Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia

Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia - Selamat malam teman-teman. Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai puisi quatrain yang tentunya akan membantu teman-teman sekalian dalam menambah wawasan mengenai bahasa Indonesia.
Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia
Puisi adalah sebuah karya sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik dan bait, serta penuh makna. Puisi mengungkapkan sebuah pikiran dan perasaan sang penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan kekuatan bahasa dengan struktur fisik dan struktur batinnya. Puisi mengutamakan bunyi, bentuk dan juga makna yang ingin disampaikan ke pendengar yang mana makna sebagai bukti puisi baik jika terdapat makna yang mendalam dengan memadatkan segala unsur bahasa. Puisi merupakan seni tertulis menggunakan bahasa sebagai kualitas estetiknya (keindahan). Puisi dibedakan menjadi dua yaitu puisi lama dan juga puisi baru. Pada artikel kali ini saya akan mengajak teman sekalian untuk belajar mengenai salah satu jenis dari puisi baru yang berdasarkan bentuknya, yaitu penjelasan dan ciri lengkap puisi quatrain dalam bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini ya!

Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia

 

Pengertian Puisi Quatrain

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) "Quatrain" adalah  syair empat baris yang bersajak a-b-a-b, a-a-a-a, atau a-a-b-b. Puisi quatrain merupakan salah satu jenis dari puisi baru yang di buat berdasarkan bentuknya. Puisi baru jenis quatrain ini merupakan karya sastra yang muncul setelah jenis-jenis puisi lama. Puis quatrain juga bisa disebut dengan puisi modern dan munculnya hampir bersamaan dengan puisi kontemporer. Puis quatrain adalah puisi yang bebas dan tidak terikat dengan aturan-aturan, tidak seperti halnya dengan jenis-jenis dari puisi lama.

Puisi baru quatrain bentuknya lebih bebas jika dibandingkan dengan puisi lama, bebas dalam segi jumlah suku kata, jumlah baris, maupun sajaknya. Biasanya, untuk nama pengarang dari puisi baru quatrain ini sudah diketahui dan sudah dicantumkan. Dari penjelasan di atas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa puisi quatrain adalah sajak empat seuntai yang setiap baitnya terdiri atas empat baris dengan sajak a-b-a-b, a-a-a-a, atau a-a-b-b dan bentuknya tidak terikat oleh aturan-aturan. 

Ciri-Ciri Puisi Quatrain

  1. Memiliki bentuk yang rapi, simetris
  2. Persajakan akhir yang teratur dengan pola a-b-ab, a-a-a-a, atau a-a-b-b.
  3. Memiliki empat seuntai atau baris di setiap baitnya.
  4. Di tiap gatranya terdiri dari dua kata (pada umumnya) : 4-5 suku kata.
Agar teman sekalian lebih paham, berikut saya tampilkan contohnya:

Asal Muasal Pelukan

Karya: Candra Malik

Tuhan menciptakan manusia
dari tempat persembunyian-Nya
di mana tidak ada siapa pun
melihat-Nya meramu lamun
Dari segenggam sunyi,
dijadikan-Nya segumpal hati.
Dari ramai cuma sekepal,
dicipta-Nya sebongkah akal.

Tetapi Tuhan seperti sengaja
membuat hati tidak sempurna.
Dari dada yang menyimpan kalbu,
direnggut-Nya tulang rusuk satu.

Tuhan menyebut manusia
yang terluka itu sebagai laki-laki
Lalu dari luka itulah wanita
dicipta bagai permata sanubari.

Digegar oleh detak jantung
laki-laki tak kuat menanggung.
Dari sinilah awal mula doa:

“Tuhan, kami ingin bahagia.”
Di mana letak kesabaran,
jika bukan di dalam dada?
Di mana syukur diletakkan,
jika bukan di dalam dada?

Tetapi, dada tak sempurna
sejak satu tulang rusuknya pergi.
Segala yang dilihat dari fana,
hanya kerinduanlah yang abadi.

Tanpa permpuan di sisinya,
laki-laki hanya memeluk udara.
Padahal pun bagi perempuan,
lelaki itu asal muasal pelukan.

Jakarta, Maret 2016

Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia - Demikian penjelasan dan ciri lengkap puisi quatrain. Semoga dapat membantu teman sekalian dalam mempelajari materi mengenai puisi quatrain. Pembaca juga bisa mengunjungi Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia, Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Subjektif dan Objektif Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Fisikan, Platonik dan Metafisik dalam Bahasa Indonesia, Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia,  & Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Oke gaes, cukup sekian pembahasan ini. Maaf apabila terjadi kesalahan dalam penulisan. Sekian dan terimakasih!