Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia

Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia - Hai selamat sore. Pada kesempatan sore hari ini kami akan mengajak teman-teman untuk belajar mengenai beberapa kalimat perbandingan dalam bahasa Indonesia. Jika kita berbicara mengenai kalimat perbandingan pasti teman-teman sering menggunakan kalimat perbandingan bukan, baik membandingkan harga pokok, dan apapun itu. Dalam penggunaan kalimat perbandingan seseorang membandingan satu hal dengan hal yang lain. Kami rasa juga teman-teman pasti sudah sangat ahli ya jika diminta untuk membuat kalimat perbandingan, karena memang kalimat perbandingan itu sering kita gunakan dalam kegiatan kita sehari-hari baik di rumah, di pasar, di sekolah, dan dimanapun itu. Tapi kita tidak boleh lupa ya teman, saat kita akan menggunakan kalimat perbandingan atau kalimat apapun itu yang keluar dari mulut kita harus menggunakan kalimat yang baik dan sopan ya, agar tidak menyinggung perasaan orang yang ada disekitar kita.  
Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia
Google Image - Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia
Oke, kami rasa teman-teman juga sudah tahu kan ya, apa itu kalimat perbandingan? yap, kalimat perbandingan adalah kalimat yang mengamati kesamaan atau perbedaan dari dua hal. Pada kalimat perbandingan ini juga bertujuan untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dari dua hal yang berbeda. Langsung saja ya, mari kita simak uraian di bawah ini bersama-sama!

Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia

Adapun contoh kalimat berbandingan adalah sebagai berikut:

1. Harga apel saat ini lebih mahal daripada bulan lalu. 

Pada kalimat perbandingan di atas membandingkan harga buah apel. Suatu penilaian seorang pembeli apel yang menyayangkan harga buah apel naik jika dibandingkan dengan harga pada bulan lalu.

2. Sekarang kulitku terlihat lebih cerah jika dibandingkan sebelum memakai body lotion.

Pada kalimat perbandingan di atas membandingkan warna kulit seseorang setelah menggunakan body lotion kulitnya terlihat lebih cerah jika dibandingkan sebelum menggunakannya.

3. Nilai hasil ulangan matematika Susi lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai Budi.

Pada kalimat perbandingan di atas memandingkan suatu nilai hasil ulangan matematika. Penilaian terhadap hasil nilai ulangan Susi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil nilai ulangannya Budi.

4. Susi memiliki 2 hewan peliharaan di rumah, yaitu anjing dan kucing. Namun Susi lebih menyukai anjing daripada kucingnya.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan dua hewan peliharaannya Susi, bahwa Susi lebih menyukai hewan peliraharaan anjing dari pada kucing dirumahnya.

5. Udara di gunung Bromo lebih dingin jika dibandingkan dengan udara di Tangkubanperahu.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan suatu udara. Penilaian bahwa udara yang terletak di gunung Bromo lebih dingin daripada udara yang di Tangkubanperahu.

6. Isi dompetmu lebih tebal dibandingkan punyaku.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan dua isi dompet. Suatu penilian isi dompet yang lebih tebal.

7. Kemarau tahun ini lebih panjang daripada tahun kemarin.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan suatu musim. Penilian musim kemarau tahun ini lebih panjang daripada tahun kemarin.

8. Penerimaan siswa baru tahun ini jumlah siswa di kelas 1A lebih banyak dibandingkan kelas 1B.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan suatu murid pada penerimaan siswa baru bahwa kelas 1A yang lebih banyak ketimbang kelas 1B.

9.Perayaan tahun baru kali ini lebih meriah dibandingkan perayaan tahun baru tahun lalu.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan meriahnya perayaan tahun baru saat ini jika dibandingkan dengan tahun lalu.

10. Peserta lomba catur dalam perayaan 17 belas agustus kali ini sepi peminat dibandingkan tahun sebelumnya.

Kalimat perbandingan di atas membandingkan sepinya peminat perayaan 17 belas agustusan kali ini jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Contoh Kalimat Perbandingan dalam Bahasa Indonesia - Demikian adalah beberapa contoh kalimat perbandingan dalam bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Kunjungi terus www.kamusbahasaindonesiaku.com agar mengetahui materi-materi seputar bahasa Indonesia lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa!