12 Contoh Kalimat Aktif Berpola S-P-O dalam Bahasa Indonesia

12 Contoh Kalimat Aktif Berpola S-P-O dalam Bahasa Indonesia - Ada banyak sekali jenis pola kalimat dalam bahasa Indonesia, dan pada pertemuan kita pagi ini kita akan membahas beberapa contoh kalimat aktif berpola S-P-O. Tentu saja pasti kalian sudah tidak asing lagi kan denganjenis kalimat pola tersebut, karena memang kalimat aktif berpola S-P-O sering sekali kita gunakan dalam keseharian kita. Misalnya "Ayah pergi ke kantor". Itulah adalah salah satu contoh kalimat aktif berpola S-P-O dalam bahasa Indonesia.
12 Contoh Kalimat Aktif Berpola S-P-O dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 12 Contoh Kalimat Aktif Berpola S-P-O dalam Bahasa Indonesia
Kalimat aktif berpola S-P-O adalah suatu kalimat yang memiliki pola S-P-O. S-P-O, S sebagai subjek menunjukan orang, hewan, benda, tumbuhan, dll, P sebagai predikat menunjukan kata kerja atau sebuah aksi, O sebagai objek menujukan penderita dari perbuatan subjek. Nah, sekarang sudah tahu kan apa itu S, O, dan P?. Setelah kita mengetahui apa itu, S,P, dan O, tentunya teman-teman sudah dengan mudah jika diminta untuk membuat contoh kalimatnya. Oke, agar teman-teman lebih paham lagi, mari kita simak penjelasan beberapa contonya di berikut ini.


12 Contoh Kalimat Aktif Berpola S-P-O dalam Bahasa Indonesia

Adapun beberapa contoh kalimat aktif berpola S-P-O adalah sebagai berikut:

1. Adik makan nasi goreng.
      S         P            O
Adi sebagai subjek menunjukan orang, lalu makan menunjukan sebuah kata kerja, dan nasi goreng menunjukan objek.

2. Rani dan Sinta mengerjakan PR.
             S                      P            O
Rani dan Sinta sebagai subjek menunjukan orang, lalu mengerjakan menunjukan sebuah kata kerja, dan PR menunjukan sebagai objek.

3. Andi sedang bermain mobil-mobilan.
      S                 P                    O
Andi sebagai subjek menunjukan orang, lalu sedang bermain menunjukan sebuah kata kerja, dan mobil-mobilan menunjukan sebagai objek.

4. Ibu guru sedang menjelasan pelajaran matematika.
          S                    P                            O
Ibu guru sebagai subjek menunjukan orang, lalu sedang menjelasakan menunjukan sebuah kata kerja, dan pelajaran matematika menunjukan sebagai objek.

5. Seluruh siswa dan siswi SMA 01 Tunas Bangsa membersihkan kelasnya.
                                        S                                                  P                  O
Seluruh siswa dan siswi SMA 01 Tunas Bangsa sebagai subjek menunjukan orang, lalu membersihkan menunjukan sebuah kata kerja, dan kelasnya menunjukan sebagai objek.
 
6. Bibi sedang menyiram bunga.
      S                P                  O
Bibi sebagai subjek menunjukan orang, lalu menyiram menunjukan sebuah kata kerja, dan bunga menunjukan sebagai objek.
 
7. Pohon itu tersambar petir.
      S             P         O
Pohon itu sebagai subjek menunjukan  tumbuhan, lalu tersambar menunjukan sebuah kata kerja, dan petir menunjukan sebagai objek.

8. Bapak-bapak warga Kampung Rambutan membersihakan got-got yang tersumbat.                                                        S                        P                             O
Bapak-bapak warga Kampung Rambutan sebagai subjek menunjukan orang, lalu membersihkan menunjukan sebuah kata kerja, dan got-got yang tersumbat menunjukan sebagai objek.

9. Adik dan kakak sedang bermain sepeda.         
               S                         P                O
Adik dan kakak sebagai subjek menunjukan orang, lalu sedang bermain menunjukan sebuah kata kerja, dan sepeda menunjukan sebagai objek.

10. Sisi sedang membuat kerajinan tangan.
        S               P                        O
Sisi sebagai subjek menunjukan orang, lalu membuat menunjukan sebuah kata kerja, dan kerajinan tangan menunjukan sebagai objek.

11. Milea sedang membaca buku pelajaran.
          S                P                        O
Milea sebagai subjek menunjukan orang, lalu membaca menunjukan sebuah kata kerja, dan buku pelajaran menunjukan sebagai objek.

12. Semua tim A dan B harus berputar melewati lapangan.
                    S                                P                           O
Semua tim A dan B sebagai subjek menunjukan orang, lalu harus berputar melewati menunjukan sebuah kata kerja, dan lapangan menunjukan sebagai objek.
 

12 Contoh Kalimat Aktif Berpola S-P-O dalam Bahasa Indonesia - Demikian adalah beberapa contoh kalimat aktif berpola S-P-O dalam bahasa Indonesia. Mudah dipahami bukan? semoga saja bermanfaat ya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Jika teman-teman ingin mengetahui jenis kalimat berpola lainnya terus pantengin saja blog www.kamusbahasaindonesiaku.com. Sekian yang dapat kami sampaikan maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan kata di artikel ini. Selamat belajar!