Contoh Kalimat Negatif Tidak, Bukan, dan Belum dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Negatif Tidak, Bukan, dan Belum dalam Bahasa Indonesia - Kalimat adalah satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan menyatakan makna yang lengkap. Kalimat adalah satuan bahasa terkecil yang mengungkapkan pikiran yang utuh, baik dengan cara lisan maupun tulisan. Dalam wujud lisan, kalimat diucapkan dengan suara naik turun, dan keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir. Fungsi dari sebuah kalimat sangatlah bermacam, misalnya untuk menyatakan statement, bertanya, ataupun kalimat untuk menolak atau menyangkal sesuatu. 
Contoh Kalimat Negatif Tidak, Bukan, dan Belum dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Contoh Kalimat Negatif Tidak, Bukan, dan Belum dalam Bahasa Indonesia
Salah satu jenis kalimat yang terbentuk berdasarkan fungsinya yaitu kalimat negatif. Kata yang sering digunakan dalam kalimat negatif yaitu seperti tidak, bukan, dan belum. Sehingga dapat kita simpulkan kalimat negatif adalah suatu kalimat yang digunakan untuk menyangkal atau menolak sesuatu dengan mengguakan kata-kata tidak, bukan, dan belum. Berikut di bawah ini beberapa contonhya.

 

 

Contoh Kalimat Negatif Tidak, Bukan, dan Belum dalam Bahasa Indonesia

 

A. Kalimat Negatif Menggunakan Kata "TIDAK"


Kalimat negatif menggunakan kata tidak merupakan suatu kalimat yang digunakan untuk menyangkal ataupun menolak. Adapun contohnya di bawah ini:
 
1. Saya Tidak Akan pergi Kesekolah hari ini. 
Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut juga merupakan bentuk dari tolakan bahwa ia menonak dengan tidak akan pergi kesekolah hari ini.

2. Saya tidak akan berbicara tentang hal itu lagi, "katanya dengan Hati-hati".

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut juga menggunakan bentuk dari tolakan bahwa ia tidak akan berbicara tentang hal itu lagi.

3. Gisel kesal, dan ia tidak akan mengatakan apapun.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut juga merupakan bentuk tolakan bahwa Gisel tidak akan mengatakan satu katapun.

4. Kasih sayang antara anggota keluarga merupakan hal tidak akan bisa di gantikan oleh siapapun.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut juga merupakan bentuk sangkalan bahwa kasih sayang sesama anggota keluarga tidak akan bisa digantikan dengan apapun.

5. Janganlah kau bersikap kasar karena itu tidak akan baik untuk kita.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata tidak sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut juga merupakan bentuk tolakan bahwa bersikap kasar akan membuat hubungan menjadi tidak baik.

B. Kalimat Negatif Menggunakan Kata "BUKAN"


Kalimat negatif menggunakan kata bukan merupakan suatu kalimat yang digunakan untuk menyangkal sesuatu. Adapun contohnya sebagai berikut:

1. Gading gajah itu di buru bukan karena ingin di makan, tetapi karena akan dijual oleh para pemburu.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata bukan sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut merupakan bentuk sangkalan bahwa gading itu tidak akan dimakan oleh pemburu itu, melainkan dijual.

2. Bukan karena Sinta main kerumahmu ia akan memaafkan kesalahanmu, tetapi ia menghargai undangan makan malam Ibumu.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata bukan sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut merupakan bentuk sangkalan suatu tawaran makan malam yang membuat ia beranggapan bahwa ia sudah memaafkan kesalahannya.

3. Air bukanlah satu-satunya sumber kehidupan, tetapi juga seisi yang ada di dalam alam ini.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata bukan sebagai ciri kalimat negatuf. Kalimat tersebut merupakan bentuk sangkalan bahwa air bukanlah satu-satunya sumber kehidupan.

4. PR yang diberikan oleh Bu Yasmin bukanlah tentang paragraf, melainkan tentang contoh kalimat.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata bukan sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut merupakan bentuk sangkalan bahwa PR yang sebenarnya di beri oleh Bu Yasmin adalah PR mengenai contoh kalimat.

5. Hari ini bukan hari jumat, tetapi kenapa kau menggunakan seragam pramuka?

Pada contoh kalimat negatif di atas mernggunakan kata bukan sebagai ciri kalimat negatif. Kalimat tersebut merupakan bentuk sangkalan kesalahan menggunakan seragam sekolah.

C. Kalimat Negatif Menggunakan Kata "BELUM"


Kalimat negatif yang menggunakan kata belum merupakan suatu kalimat yang menggunakan kata belum. Adapun contohnya adalah sebagai berikut:

1. Gempita belum bisa berangkat sekolah hari ini dikarenakan ia masih sakit.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata belum sebagai ciri kalimat negatif yang menjelaskan bahwa Gempita belum bisa sekolah karena sedang sakit.

2. Kenapa bapak ojek itu belum mengantarkan pesanan saya ya?

Pada contoh kalimat negatf di atas menggunakan kata belum sebagai ciri kalimat negatif yang menimbulkan pertanyaan kenapa pesanan yang ia pesan belum datang juga.

3. Setiap kali kamu berangkat sekolah pasti kamu belum sarapan, "katanya dengan pelan."

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan kata belum sebagai ciri kalimat negatif yang menimbulkan statemen.

4. Perjuanganmu saat ini belum apa-apa jika dibandingkan dengan perjuangan seorang ayah yang sudah membiayaimu sekolah.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan ciri kata belum sebagai ciri kalimat negatif yang menimbulkan statemen suatu perjuangan seorang anak untuk orang tuanya sebagai cara untuk membalas jasa orang tuanya.

5. Saya belum bisa memberikan keputusannya hari ini.

Pada contoh kalimat negatif di atas menggunakan ciri kata belum sebagai ciri kalimat negatif yang memberikan suatu informasi bahwa ia masih membutuhkan waktu lagi untuk membuat keputusan dengan matang.


Contoh Kalimat Negatif Tidak, Bukan, dan Belum dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa ulasan sedikit tentang pengertian dan contohnya untuk anda. Semoga bermanfaat untuk kalian semua ya. Maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata di atas. Terima kasih dan selamat belajar.