14 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia

14 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia - Kalimat negatif, positif dan interogatif merupakan jenis kalimat yang terbentuk berdasarkan fungsinya. Di artikel ini kita akan membahas mengenai kalimat negatif, positif, dan interogatif. Apakah anda tahu apa itu kalimat negatif, positif, dan interogatif? 
14 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 14 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia
Oleh sebab itu, maka di sini kami akan memberikan pengertian beserta contohnya agar anda menjadi tahu dan paham tentang apa itu kalimat negatif, positif, dan interogatif. Sebenarnya kalimat negatif, positif, dan interogatif merupakan suatu kalimat yang sering kita gunakan dalam setiap kegiatan kita loh, tetapi kalian mungkin hanya tidak tahu kalimat-kalimat tersebut termasuk ke dalam kalimat apa, ya kan? dan mungkin saja kalimat ini sudah dijelaskan oleh bapak dan ibu kalian di sekolah tetapi kalian lupa. hehe Oke teman-teman, kita langsung saja ya. Berikut penjelasan beserta beberapa contohnya.


14 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia

 

Kalimat Negatif, Positif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia


1. Kalimat Negatif
Kalimat yang memiliki fungsi yang pertama yaitu kalimat negatif. Kalimat negatif berlawanan dengan kalimat positif. Kalimat negatif adalah suatu kalimat yang digunakan untuk menyangkal. Pada kalimat negatif biasanya menggunakan kata-kata seperti: bukan, tidak, dan belum. 

Berikut di bawah ini adalah beberapa contohnya:
  • Kalian pasti tidak percaya bahwa Andi kemarin mendapatkan hadiah mobil dari salah satu kuis ditelevisi.
Pada contoh kalimat negatif di atas yaitu menggunakan ciri kata tidak yang mengidentikan kalimat negatif. Contoh kalimat tersebut menyangkal suatu kalimat dengan suatu anggapan bahwa pasti kalian tidak percaya. 
  • Bukan aku tidak mau menolongmu, tetapi kamu sudah punya teman yang sangat baik disana.
Pada contoh kalimat negatif di atas yaitu menggunakan ciri kata bukan yang mengidentikan kalimat negatif. Contoh kalimat tersebut menyangkal suatu perbuatan baik yang akan dilakukan namun tidak jadi dilakukan hanya karena ia sudah mempunyai teman yang sangat baik disana.
  • Bukan harta yang kami butuhkan saat ini, tetapi kasih sayang dari seorang Ibu yang kami butuhkan.
Pada contoh kalimat negatif di atas yaitu menggunakan ciri kata bukan yang mengidentikan kalimat negatif. Contoh kalimat tersebut menyangkal suatu anggapan bahwa ia bukan membutuhkan harta tetapi kasih sayang dari seorang ibu.
  • Bagaimana Anda tidak telat datang ke kantor kalau setiap hari pasti selalu bangun kesingangan?
Pada contoh kalimat negatif di atas yaitu menggunakan ciri kata tidak yang mengidentikan kalimat negatif. Contoh kalimat tersebut memberikan pertanyaan menyangkal bahwa bagaimana tidak telat kalau ia bangun pagi pasti keksiangan.

2. Kalimat Positif 

Kalimat positif adalah suatu kalimat yang ditandai dengan tidak adanya suatu kata penyangkalan seperti tidak dan bukan seperti pada kalimat negatif, tetapi ditandai dengan kata seperti: telah, akan, dan sedang. 

Berikut di bawah ini beberapa contohnya:
  • Rudi sedang mengendarai sepeda untuk sampai ke sekolah.
Pada contoh kalimat positif di atas yaitu menggunakan ciri kata sedang yang mengidentikan kalimat positif. Contoh kalimat tersebut memberikan suatu informasi bahwa Rudi sedang mengendarai sepeda untuk sampai ke sekolah waktu itu.
  • Ayah akan membelikanku sepeda mini berwarna pink jika aku mendapatkan juara umum di semester ini.
Pada contoh kalimat positif di atas yaitu menggunakan ciri kata akan yang mengidentikan kalimat positif. Contoh kalimat tersebut memberikan suatu informasi bahwa ayahnya akan membelikannya hadiah jika ia mendapatkan juara umum.


3. Kalimat Interogatif

Kalimat yang memiliki fungsi yang terakhir yaitu kalimat interogatif. Interogatif berasal dari kata interogasi yang berarti pertanyaan. Kalimat interogatif adalah suatu kalimat yang di dalamnya mengandung sebuah pertanyaan. Kalimat ini bertujuan untuk menanyakan suatu dan untuk mendapatkan informasi dari orang lain. Kalimat interogatif dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban Ya/Tidak dan kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban berupa informasi. Adapun kata yang digunakan dalam kalimat interogatif yaitu berupa: apa, siapa, mana, berapa, dan kapan. Jawaban yang digunakan dalam kalimat interogatf ini dapat berupa pengakuan, keterangan, alasan atau pendapat dari pihak pendengar atau pembaca (Chaer, 2009:189).

a. Contoh kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban Ya/Tidak:
  • Apakah kau menyukai kucing yang berwarna kuning keemasan itu?
  • Apakah kau menyukai makan-makanan khas Jawa?
  • Setelah lulus sekolah di SMP ini apakah kau akan melanjutkan sekolah lagi
  • Bukankah ibumu selalu memasakkan nasi goreng untukmu?

b. Contoh kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban berupa informasi.
  • Bagaimana bisa kecelakaan maut itu bisa terjadi?
  • Bagaimana caranya agar roti itu dapat mekar layaknya seperti bunga?
  • Makanan apa yang kau sukai setelah bakso dan sate?
  • Kenapa kau selalu menyukai pelajaran bahasa Indonesia?

14 Contoh Kalimat Negatif, Positif, dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa contoh kalimat negatif, positif, dan interogatif untuk anda. Semoga menjadi sumber anda dalam mencari refrensi untuk belajar. Terima kasih dan selamat belajar!