15 Contoh Kalimat Sapaan Hormat dalam Bahasa Indonesia

15 Contoh Kalimat Sapaan Hormat dalam Bahasa Indonesia - Hai teman, selamat malam. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa menyapa memanglah suatu ciri khas kebiasaan yang ada di diri setiap orang Indonesia. Sampai-sampai warga negara asingpun mengagap bahwa orang Indonesia itu sangat ramah, mudah akrab dan mudah bergaul dengan orang-orang baru yang ada disekitarnya. Ciri khas sapaan orang Indonesia itu biasanya dilakukan dengan tersenyum kemudian berjabat tangan, dan bahkan mencium tangan karena hanya ingin menghormati yang lebih tua darinya. Hal ini berbeda dengan warga negara asing yang kebanyakan sibuk mengurusi urusan hidupnya masing-masing. Layaknya seperti "Elo ya elo, gua ya gua" kalau dalam bahasa gaulnya. Hal tersebut dikarenakan warga negara asing menganggap bahwa waktu adalah uang atau time is money dalam bahasa Inggrisnya. Sehingga tidaklah heran hidup di negara lain itu memanglah keras atau sulit.
15 Contoh Kalimat Sapaan Hormat dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 15 Contoh Kalimat Sapaan Hormat dalam Bahasa Indonesia
 
Oleh sebab itu, maka disini kami akan mengajak teman-teman untuk belajar mengenai beberapa contoh kalimat sapaan hormat. Tidak berbeda jauh dengan yang sudah kita bicarakan dalam paragraf sebelumnya, pada kalimat sapaan hormat kali ini hanya saja digunakan untuk acara formal yaitu yang biasanya kalimat sapaan hormatnya di tujukan untuk orang-orang yang tertentu saja, misal para hadirin yang sudah bersedia hadir di dalam acara tertentu, ataupun orang-orang yang memang harus diberikan sapaan hormat. Kalimat sapaan hormat ini sering kita jumpai di suatu agenda rapat, pertemuan, penyambutan, dan lain sebagainya. Oke, langsung saja mari kita simak beberapa contoh kalimat sapaan hormat berikut ini.


15 Contoh Kalimat Sapaan Hormat dalam Bahasa Indonesia

Adapun beberapa contoh kalimat sapaan hormat dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Selamat datang Tuan. Mari, saya bantu membawa barang-barang bawaan tuan!

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu menyambut tamu dan memperlakukan tamu tersebut layaknya seorang raja. Kalimat tersebut sering kita jumpai saat di hotel dan di tempat yang sejenis lainnya.

2. Selamat malam Tuan dan Nyonya. Mari, silakan cicipi hidangan yang telah kami sediakan!

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu tak beda jauh dari contoh ke satu yaitu memperlakukan tamu layaknya seorang raja dan ia mempersilahkan tamu tersebut untuk menyicipi hidangan yang sudah di sediakan.

3. Selamat pagi para hadirin. Mari, kita mulai saja agenda rapat kita pagi ini!

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan hormat yang digunaakan saat-saat akan dimulainya agenda rapat.

4. Selamat datang para tamu undangan sekalian. Kami persilakan untuk duduk di tempat yang sudah kami sediakan.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu sapaan hormat untuk menyambut para tamu undangan dalam suatu acara.

5. Selamat datang Bapak. Mari, saya antar bapak ke ruang pertemuan!
 
Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu sapaan hormat untuk menyambut seorang tamu yang kemudian akan ia hantarkan  ke ruang pertemuan.
 
6. Selamat pagi saudara-saudara. Mari, kita mulai rapat hari ini dengan membaca doa bersama-sama!
Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan hormat yang ditujukan untuk para anggota agar berdoa terlebih dahulu sebelum rapat dimulai.
 
7. Selamat pagi, Pak Lurah. Kami di sini ingin memberikan laporan kegiatan hari ini ke bapak.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu sapaan hormat yang ditujukan untuk Pak Lurah.
 
8. Selamat siang, Nona. Mohon maaf jika kami mengganggu makan siang anda.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu sapaan hormat yang ditujukan untuk seorang nona atau gadis. 

9. Selamat datang di kantor kami. Ada yang bisa kami bantu?
 
Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan hormat yang menawarkan jasa bantuan kepada tamu.
 
10. Selamat datang para hadirin sekalian. Pada kesempatan kali ini, marilah kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan atas segala rahmat yang telah diberikan oleh-Nya kepada kita semua.
 
Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan hormat yang ditujukan untuk para tamu agar mengucapkan rasa syukur atas rahmat dan karunia yang sudah diberikan oleh Tuhan terlebih dahulu sebelum acara dimulai.  
 
11. Selamat datang para hadirin sekalian. Pada kesempatan kali ini, saya selaku penyelenggara acara mengucapkan banyak terima kasih atas kehadiran para hadirin sekalian pada acara kali ini.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan hormat yang ditujukan untuk para tamu dan mengucapkan banyak terima kasih karena sudah hadir dalam acara tersebut.

12. Selamat siang semuanya. Kita mulai saja agenda rapat hari ini.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan hormat yang digunakan untuk memulai suatu agenda rapat.

13. Selamat sore semuanya. Kita akhiri saja rapat pertemuan hari ini. Terima kasih atas partisipasi bapak/ibu sekalian.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu sapaan yang ditujukan untuk semua para hadirin dan mengucapkan termasih atas kehadirannya di acara tersebut.

14. Assalamualaikum warahmatullahi wabaraktuh. Mari kita ucapkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberi-Nya kepada kita, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang mulia ini.

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu ucapan salam, dan mengajak para hadirin untuk beryukur atas nikmat Allah SWT, sehingga dapat berkumpul di acara tersebut.

15. Permisi, bapak/ibu sekalian. Saya izin pamit keluar sebentar. 

Contoh kalimat sapaan hormat di atas yaitu suatu ucapan permintaan izin untuk keluar sebentar.


15 Contoh Kalimat Sapaan Hormat dalam Bahasa Indonesia - Demikian adalah beberapa contoh kalimat sapaan hormat yang bisa kalian jadikan sebagai refrensi dalam mempelajari kalimat tersebut khususnya. Jika kalian ingin mengetahui materi menarik lainnya kunjungi terus www.kamusbahasaindonesiaku.com. Sekian yang dapat kami sampaikan, terima kasih sudah berkunjung ke blog kali dan selamat belajar.