Pengertian Lengkap tentang Contoh Puisi Quint dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Lengkap tentang Contoh Puisi Quint dalam Bahasa Indonesia -  Hai gaes, apa kabar kalian semua? semoga baik selalu ya, amin. Oke, pada kesempatan sore ini saya akan membahas mengenai puisi lagi ya, hehe. Sore ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis dai puisi baru, yaitu puisi quint yang tentunya akan sangat membantu teman sekalian dalam memahami tentang puisi quint khususnya.
Pengertian Lengkap tentang Contoh Puisi Quint dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Pengertian Lengkap tentang Contoh Puisi Quint dalam Bahasa Indonesia
Puisi adalah bentuk karya sastra yang terikat oleh irama, rima dan penyusun bait dan baris yang bahasanya terlihat indah dan penuh makna. Puisi terbagi menjadi dua, yaitu puisi lama dan puisi baru (modern). Puisi lama masih terikat dengan jumlah baris, bait, ataupun rima (sajak), tetapi jika puisi baru tidak terikat oleh bait, jumlah baris, atau sajak dalam penulisannya. Sehingga puisi baru disebut juga dengan puisi bebas. Di dalam puisi lama dan baru memiliki beberapa jenis puisi di dalamnya. pantun, seloka, syair adalah jenis dari puisi lama, sedangkan puisi quint, quatrain, septima, stanza, dan jenis puisi baru lainnya merupakan jenis-jenis dari puisi baru berdasarkan bentuknya. Nah di blog ini saya akan menjelaskan pengertian lengkap tentang contoh puisi quint dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, perhatikan di bawah ini ya teman!

Pengertian Lengkap tentang Contoh Puisi Quint dalam Bahasa Indonesia

 

Pengertian

Quint adalah sajak atau puisi yang terdiri atas lima baris di setiap baitnya dan memiliki sajak a-a-a-a-a dan tidak terikat oleh aturan-aturan seperti puisi lama.

Contoh Puisi Quint

 

HANYA KEPADA TUAN

Satu-satu perasaan
Yang saya rasakan
Hanya dapat saya katakan
kepada Tuan
Yang pernah merasakan

Satu-satu kegelisahan
Yang saya rasakan
Hanya dapat saya kisahkan
kepada Tuan
Yang pernah di resah gelisahkan

Satu-satu desiran
Yang saya dengarkan
Hanya dapat saya syairkan
kepada Tuan

Satu-satu kenyataan
Yang saya didustakan
Hanya dapat saya nyatakan
kepada Tuan

(Or. Mandank)

Penjelasan:

Dari contoh puisi quint yang berjudul "HANYA KEPADA TUAN" karya Or. Mandank di atas memiliki 5 bait yang tiap-tiap baitnya memiliki 5 baris kalimat yang di ungkapkan. Dalam puisi di atas juga memiliki pola n-n-n-n sama seperti pola yang sudah dijelaskan yaitu puisi quint memiliki pola a-a-a-a di setiap akhir kalimat yang di ungkapkan dalam puisi.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa puisi adalah sebuah karya sastra yang di ungkapkan oleh penyair baik itu dalam kebahagiaan, kesedihan, dan lainnya. Dalam ungkapan puisi yang berjudul "HANYA KEPADA TUAN" di atas memiliki makna bahwa seseorang penyair tersebut sedang mengalami kegelisahan, dan menunjuk kepada Tuan yang Maha Mengetahui yaitu Tuhan.


Pengertian Lengkap tentang Contoh Puisi Quint dalam Bahasa Indonesia - Demikian adalah penjelasan pengertian lengkap tentang contoh puisi quint dalam bahasa Indonesia. Semoga dapat membantu teman sekalian dalam memahami materi mengenai puisi quint. Penulis menyiapkan artikel terkait puisi yang bisa teman sekalian kunjungi seperti Apa itu puisi septima dalam bahasa Indonesia, Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Quatrain dalam Bahasa Indonesia, Pengertian dan Ciri Lengkap Puisi Tezina dalam Bahasa Indonesia, Pengertian Lengkap Puisi Distikon dalam Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Subjektif dan Objektif Bahasa Indonesia, Pengertian Puisi Fisikan, Platonik dan Metafisik dalam Bahasa Indonesia, Apa itu puisi dramatik dalam bahasa Indonesia, & Apa itu puisi satirik dalam bahasa Indonesia. Cukup sekian dari saya, dan sampai jumpa!