Contoh Kalimat Negatif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Negatif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia - Selain dalam pelajaran bahasa Inggris ternyata di dalam bahasa Indonesia juga mempunyai jenis kalimat negatif dan interogatif. Kalimat negatif dan interogatif merupakan jenis kalimat yang sangat mudah untuk dipahami, karena memang kalimat tersebut sering kita gunakan di setiap kegiatan bersosialisai kita dengan orang lain dengan cara berkomunikasi. Sebagai makhluk sosial memanglah harus berkomunikasi agar keinginannya dapat terwujud, tetapi harus menggunakan kata-kata yang baik dan sopan juga ya teman supaya tidak menyakiti perasaan lawan bicara kita.
Contoh Kalimat Negatif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Contoh Kalimat Negatif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia
Kalimat negatif dan interogatif merupakan jenis-jenis dari kalimat dalam bahasa Indonesia. Kalimat negatif adalah suatu kalimat yang digunakan untuk menyangkal atau menolak sesuatu. Ciri kalimat negatif biasanya menggunakan kata seperti tidak, bukan dan belum. Kalimat ini biasanya sering sekali kita gunakan pada saat-saat yang membuat diri kita tidak setuju dengan pendapat orang lain ataupun suatu anggapan kita sendiri yang menjurus bahwa kita menonak atau menyangkal sesuatu. Sementara itu, kalimat interogatif adalah suatu kalimat yang berasal dari kata interogasi yang berarti bertanya, sehingga dapat kita simpulkan bahwa kalimat interogatif adalah kalimat yang digunakan untuk bertanya sesuatu kepada orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah informasi. Oke teman mari kita bahas bersama-sama contoh dari dua jenis kalimat tersebut di bawah ini ya.


Contoh Kalimat Negatif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia

 

A. Contoh Kalimat Negatif


1. Gading tidak membelikan adiknya sebuah mainan.

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat negatif yang menggunakan ciri kata tidak di dalamnya, dan pada kalimat di atas juga menerangkan bahwa Gading sebagai kakak tidak membelikan mainan untuk adiknya.

2. Makan-makanan yang tidak sehat akan membuat hidupmu menderita.

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat negatif yang menggunakan ciri kata tidak di dalamnya, dan pada kalimat di atas juga menerangkan bahwa makan-makanan yang tidak sehat memang merupakan suatu hal yang buruk, sehingga dapat menyebabkan hidup kita tidak nyaman karena diganggu oleh suatu penyakit. 

3. Pita tidak akan marah jika si Salsa temannya itu mengejeknya.

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat negatif yang meggunakan ciri kata tidak di dalamnya, dan pada kalimat di atas juga menerangkan bahwa sifat Pita yang tidak marah sekalipun ada orang yang mengejeknya.  

4.  Keluarga mereka merupakan keluarga yang tidak pernah mengalami keributan.

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat negatif yang menggunakan ciri kata tidak di dalamnya, dan pada kalimat di atas juga menerangkan sebuah keluarga yang tidak akan pernah mengalami keributan dan selalu hidup harmonis.

5. Jika kita belajar dengan rajin maka hasil tidak akan menghianati

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat negatif yang menggunakan ciri kata tidak di dalamnya, dan pada kalimat di atas juga menerangkan jika kita ingin menjadi orang yang sukses maka rajinlah belajar, karena ada pepatah yang bilang "Apa yang kau tanam, maka itulah yang kau petik."

 

B. Contoh Kalimat Interogatif


1. Apakah kau menyayangi keluargamu di rumah?

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat interogatif yang menanyakan tentang keluarga.

2. Setelah kita lulus sekolah nanti apakah kau akan melanjutkan kejenjang lebih tinggi lagi?

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat interogatif yang menanyakan tentang pilihan antara meneruskan pendidikan yang lebih tinggi atau tidak.

3. Bagaimana kecelakaan maut yang mengakibatkan tiga korban tewas itu bisa terjadi?

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat interogatif yang menanyakan alasan terjadinya suatu peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan tiga korban tewas.

4.  Kenapa kau sangat menyukai pelajaran bahasa Indonesia?

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat interogatif yang menayakan suatu alasan kenapa ia menyukai palajaran bahasa Indonesia.

5. Bukankah ayah dan ibumu selalu menyambutmu jika kau pulang dari sekolah?

Kalimat di atas merupakan contoh kalimat interogatif yang menanyakan apakah orang tuanya selalu menyambutnya jika ia pulang dari sekolah.


Contoh Kalimat Negatif dan Interogatif dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa conto kalimat negatif dan interogatif untuk anda semua. Semoga bisa menjadi sumber belajar kalian untuk mengerjakan tugas dari bapak dan ibu guru di sekolah. Maaf apabila ada kekeliruan dalam penulisan kata di atas. Jika anda ingin membaca artikel tentang bahasa Indonesia lainnya, klik saja www.kamusbahasaindonesiaku.com. Terima kasih dan selamat belajar ya teman.