Contoh Kalimat Negatif menjadi Kalimat Positif dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Negatif menjadi Kalimat Positif dalam Bahasa Indonesia - Kalimat negatif merupakan kalimat salah satu jenis kalimat, begitupun juga dengan kalimat positif. Kalimat negatif adalah lawan dari kalimat positif, maka tak heran kita sering menemui kalimat tersebut selalu perpasangan. Materi kita hari ini cukuplah mudah dipahami, karena hanya dengan kita mengubah pola susunannya dan menghilangkan beberapa kata didalamnya, seperti bukan, belum, dan tidak kita sudah berhasil mengerjakan persoalan mengenai materi kita kali ini. Bagi yang masih bingung, tenang.... disini kami akan menyiapkan beberapa contohnya berikut ini.
Contoh Kalimat Negatif menjadi Kalimat Positif dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Contoh Kalimat Negatif menjadi Kalimat Positif dalam Bahasa Indonesia
Kalimat negatif adalah kalimat yang digunakan untuk menyangkal atau menolak sesuatu. Dalam penggunaan kalimat negatif biasanyaa diikuti dengan kata-kata yang bercirikan kalimat negatif itu sendiri, contoh kata negatif yang biasa digunakan yaitu seperti tidak, belum, dan bukan. Sedangkan jika kalimat positif adalah kalimat yang tidak terdapat kata-kata seperti tidak dan bukan seperti pada kalimat negatif. Adapun contoh kecil kalimat negatif yang menggunakan kata tidak, belum, dan bukan  seperti "Gempita tidak pergi kesekolah", "Gempita belum sekolah", dan "Gempita bukan anak sekolah". Jika contoh kalimat tersebut akan kita ubah menjadi kalimat positif bahasa Indonesia, kita hanya cukup menghilangkan beberapa kata dan ubah sedikit susunannya.


Contoh Kalimat Negatif menjadi Kalimat Positif dalam Bahasa Indonesia

Adapun beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

Kalimat Negatif
  • Kalian pasti tidak percaya bahwa Andi kemarin mendapatkan hadiah mobil dari salah satu kuis ditelevisi.
Kalimat negatif di atas menggunakan ciri kata tidak, jika kita ubah menjadi kalimat positif akan menjadi:
  • Kalian pasti percaya bahwa Andi kemarin mendapatkan hadiah mobil dari salah satu kuis di televisi. 

Kalimat Negatif
  • Bukan aku tidak mau menolongmu, tetapi kamu sudah punya teman yang sangat baik disana.
Kalimat negatif di atas menggunakan ciri kata bukan dan pada contoh di atas juga kita dapat mengubah susunannya dengan menghilangkan beberapa kata yang dapat merujuk ke kalimat negatif, sehingga akan menjadi:
  • Aku akan menolongmu, tanpa melihat seberapa kamu punya teman baik disana.

Kalimat Negatif
  • Bagaimana Anda memiliki masukan ketika kamu saja tidak mempunyai fakta-fakta?
Kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak dan pada contoh kalimat di atas juga merupakan contoh kalimat negatif berbentuk pertanyaan, jika kita ubah menjadi kalimat positif akan menjadi:
  •  Anda harus memiliki fakta-fakta jika ingin memberikan masukan.

Kalimat Negatif
  • Ini tidak akan membuat perbedaan apapun untuk Anda apakah mereka diadopsi atau biologis
Kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak dan pada contoh kalimat di atas juga kita dapat menghilangkan satu kata yaitu tidak dan mengubah sedikit susunan katanya, jika kita ubah menjadi kalimat positif akan menjadi:
  • Ini akan membuat perbedaan dari segi apapun, baik dari diadobsi atau biologis.

Kalimat Negatif
  • Sekarang anak itu tidak akan membersihkan rumahnya sendiri.
Kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak di dalamnya. Pada contoh kalimat di atas juga kita dapat menghilangkan satu kata yaitu tidak, jika kita ubah menjadi kalimat positif akan menjadi:
  • Sekarang anak itu akan membersihkan rumahnya sendiri.

Kalimat Negatif
  • Aku ingin kau berjanji padaku bahwa kau tidak akan pergi ke hutan sendirian lagi.
Kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak di dalamnya. Pada contoh di atas juga kita dapat mengilangkan satu kata yaitu tidak, jika kita ubah menjadi kalimat positif akan menjadi:
  • Aku ingin kau berjanji padaku bahwa kamu akan pergi kehuta sendirian lagi.

Kalimat Negatif
  • Penjahat itu bukanlah pencuri yang mengambil barang-barang kita tadi malam
Kalimat negatif di atas menggunakan kata bukan di dalamnya. Pada kalimat tersebut juga kita dapat menghilangkan salah satu kata yaitu bukanlah dan diganti dengan kata adalah, sehingga akan menjadi:
  • Panjahat itu adalah pencuri yang mengambil barang-barang kita tadi malam.

Kalimat Negatif
  • Rani dan Reni adalah saudara kembar yang memiliki kepribadian yang tidak jauh berbeda.
Kalimat negatif di atas menggunakan kata bukan sebagai salah satu ciri kalimat negatif. Pada contoh kalimat tersebut kita dapat menghilangkan salah satu kata yaitu tidak, jika di ubah ke kalimat positif akan menjadi:
  • Rani dan Reni adalah saudara kembar yang memiliki kepribadian yang jauh berbeda.

Kalimat Negatif
  • Saya tidak akan berkunjung kerumahmu nanti malam. 
Kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai salah satu ciri kalimat negatif. Pada contoh kalimat tersebut kita dapat menghilangkan salah satu kata yaitu kata tidak di dalamnya, jika kita ubah ke kalimat positif akan menjadi:
  • Saya akan berkunjung kerumahmu nanti malam

Kalimat Negatif
  • Ayah tidak jadi mengajakku untuk liburan ke rumah nenek dikarenakan ada rapat mendadak.
Kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai salah satu ciri kalimat negatif. Pada contoh kalimat tersebut kita dapat menghilangkan beberapa kada di dalamnya dan sedikit mengubah pola susunannya, jika kita ubah ke kalimat positif akan menjadi:
  • Ayah akan mengajakku untuk liburan ke rumah nenek.


Contoh Kalimat Negatif menjadi Kalimat Positif dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa contoh negatif menjadi kalimat positif untuk anda. Semoga dapat menjadi sumber belajar kalian semua. Terima kasih.