Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia - Oke bertemu lagi dengan saya lagi. Saya harap teman sekalian tidak bosan ya, hehhe. Pada kesempatan pagi hari ini saya akan mengajak teman sekalin untuk mengupas tuntas tentang apa itu pengertian dari puisi distikon dalam bahasa Indonesia di blog ini yang tentunya akan membantu teman-teman semua dalam mempelajari materi tentang puisi distikon. Untuk itu, terus simak sampai selesai ya teman. hehe
Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia
Puisi sudah kita sering dengar ya teman, ketika saat di bangku sekolah, tapi apakah teman-teman masih ingat apa itu yang dimaksud dengan puisi? yap benar sekali, puisi adalah sebuah karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh dengan makna. Puisi memiliki berbagai jenis, misalnya saja puisi subjektif, objektif, fisikan, distikon, dan lainnya. Kebetulan disini saya hanya akan menjelaskan tentang puisi distikon, maka saya hanya hanya akan menjelaskan puisi distikon ya teman sekalian, hehe. Oke, langsung saja berikut di bawah ini penjelasan terlengkap tentang apa itu pengertian dari puisi distikon!

Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia

 

Puisi Distikon

Distikon merupakan salah satu jenis puisi baru berdasarkan bentuknya. Puisi baru merupakan karya sastra yang muncul setelah puisi lama. Puisi baru distikon ini biasa juga disebut dengan puisi modern dan munculnya hampir bersamaan dengan puisi kontemporer.

Puisi baru distikon ini adalah puisi yang bebas dan tidak terikat dengan aturan-aturan, tidak seperti halnya dengan jenis-jenis puisi lama. Karena, puisi baru distikon ini bentuknya lebih bebas dibanding jenis-jenis dari puisi lama, bebas dalam segi jumlah suku kata, jumlah baris, maupun sajaknya. Biasanya, untuk nama pengarang dari puisi baru ini sudah diketahui dan sudah dicantumkan.

Kata distikon atau /dis·ti·kon/ n Sas berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia adalah puisi yang setiap baitnya terdiri atas dua baris, biasanya berirama akhir; kuplet tertutup. Dari penjelasan di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa puisi distikon adalah puisi yang tiap baitnya terdiri terdiri atas dua baris atau disebut puisi dua seuntai dan bersajak a-a yang bersifat bebas dan tidak terikat dengan aturan-aturan. Berikut saya tampilkan contohnya agar teman sekalian lebih paham.

Contoh
Berkali kita gagal
Ulangi lagi dan cari akal
Berkali-kali kita jatuh
Kembali berdiri jangan mengeluh

 
(Or. Mandank)

Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia - Demikian pembahasan lengkap mengenai pengertian dari puisi distikon. Semoga dapat membantu teman sekalin untuk memahami apa itu puisi distikon. Penulis juga menyiapkan artiket terkait pengertian puisi lainnya, pembaca bisa mengunjungi Pengertian Puisi Subjektif dan Objektif Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Fisikan, Platonik dan Metafisik dalam Bahasa Indonesia, Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia, & Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Oke terimakasih dan sampai jumpa!