Penjelasan Pantun Teka-Teki, Contoh Pantun dan Jawabannya

Penjelasan Pantun Teka-Teki, Contoh Pantun dan Jawabannya - Halo bro dan sis, selamat siang. Di pembahasan kali ini kami akan menyampaikan materi tentang pantun teka-teki. Bermain game memang sangat menyenangkan, kalau pada tahun 90-an, game yang sering kita jumpai yaitu seperti bermain karet, hitungan sumput, ingkling, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk saat ini, permainan yang sering kita jumpai dirangkum dalam handphone, waw simpel ya. Dalam pembahasan ini, game yang umum sering kita jumpai di keseharian akan digabungkan kedalam pantun teka-teki. Tentu teman-teman sudah tau apa itu pantun tekateki di artikel yang sudah kita bahasa sebelumnya ya, yaitu di artikel yang berjudul Apa Itu Pantun Jenaka dan Contoh Pantun Jenaka dalam Bahasa Indonesia. Nah, maksud dari pantun teka-teki yang akan kita bahas sekarang ini adalah si pelaku pantun menyampaikan pantunnya yang membuat pendengarnya bermain dengan menggunakan otak atau sambil berfikir.
Penjelasan Pantun Teka-Teki, Contoh Pantun dan Jawabannya
Google Image - Penjelasan Pantun Teka-Teki, Contoh Pantun dan Jawabannya
Oke teman-teman, langsung saja ya kita masuk kepembahasan tentang penjelasan pantun teka-teki beserta contoh pantun dan jawabannya yang semoga saja dapat membantu teman sekalian dalam memecahkan permasalahan tentang pantun teka teki baik di rumah ataupun di sekolah. Simak baik-baik ya teman!

Penjelasan Pantun Teka Teki, Contoh Pantun dan Jawabannya

 

Definisi Pantun Teka-Teki

Pantun teka teki adalah pantun yang berisikan teka-teki dan dapat digolongkan sebagai salah satu jenis permainan dalam karya sastra dengan menggunakan otak.

Pantun ini juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut diantaranya yakni: adaya pertanyaan pada larik terakhir yang membuatnya menjadi tertarik untuk dijawab, pertanyaan ini biasanya terletak di baris ke 3 dan ke 4 atau terdapat di bagian akhir pantun.

Pantun teka teki ini sangat menarik sekali selain ingin mengharapkan jawabannya,Tujuan dari pantun ini umumnya untuk hiburan dan mengakrabkan kebersamaan. Selain selain dapat menghibur, pantun ini juga dapat memicu untuk berfikir serta bisa sebagai hiburan di waktu senggang buat bercanda sama teman. Adapun pantun di bawah ini kami tampilkan contoh pantun teka teki dan jawabannya agar teman-teman bisa lebih paham.

Contoh Pantun Teka Teki Dan Jawabannya

Contoh 1:
Burung nuri burung dara
Terbang ke sisi taman
kayangan
Cubalah cari wahai saudara
Makin diisi makin ringan.??
(Jawabannya: Balon)

Contoh 2:
Kalau tuan bawa keladi
Bawa juga sipucuk rebung
Kalau tuan bijak bestari
binatang apa tandung di hidung.??
(Jawabannya: Badak)

Contoh 3:
Mulut manis hati nak baik
Itulah amalan turun temurun
Benda apa yang akan naik
Apabila  hujan turun.??
(Jawabannya: Payung)

Contoh 4:
Tinggi duduk di atas sekali
Bukan bulan bukan matahari
Bila malam ia berseri
Bila siang ia berganti.??
(Jawabannya: Bintang)

Contoh 5:
Hidup aman di dalam kota
Ada pemimpin bernama raja
Buruh-buruh rajin bekerja
Sering bertugas setiap masa.??
(Jawabannya: Semut)

Contoh 6:
Tarik pukat dari pangkalan
Gula Melaka dibuat inti
Bila diikat ia berjalan
Bila dibuka ia berhenti.??
(Jawabannya: Sepatu Bertali)

Contoh 7:
Ada tubuh ada tangan
Tiada kepala tiada kaki
Sangat berguna waktu hujan
Apakah dia yang dimaksudkan ini
(Jawabannya: Jas Hujan)

Contoh 8:
Si siti bersama anak lelaki
Duduk makan kerupuk lekor
Yang mengejar tidak berkaki
Yang dikejar tiada berekor.??
(Jawabannya: Ular dan Katak)

Contoh 9:
Walau dibungkus bukan kiriman
Sudah takdir Allah yang satu
Meski ditanam bukan tanaman
Cobalah teka apakah itu.??
(Jawabannya: Mayat/jenazah)

Penjelasan Pantun Teka-Teki, Contoh Pantun dan Jawabannya - Demikian adalah penjelasan pantun teka-teki beserta contoh dan jawabannya. Maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata diartikel ini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog tercinta kami. Jika teman-tema ingin membaca materi seputar puisi lainnya, teman-teman bisa mengunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com.