Pengertian, Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen

Pengertian, Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen - Oke, sebelum kita kepembahasan yang lebih jauh, mari kita ingat-ingat yuk apa itu silogisme dan entimen? kita dapat mengetahui bahwa entimen merupakan bagian dari silogisme, karena entimen adalah silogisme pendek. Jika kita kaitkan dengan suatu paragraf maka polanya akan sama saja seperti pada silogisme dan entimen pada biasanya, bedanya hanya saja silogisme dan entimen setelah di tarik kesimpulan kemudian akan dijadikan sebuah paragraf.

Pengertian, Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen
Googel Image - Pengertian, Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen
Oke, langsung saja ya kita masuk kepembahasan kita kali ini, yaitu pengertian, contoh paragraf silogisme dan entimen yang tentunya akan membantu teman-teman semua dalam memahami materi terkait silogisme dan entimen. Mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini!


Pengertian, Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen

 

1. Paragraf Silogisme

Paragraf silogisme adalah suatu paragraf yang dikembangkan dari pola pikir silogisme. Sedangkan, silogisme adalah pola pikir yang bertolak dari dua premis. Didalam silogisme dua premis tersebut yaitu berupa pernyataan-pernyataan, kemudian satu kesimpulan yaitu kesimpulan yang ditarik dari dua premis atau pernyataan sebelumnya.

Adapun bentuk dari dari silogisme seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya yaitu memiliki dua premis yang berisi pernyataan dan satu kesimpulan. Kedua premis tersebut adalah premis umum (PU), premis khusus (PK), dan kesimpulan (K). 

Rumus:  

PU : A = B
PK : C = A
K : C = B

Contoh
 
(1) PU : Semua arsitek pintar menggambar.
      PK : Budi adalah seorang arsitek.
      K   : Budi pintar menggambar.

Paragraf
Semua arsitek pintar menggambar. Kepintaran seorang arsitek sudah terbukti dengan adanya gedung-gedung mewah yang ada dikota. Sementara itu, Budi adalah seorang arsitek. Maka dapat dikatakan Budi adalah arsitek yang pintar mengambar. 

(2) PU : Ovivar berkembang biak dengan cara bertelur.
      PK : Ayam adalah hewan ovivar.
      K   : Ayam berkembang biak dengan cara bertelur.

Paragraf
Semua hewan ovivar berkembang biak dengan cara bertelur. Sementara itu, Ayam adalah hewan yang termasuk jenis hewan ovivar. Oleh karena itu, ayam berkembang biak dengan cara bertelur.

(3) PU : Semua pilot sangatlah pandai
      PK : Joe adalah seorang pilot
      K : Maka Joe sangatlah pandai.
 
Paragraf
Semua pilot yang ada di dunia ini pasti sangatlah pandai. Kepintaran mereka sudah tidak diragukan lagi karena sudah terbukti dengan memiliki ratusan ribu jam terbang. Sementara itu, Joe adalah seorang pilot. Jadi bisa dikatakan bahwa Joe adalah orang yang sangat pandai.

(4) PU : Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan.
      PK : Kucing adalah hewan mamalia.
      K : Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan.
 
Paragraf
Semua hewan mamalia berkembang biak dengan proses mengandung, kemudian melahirkan. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kalenjar susu yang ada di bagian tubuhnya. Sementara itu, kucing adalah salah satu jenis hewan mamalia berkaki empat. Oleh karena itu, kucing berkembang biak dengan cara melahirkan.

2. Paragraf Entimen

Entimen adalah silogisme versi pendek. Entimen adalah bentuk silogisme yang premis umumnya tidak disebutkan, kemudian kesimpulan diikuti dengan premis khusus sebagai penyebab. Jadi entimen adalah kesimpulan dari silogisme. Jadi sebenarnya, entimen ini bukanlah suatu paragraf, akan tetapi lebih terlihat seperti sebuah kalimat kesimpulan. 

Rumus:

C = B, karena C = A

Contoh

PU : Semua karyawan kantor rajin bekerja.
PK : Dudu adalah karyawan kantor.
K   : Dudu rajin bekerja.

Entimen:  Dudu rajin bekerja, karena ia adalah karyawan kantor.

PU : Anak yang sholehah selalu rajin beribadah.
PK : Ani adalah anak yang sholehah.
K : Ani rajin beribadah.
 
Entimen: Ani rajin beribadah, karena ia anak sholehah.
 
PU : Murid yang rajin belajar selalu naik kelas.
PK : Jeje adalah murid yang rajin belajar.
K   : Jeje selalu naik kelas.

Entimen: Jeje selalu naik kelas, karena ia rajin belajar.


Baca juga: Definisi Poster, Jenis, dan Contoh Bahasa Poster Terbaik


Pengertian, Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen - Demikian adalah pengertian, contoh silogisme dan entimen. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua dalam mempelajari materi terkait silogisme maupun entimen baik mempelajari dirumah maupun di sekolah. Terima kasih.