hidup, dan sebagainya.

Contoh:
Teduh sejenak kala gerimis
Cerilah batu permukaan rata
Sungguh diri hendak menangis
Mengenang Ibu yang jauh dimata

6. Pantun Agama

Pantun agama adalah jenis pantun yang mengandung nasehat atau petuah yang sesuai dengan agama. Pantun ini biasanya berisi nasihat tentang apa yang baik dilakukan dan apa yang tidak baik dilakukan sehingga mengingatkan untuk tetap teguh pada agama.

Contoh:
Simpanlah benang di dalam peti
Jarum di pasir tak terlihat
Bersifat jujur bersihkan hati
Kemana pergi pasti selamat

7. Pantun Adat

Pantun adat adalah jenis pantun yang isinya berisi petuah atau nasihat berdasarkan nilai-nilai atau aturan yang ada dalam adat istiadat yang dianut. Pantun ini umumnya menggunakan gaya bahasa dengan nuansa daerah yang mencerminkan kebudayaan.
 
Contoh:
Memandang jauh terlihat padat
Elok bersantai di bangku taman
Sedari muda tak belajar adat
Tua besar tergerus zaman

8. Pantun Kepahlawanan

Pantun kepahlawanan adalah jenis pantun yang isinya berhubungan dengan semangat kepahlawanan, perjuangan pahlawan, atau hal-hal yang berkaitan dengan perjuangan yang bersifat heroik. 

Contoh:
Jautuhlah gelas pecah dan hancur
Cerita lama ulur terkenang
Maju semangat pantang mundur
Yakin berjuan pastilah menang

9. Pantun Suka Cita

Pantun suka cita adalah jenis pantun yang isinya menceritakan tentang kegembiraan dan kebahagiaan. Pantun suka cita umumnya merupakan pantun anak-anak yang menggambarkan mas anak-anak yang penuh dengan kesenangan.

Contoh:
Pohon pinus pohon cemara
Bersanding sejajar pohon meranti
Sungguh senang dapat juara
Pujian datang hadiah menanti

10. Pantun Duka Cita

Pantun duka cita adalah jenis pantun yang isinya kebalikan dari pantun suka cita yang menceritakan kesedihan atau kesusahan. Pantun duka cita ini umumnya menggambarkan kehidupan masa kanak-kanak yang penu dengan kesengsaraan. 

Contoh:
Roti dipanggang berlapis keju
Semakin lezat ditambah camilan
Berbanal lengan berselimut baju
Dalam tidur menggigil sekujur badan

11. Pantun Anak

Pantun anak adalah jenis pantun yang bertema anak-anak. Pantun ini biasanya meceritakan keadaan suasana hati sang anak.

Contoh:
Pagi hari pun segera datang
Pertanda ada hari yang baru
Hatiku senang bukan kepalang
Karena dapat sepeda baru

 
12. Pantun Perkenalan
Pantun perkenalan adalah jenis pantun yang berisi pengenalan diri kepada orang lain atau ucapan yang digunakan saat berkenalan.

Contoh:
Buah mangga buah kecapi
Bunga mawar bunga kesturi
Nama Saya Ahmad Badawi
Asli dari Tanah Betawi


13. Pantun Persahabatan

Pantun persahabatan adalah pantun yang berisi tentang hal-hal yang berkaitan dengan persahabatan.

Contoh:
Siang hari akan berlalu
Malam hari gegas ke sini
Sampai jumpa kawan baikku
Semoga sempat jumpa kembali


Baca Juga: Contoh Pantun Pendidikan dalam Bahasa Indonesia & Apa Itu Pantun Jenaka dan Contoh Pantun Jenaka dalam Bahasa Indonesia

13 Jenis-Jenis Pantun Berdasarkan Isinya dalam Bahasa Indonesia - Itulah beberapa jenis pantun berdasarkan isinya. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. Jika teman-teman ingin mengetahui artikel-artikel menarik lainnya buka saja www.kamusbahasaindonesiaku.com. Sekian dan sampai jumpa!