12 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia

12 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia - Kalimat negatif, positif dan imperatif merupakan jenis kalimat yang terbentuk berdasarkan fungsinya. Di artikel ini kita akan membahas mengenai kalimat negatif, posotif, dan imperatif. Apakah anda tahu apa itu kalimat negatif, positif, dan imperatif? 
12 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 12 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia
Oleh sebab itu, maka di sini kami akan memberikan pengertian beserta contohnya agar anda menjadi tahu dan paham tentang apa itu kalimat negatif, positif, dan imperatif. Sebenarnya kalimat negatif, positif, dan imperatif merupakan suatu kalimat yang sering kita gunakan dalam setiap kegiatan kita loh, tetapi kalian mungkin hanya tidak tahu kalimat-kalimat tersebut termasuk ke dalam kalimat apa, ya kan? dan mungkin saja kalimat ini sudah dijelaskan oleh bapak dan ibu kalian di sekolah tetapi kalian lupa. hehe Oke teman-teman, kita langsung saja ya. Berikut penjelasan beserta beberapa contohnya.

12 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia

 

Kalimat Negatif, Positif dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia


1. Kalimat Negatif

Kalimat yang memiliki fungsi yang pertama yaitu kalimat negatif. Kalimat negatif berlawanan dengan kalimat positif. Kalimat negatif adalah suatu kalimat yang digunakan untuk menyangkal. Pada kalimat negatif biasanya menggunakan kata-kata seperti: bukan dan tidak. Berikut di bawah ini adalah beberapa contohnya:
  • Kalian pasti tidak percaya bahwa Andi kemarin mendapatkan hadiah mobil dari salah satu kuis ditelevisi.
Pada contoh kalimat negatif di atas yaitu menggunakan ciri kata tidak yang mengidentikan kalimat negatif. Contoh kalimat tersebut menyangkal suatu kalimat dengan suatu anggapan bahwa pasti kalian tidak percaya.  
  • Bukan aku tidak mau menolongmu, tetapi kamu sudah punya teman yang sangat baik disana.
Pada contoh kalimat negatif di atas yaitu menggunakan ciri kata bukan yang mengidentikan kalimat negatif. Contoh kalimat tersebut menyangkal suatu perbuatan baik yang akan dilakukan namun tidak jadi dilakukan hanya karena ia sudah mempunyai teman yang sangat baik disana.

2. Kalimat Positif

Kalimat positif adalah suatu kalimat yang ditandai dengan tidak adanya suatu kata penyangkalan seperti tidak dan bukan seperti pada kalimat negatif, tetapi ditandai dengan kata seperti: telah, akan, dan sedang. Berikut di bawah ini beberapa contohnya: 
  • Rudi sedang mengendarai sepeda untuk sampai ke sekolah.
Pada contoh kalimat positif di atas yaitu menggunakan ciri kata sedang yang mengidentikan kalimat positif. Contoh kalimat tersebut memberikan suatu informasi bahwa Rudi sedang mengendarai sepeda untuk sampai ke sekolah waktu itu.
  • Ayah akan membelikanku sepeda mini berwarna pink jika aku mendapatkan juara umum di semester ini.
Pada contoh kalimat positif di atas yaitu menggunakan ciri kata akan yang mengidentikan kalimat positif. Contoh kalimat tersebut memberikan suatu informasi bahwa ayahnya akan membelikannya hadiah jika ia mendapatkan juara umum.

3. Kalimat Imperatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian kalimat imperatif adalah kalimat yang bersifat memerintah atau memberi komando. Kalimat imperatif ini bersifat mengharuskan atau wajib. Dengan kata lain, kalimat imperatif adalah kalimat yang di dalamnya mengandung perintah. Kalimat ini berfungsi untuk meminta / melarang seseorang untuk melakukan kegiatan/aktifitas tertentu.

Adapun jenis kalimat imperatif terbagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

a. Kalimat Imperatif Halus
Kalimat imperatif halus adalah kalimat perintah yang di dalam penulisannya menggunakan kata-kata yang dianggap sopan. Kata yang biasa digunakan seperti: tolong, cobalah, silahkan, dan sekiranya.

Contoh:
  • Cobalah makanan ini, mungkin kamu menyukainya !
  • Silahkan masuk dalam ruangan itu !

b. Kalimat Imperatif Transitif
Kalimat imperatif transitif adalah kalimat yang berpredikat verba transitif, mirip dengan konstruksi pada kalimat deklaratif.

Contoh:
  • Belikanlah ayahmu jam tangan baru !

c. Kalimat Imperatif Taktransitif 
Kalimat imperatif taktransitif adalah kalimat yang dibentuk dari kalimat deklaratif yang dapat berpredikat verba dasar, frasa adjektif, dan frasa verba yang berprefiks meng- dan ber- ataupun frasa preposisional.

Contoh: 
  • Diam semuanya ! 

d. Kalimat Imperatif Ajakan dan Harapan
Kalimat imperatif ajakan dan harapan adalah kalimat perintah yang didalamnya berisi kata ajakan. Biasanya diawali dengan kata ayo, mari, harap, dan hendaknya.

Contoh:
  • Marilah kita membersihkan lingkungan sekitar !

e. Kalimat Imperatif Permintaan
Kalimat imperatif permintaan adalah kalimat perintah yang ditandai dengan adanya kata mohon dan minta. Subjek pelaku kalimat imperatif permintaan adalah pembicara yang sering tidak diperlihatka.

Contoh:
  • Mohon maaflah kepada kedua orang tuamu !

f. Kalimat Imperatif Pembiaran
Kalimat imperatif pembiaran adalah kalimat perintah yang dinyatakan dengan kata biarkan dan biar. Kalimat ini adalah kebalikan dari kalimat imperatif larangan. Kalimat imperatif pembiaran dapat diartikan membiarkan sesuatu terjadi atau berlangsung.

Contoh:
  • Biarkan saja dia pergi jauh !

g. Kalimat Imperatif Larangan
Kalimat imperatif larangan adalah kalimat perintah yang berisi larangan dengan ditandai dengan kata jangan.

Contoh:
  • Janganlah membuang sampah sembarangan ! 


12 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Imperatif dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa penjelasan singkat beserta contohnya. Semoga bermanfat ya untuk anda semua. Terima kasih sudah berkunjung diblog kami. Selamat belajar!