3 Jenis-Jenis Kalimat Sapaan beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia

3 Jenis-Jenis Kalimat Sapaan beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia  - Hai selamat malam. Setelah kita belajar mengenai kalimat sapaan hormat dan sapaan biasa, sekarang kita akan membahasnya dalam satu kumpulan yang ditambah dengan satu jenis kalimat sapaan yaitu kalimat sapaan kasar. Dalam sebuah kalimat sapaan diperuntukan untuk saat-saat formal maupun non formal. Kalimat sapaan juga digunakan untuk kalangan tua dan muda. Kebiasaan dan budaya di Indonesia, jika menyapa orang yang lebih tua yaitu menggunakan kalimat sapaan yang sopan untuk menghormati yang lebih tua, sedangkan jika menyapa dengan teman atau sebayanya boleh-boleh saja menggunakan kalimat yang sedikit kasar tetapi juga harus sopan dan tidak menyakiti teman kita. Di zaman yang semakin modern saat ini, ada beberapa kalimat sapaan baru yang muncul dikalangan muda ataupun remaja. Kalimat sapaan baru tersebut muncul dari sebuah percakapan seseorang dan kemudian disebar luaskan melalui percakapan di media sosial, lalu menjadi terkenal atau viral, sehingga diikuti oleh orang-orang dikalangan muda agar dibilang gaul ataupun kekinian. Adapun contoh kalimat sapaan terebut seperti cuy, say, cin, dan bahkan mblo bagi yang jomblo. hehe
3 Jenis-Jenis Kalimat Sapaan beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 3 Jenis-Jenis Kalimat Sapaan beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia
Oke teman-teman, langsung saja ya kita masuk kepembahasan yaitu 3 jenis-jenis kalimat sapaan berserta contohnya yang tentunya dapat membantu kalian semua dalam mempelajari materi ini khususnya baik mengerjakan di rumah ataupun di sekolah. Mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini.


3 Jenis-Jenis Kalimat Sapaan beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia

 

Jenis-Jenis Kalimat Sapaan dalam Bahasa Indonesia

Adapun jenis-jenis kalimat sapaan dalam bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Sapaan Hormat

Kalimat sapaan hormat adalah kalimat sapaan yang digunakan dalam kegiatan formal. Formal dalam hal ini yaitu biasa di gunakan dalam acara-acara resmi seperti di dalam suatu acara rapat, dan lain sebagainya. Tujuan dari penggunaan kalimat sapaan hormat ini yaitu untuk menghormati orang-orang yang ada di kegiatan tersebut. 

Contoh:
  • Selamat pagi, Nyonya. Apakah Nyonya memerlukan sesuatu?
  • Selamat malam, Tuan. Silakan Tuan duduk di meja yang telah Tuan pesan ini.
  • Selamat pagi, Bapak dan Ibu sekalian. Mari langsung saja kita laksanakan rapat hari ini.
  • Selamat sore, Pak RT. Saya ingin melapor tentang sanak saudara saya yang akan menginap beberapa hari ke depan.
  • Selamat datang, Tuan. Mari saya antarkan ke tempat duduk Tuan.

2. Sapaan Biasa

Kalimat sapaan biasa adalah kalimat sapaan yang digunakan dalam kegiatan ataupun aktivitas sehari-hari. Pada kalimat sapaan biasa ini penggunaan kalimat sapaannya cukup ringan dan santai sehingga jauh dari kata formal. 

Contoh:
  • Hai Nita, sedang apa kamu disini?
  • Halo, Rudi. Apakah kamu sedang sakit? Wajahmu terlihat pucat.
  • Hai, Susi. Apakah kamu tahu warung yang menjual pulsa di sekitar sini?
  • Hai, Lita. Bagaimana liburanmu semalam? Pasti asyik, ya.
  • Halo, Bu Atik. Apakah Ina sudah pulang sekolah?

3. Sapaan Kasar

Kalimat sapaan kasar adalah kalimat sapaan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan biasanya digunakan antar teman saja atau sebaya.

Contoh:
  • Oi, Bro. Sedang apa kamu disini?
  • Hai, Cin. Lama kita tidak jumpa, ya. Makin cantik saja sepertinya.
  • Hai, Lek. Mana janjimu tentang proyek buatku itu?
  • Oi, Cuy. Apa kabarmu sekarang? Kapan kamu pulang kampung?
  • Halo, Mblo. Bagaimana kemajuan pendekatanmu dengan gadis itu?
Baca Juga: 3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat

3 Jenis-Jenis Kalimat Sapaan beserta Contohnya dalam Bahasa Indonesia - Demikianlah 3 jenis-jenis kalimat sapaan beserta contohnya dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Jika teman-teman ingin mengetahui materi tentang anekdot, puisi, novel, contoh soal, contoh kaliat, cerpen, tata cara dan lainnya kunjungi saja www.kamusbahasaindonesiaku.com. Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan dan maaf apabila ada kesalahan kata dalam penjelasan materi di atas. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan selamat belajar!