Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional

Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional - Banyak sekali kejadian yang sudah-sudah ketika penulis sudah menulis suatu bentuk skripsi, Thesis, maupun laporan ilmiah dan jika ditanyakan oleh pembimbing tidak mempunyai sumbernya atau referensi. Salah satu hal yang harus kita lakukan saat menulis skripsi, Thesis, maupun laporan ilmiah tersebut yaitu harus mengutip pendapat dari beberapa buku, jurnal, dan jenis sumber lainnya yang sesuai dengan aturan yang sudah dibuat oleh lembaga itu sendiri. Sering sekali kita temui masih ada yang salah di dalam penulisan. Bagaimana kutipan skripsi, Thesis, maupun laporan ilmiah kita dapat diakui secara Internasional jika masih salah, pada pembimbing kita pun ia akan menolak dan bahkan ia meminta harus direvisi terlebih dahulu.

Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional
Google Image - Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional
Untuk itu disini kami akan membantu teman-teman sekalian agar lebih tahu cara menulis kutipan skripsi, Thesis, dan laporan ilmiah agar dapat diakui secara Internasional. Cara penulisan kutipan dari berbagai sumber di artikel ini kita akan mengacu pada aturan APA Style (American Psychological Association) yang sudah disetujui dalam konvensi American Psychological Association. Aturan APA style ini digunakan untuk pembuatan kutipan makalah penelitian, baik skripsi, thesis, maupun laporan ilmiah yang dijadikan bahan daftar referensi. Karena pada setiap kutipan, harus ada di dalam daftar referensi dan maupun sebaliknya. Oke, langsung saja, agar teman-teman lebih paham dan mengerti bagaimana cara menulis kutipan yang baik dan benar dalam penulisan skripsi, thesis, dan laporan ilmiah yang diakui secara Internasional. Mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini!


Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional

 

Adapun beberapa cara penulisan kutipan di skripsi, thesis, dan laporan ilmiah berdasarkan aturan APA American Psychological Association) adalah sebagai berikut:

1. Menulis nama penulis di dalam tanda kurung

Cara menulis nama penulis dan tahun terbit dipisahkan dengan tanda baca koma, kemudian ditambahkan halaman dengan tanda p, atau pp, untuk memperjelas lokasi kutipan pada buku, paraphrase, ringkasan, atau informasi yang kita kutip atau yang kita ambil.

Contoh:
- Metabolisme adalah proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhuk hidup (Farhan, 1993, p. 11).
 atau

- Hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan (Suciati, 2000, pp, 109). 
 

2. Menulis nama penulis di dalam pembahasan

Cara menulis nama penulis di pembahasan tambahkan tahun di dalam tanda kurung setelah nama penulis, kemudianboleh ditambahan nomor halaman di belakang kutipan.

Contoh:
- Menurut Susanti (1993), Hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan (p. 11).
Atau

- Menurut Nuryanto (1998), Katabolisme adalah proses penguraian atau memecahan senyawa organik kompleks menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana.

3. Kutipan dengan dua nama penulis

Jika nama pengarang yang kata-katanya akan kita kutip ada dua nama penulis, maka penulisan kutipan tersebut dipisahkan dengan menggunakan tanda ampersand "&", dan jika kita ingin memasukkan kedua nama tersebut di dalam pembahasan, gunakan kata "dan".

Contoh:
- Survei membuktikan bahwa keluarga pak Suyono memang benar-benar miskin (Dudi & Nana, 2011).
Atau

- Menurut Nurmala dan Nurdin (2012), Tingkat kriminal dikota-kota besar diakibatkan oleh sulitnya mencari pekerjaan.

4. Kutipan dengan tiga hingga lima penulis

Pada penulisan nama penulis yang terdiri dari tiga sampai lima penulis, ditulis semua nama penulis sesuai dengan urutan abjad, kemudian pisahkan dengan menggunakan tanda koma. Cara penulisan kutipan yang keempat ini jika para penulis mempunyai pendapat yang sama.
 
Contoh:
- Ani Supriyana, Budi Laksana, Hadi Prabowo, dan Zainudin (1998) berpendapat bahwa jika ingin berpenghasilan tinggi maka berwirausahalah.

Jika kita ingin mempersingkat nama penulis yang banyak, bisa juga dengan menggunakan: "et al" yang berarti "dan lainnya".

- Menurut Ali Sunand et al. (1998), jika ingin berpenghasilan tinggi maka berwirausahalah.

5. Kutipan dengan 6 atau lebih penulis

Begitupun dengan cara penulisan kutipan ke 4, penulisan nama penulis yang dimaksud di sini juga jika memiliki pendapat sama. Aturan cara penulisan nama-nama tersebut tidak boleh ditulis semua, namun hanya nama penulis yang pertama yang ditulis dan gunakan "et al" untuk mewakili nama-nama penulis lainnya.

Contoh:
- Budiman et al. (2014) berpendapat, “Kemauan belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungannya."
Atau

- Kemauan belajar siswa dipengaruhi oleh lingkungannya. (Budiman et al, 2014).

6. Kutipan tanpa adanya nama penulis

Ketika suatu sumber tidak memilki nama penulis, maka gunakanlah dua atau tiga kata pertama dari judul karya yang akan kutip tersebut. Jika judul itu mengacu pada sebuah, bab buku, artikel ataupun halaman Web, gunakan huruf kapital. Tetapi, jika judul tersebut mengacu pada buku, majalah, brosur, ataupun laporan, gunakanlah huruf miring.

Contoh:
- Akibat gunung erupsi sebagian masayarakat Adi Rejo mengalami gangguan pernafasan (“Dampak Gunung Erupsi,” 2002).
Atau

- Untuk membuat roti anda bisa menggunakan tepung tapioka (Panduan Membuat Aneka, 2011).

7. Penulis dengan nama yang sama

Ketika kita akan mengutip pernyataan dari sumber tertentu, tetapi dari penulis memiliki nama yang sama, tulislah nama belakang dengan inisial.

Contoh:
- Membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan (A. Laksana, 2004). Namun, faktanya sebagian orang masih suka membuang sampah sembarangan (B. Gumelar, 2001).

8. Karya yang sama dikutip lebih dari sekali

Ketika kita akan menulis kembali kutipan pada sumber yang sama, maka tidak perlu menulis nama dan tanggal lagi.

Contoh:
- Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil alamnya (Ginanjar, 2011, p.10). Namun, Ananda mengatakan “faktanya masih banyak rakyat Indonesia yang mengalami kemiskinan” (p. 34).

9. Dua atau lebih sumber di dalam kutipan

Ketika kita ingin menyimpulkan informasi dari berbagai sumber, tulis semua nama penulis dan tanggal, kemudian pisahkan sumber-sumber informasi itu dengan menggunakan tanda titik koma. Urutkan sesuai abjad, jika penulis yang sama urutkan sesuai tanggal.

Contoh:
- Beberapa dokter mengungkapkan bahwa penyebab beberapa manusia mengalami sakit gizi buruk dikarenan kurangnya asupan makanan yang bergizi (Albert 2008; Cristian, 2004, 2006).

10. Dua atau lebih informasi yang dikutip dari tahun dan sumber yang sama

Mengutip informasi dari sumber yang dipublikasikan pada penulis dan tahun yang sama.

Contoh:
- Albert (1945a, p. 10) menyatakan, “Rajin membaca dapat membuka jendela dunia.”

11. Mengutip informasi dari sumber lain

Cara mengutip informasi secara tidak langsung, tambahkan keterangan sumber dengan mengutip kutipan tersebut dengan as cited in dalam tanda kurung.

Contoh:
- Menurut Susi (1999), Menangis dapat melegakan hati (as cited in Wayan, 2013).
Atau

- Menangis dapat melegakan hati (Susi, 1999, as cited in Wayan, 2013).

12. Kutipan yang diambil dari organisasi atau kelompok

Dalam kutipan yang diambil dari organisasi atau kelompok sebutkan nama organisasi ataupun kelompok peneliti dalam kutipan pertama, lalu tambahkan singkatan dari kelompok, atau organisasi dan lainnya dalam tanda kurung. ada kutipan selanjutnya gunakan hanya singkatan dari kelompok, atau organisasi tersebut.

Contoh:
Kutipan pertama
Kebanyakan para siswa zaman sekarang lebih senang bermain handphone dari pada bermain congklak (Kelompok Pemerhati Anak [KPA], 2003).

Kutipan kedua
Penyebab malasnya anak belajar adalah bermain game dihandphone (KPA, 2003).

13. Kutipan yang berasal dari wawancara langsung, e-mail, surat, ataupun memo

 

Pada kutipan kutipan ini tulislah kalimat Personal Communication, dan tanggal. Karena para pembaca tidak bisa mengakses sumber ini, maka jangan tempatkan kutipan ini di daftar referensi.

Contoh:
Menurut Albarun pendidikan dapat mengurangi pengangguran (personal communication, 01 Juni 2011).
Atau

Albarun berkata, “Pendidikan dapat mengurangi pengangguran.” (Pembicaraan pribadi, 01 Juni 2011).


Cara Menulis Kutipan di Skripsi, Thesis, dan Laporan Ilmiah yang Diakui Secara Internasional - Demikian adalah cara menulis kutipan di skripsi, thesis, dan laporan ilmiah secara internasional. Semoga dapat membantu kalian dalam membuat tugas skripsi, thesis, maupun laporan ilmiah yang dapat diakui secara Internasional. Terima kasih.