Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia

Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia - Hai jumpa lagi dengan saya. Pada kesempatan pagi hari ini saya akan berbagi ilmu lagi nih, seputar materi bahasa Indonesia tentunya. Untuk itu simak sampai selesai ya teman yang budiman.
Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia
Puisi adalah sebuah karya sastra yang berbentuk tulisan yang didalamnya terkandung irama, rima, ritma dan lirik dalam setiap baitnya. Puisi memiki makna dan dapat mengungkapkan perasaan dari sang penyair yang dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun menggunakan struktur bahasa yang padat penuh makna. Puisi merupakan karya seni berupa tulisan yang menggunakan kualitas estetika (keindahan bahasa) sehingga berfokus pada bunyi, irama, dan penggunaan diksi. Puisi dapat dibagi menjadi dua jenis yakni puisi baru dan pusi lama. Masing masing dari puisi baru dan lama tersebut memiliki jenis-jenis dan ciri-ciri di dalamnya. Nah, pada artikel kali ini kita akan belajar mengenai pengertian dan ciri lengkap puisi terzina dalam bahasa Indonesia!

Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia

 

Pengertian Puisi Terzina

Puisi terzina merupakan salah satu jenis dari puisi baru yang di buat berdasarkan bentuknya. Puisi baru jenis terzina merupakan karya sastra yang muncul setelah jenis-jenis puisi lama. Puisi baru terzina ini biasa juga disebut dengan puisi modern dan munculnya hampir bersamaan dengan puisi kontemporer. Puisi baru terzina ini adalah puisi yang bebas dan tidak terikat dengan aturan-aturan, tidak seperti halnya dengan jenis-jenis dari puisi lama.

Puisi baru terzina bentuknya lebih bebas jika dibandingkan dengan puisi lama lainnya, bebas dalam segi jumlah suku kata, jumlah baris, maupun sajaknya. Biasanya, untuk nama pengarang dari puisi baru terzina ini sudah diketahui dan sudah dicantumkan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI terzina/ter·zi·na/ /térzina/ n Sas adalah sajak yang terdiri atas tiga baris seuntai.

Setelah pemaparan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa, puisi terzina adalah salah satu jenis puisi baru yang di setiap baitnya terdiri dari tiga baris atau biasa disebut puisi tiga seuntai yang bersajak a-a-a, a-a-b, dan a-b-b yang bebas dan tidak terikat oleh aturan-aturan.
Ciri-ciri Puisi Terzina
  1. Tidak ada aturan terhadap jumlah suku kata, kata, baris, rima (sajak) atau jumlah bait dalam pembuatannya.
  2. Bentuk tertulis rapi dan simetris.
  3. Rimanya a-a-a, a-a-b, dan a-b-b.
  4. Penulis dapat diketahi namanya.
  5. Memiliki ajak 3 seuntai, tiap satu bait dalam puisi terdiri dari 3 baris.
  6. Bentuk antar bait dapat berbeda antara yang satu dengan yang lain, tetapi isinya tetap berhubungan.
Berikut di bawah ini saya tampilkan contoh puisi terzina:

Dalam ribaan bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Mengharum bagai cendana

Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari

Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia - Demikian ulasan mengenai pengertian dan ciri lengkap puisi terzina dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu teman sekalian dalam mempelajari materi tentang puisi terzina. Pembaca juga bisa mengunjungi Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Subjektif dan Objektif Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Fisikan, Platonik dan Metafisik dalam Bahasa Indonesia, Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia, & Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Kunjungi terus www.kamusbahasaindonesiaku.com. Sekian dari saya, dan terimakasih!