3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat

3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat - Hai, setelah kita belajar mengenai beberapa jenis kalimat sapaan seperti kalimat sapaan biasa dan kalimat sapaan hormat dalam bahasa Indonesia, sekarang kita akan belajar mengenai 3 macam kata sapaan dan contoh dalam kalimatnya. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa dalam kegiatan kita sehari-hari tidaklah lepas dari berkomunikasi, karena berkomunikasi merupakan suatu kegiatan yang perlu dilakukan oleh seseorang untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada disekitar kita. Berinteraksi dapat dilakukan dengan sapaan. Kita hidup di Indonesia yang memegang erat kebudayaan menyapa. Sering kali jika kita tengah dijalan bertemu dengan kerabat ataupun orang-orang, kita menyapanya dengan menanyakan bagaimana kabarnya dan dengan pertanyaan lainnya. Indonesia sangat dikenal sebagai masyaratnya yang sangat ramah, sehingga tidaklah heran warga negara asing sangat senang jika melihat budaya atau kebiasaan yang ada di Indonesia ini yaitu salah satunya dengan kebiasaan menyapa. 
3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat
Google Image - 3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat
Sapaan adalah suatu kata yang dijadikan kesuatu kalimat yang digunakan untuk menegur sapa orang-orang yang ada disekitar kita. Penggunaan sapaan itu sangat erat kaitannya dengan adat-istiadat setempat, adat kesantunan, serta situasi dan kondisi percakapan. Itulah sebabnya, kenapa kaidah kebahasaan sering terkalahkan oleh adat kebiasaan yang berlaku di daerah tempat bahasa Indo­nesia tumbuh dan berkembang. Namun, yang perlu diingat dalam hal ini adalah cara penulisan kata kekerabatan yang digunakan sebagai kata sapaan, yakni ditulis dengan huruf awal huruf kapital, contohnya "Selamat pagi, Bu". Oke, kita langsung saja ya, apa saja macam katanya dan bagaimana jika di jadikan ke dalam sebuah kalimat? Mari kita simak bersama-sama uraian berikut ini. 


3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat


Macam-macam Kata Sapaan dan contoh dalam kalimat

Adapun macam-macam kata sapaan ada 3 macam dan contoh kalimatnya yaitu sebagai berikut:

1. Istilah dalam kekerabatan
Ada beberapa kata sapaan yang termasuk istilah dalam kekerabatan, seperti Bapak, Dik, Saudara, Kakek, Kak dan lain sebagainya. 

Contoh Kalimat:
  • Sore, Pak.  Apakah Ada yang bisa saya bantu?
  • Selamat pagi, Bu. Bagaimana kabar Ibu hari ini?
  • Selamat datang,  Saudara Saudari sekalian.
  • Halo, Dik.  Saya mau numpang tanya arah ke Gedung Sate lewat mana,  ya?
  • Pagi, Kak. Hari ini kita jadi ke taman bermain, kan?

2. Nama jabatan atau gelar
Ada beberapa kata sapaan yang termasuk nama jabatan atau gelar, seperti Bupati, Gubernur, Jenderal, Dokter, Suster, Profesor, dan lain sebagainya. 

Contoh Kalimat:
  • Selamat pagi, Dok. Apakah saya sudah boleh pulang hari ini?
  • Selamat datang, Jenderal. Kami sudah menunggu kedatangan Anda sejak tadi.
  • Siang, Sus. Apakah dokter sudah datang?
  • Selamat pagi, Profesor. Ini tugas makalah penelitian saya, Prof.
  • Selamat pagi, Pak Gubernur. Ini adalah beberapa berkas yang perlu Bapak tandatangani.

3. Nama diri, baik orang, maupun benda
Ada beberapa kata sapaan yang termasuk nama diri, baik orang maupun benda, seperti (orang) Susi, Budi, (benda): si Kelinci, Raja Rimba, dan lain sebagainya. 

Contoh Kalimat:
  • Hai, Tuti. Apakah kamu punya waktu luang hari ini?
  • Pagi, Kancil. Bagaimana tidurmu semalam?
  • Halo, Mia. Apa kabarmu?
  • Selamat pagi, Raja Rimba yang Agung.  Apa yang Anda inginkan untuk sarapan hari ini?
  • Hai, Budi. Lama tidak berjumpa, ya.

Baca Juga: Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya, Contoh Penggunaan Kata Bisa dalam Beberapa Kalimat, dan Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia.

3 Macam Kata Sapaan dan Contohnya dalam Kalimat - Demikian adalah 3 macam kata sapaan dan contoh dalam kalimat. Semoga dapat menjadi refrensi teman-teman semua ya. Jika teman-teman ingin membaca artikel terkait majas, novel, paragraf, pidato, puisi, surat, contoh soal, contoh kalimat dan lainnya buka saja www.kamusbahasaindonesiaku.com. Maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan kata di atas. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, selamat belajar dan salam sukses untuk kalian semua!