Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya

Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya - Hai teman-teman, selamat pagi. Pada kesempatan pagi ini kita akan belajar mengenai beberapa contoh kalimat pujian dan kritikan beserta alasannya. Kalimat pujian dan kritikan memanglah sebuah kalimat yang sangat berpengaruh untuk diri seseorang, karena apa? karena dengan adanya sebuah kalimat pujian dan kritikan seseorang itu dapat dengan mudah kita nilai karakternya. Sebagaimana kita ketahui bahwa dampak dari kalimat pujian dan kritikan itu memiliki dua dampak, yaitu dampak negatif dan positif. Dampak negatifnya yaitu jika dipuji ia akan naik atau sombong dan jika ia dikritik ia akan sakit hati dan bahkan menyimpan sebuah dendam kepada seseorang yang melontarkan kalimat kritikan tersebut. Sementara itu, dampak positifnya yaitu dengan adanya sebuah kalimat pujian ia akan bersyukur, dan jika ia diberi kritikan ia akan merasa rendah hati, intropeksi diri, terbangun ataupun termotivasi, sehingga dengan adanya sebuah kritikan tersebut ia dapat memperbaikinya terletak dimanakah kesalahan ataupun kekurangan yang terletak pada dirinya.
Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya
Google Image - Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya
Kalimat pujian adalah suatu kalimat yang membuat orang yang dipuji tersebut merasa tersanjung dan senang, sedangkan kalimat kritikan adalah kalimat yang berisi sebuah komentar tentang sesuatu, baik komentar negatif maupun positif. Oke teman-teman, kita langsung saja ya tak usah berlama-lama lagi adapun beberapa contoh kalimat pujian dan kritikan adalah di bawah ini. Semoga dengan adanya beberapa contoh kalimat pujian dan kritikan di bawah ini kita dapat mengambil hikmahnya ya teman. Mari kita simak bersama-sama!


Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya


Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya

Berikut adalah contoh kalimat pujian dan kritikan beserta alasanya:

1. Kamu memang cukup pintar, tetapi kamu tidak perduli dengan lingkungan sekitarmu, seharusnya kamu rubah yang sifat burukmu itu, agar kau di sukai banyak orang.

2. Masakanmu sangat enak sekali, hanya saja kurang sedikit garam sedikit, sehingga masakanmu lebih sempurna enaknya.

3. Guru adalah pahlawan tanda jasa, walaupun ada guru yang sedikit galak, tetapi niat mereka baik yaitu untuk membimbing kita semua.

4. Hp adalah tekhnologi yang sangat canggih, tetapi hp juga dapat merusak otak manusia, maka dari itu orang tua harus mengawasinya.

5. Sosial media merupakan aplikasi yang bagus, dari sosial media kita bisa mendapatkan sebuah informasi, tetapi jika kita tidak menggunakan dengan baik akan dapat berakibat buruk bagi kita, maka bijaklah dalam menggunakan sosial media.

6. Indonesia adalah negara yang kaya, tetapi memiki beberapa pengerusak alam juga, maka dari itu lindungi agar tidak rusak.

7. Minum 8 gelas sehari dapat menyehatkan tubuh dan banyak sekali terjadi orang - orang yang sakit karena kekurangan cairan, maka kita harus rajin untuk untuk minum 8 gelas setiap hari.

8. Si budi sangat rajin membaca, tetapi ia tidak suka bermain bola.

9. Full day memang cara yang efektif untuk sistem pembelajaran, cuma sistemnya saja yang harus di perbaiki.

10. Cara penilangan oleh anggota polisi memang mengurangi pelanggar peraturan lalu lintas, hanya saja harus menggunakan hukuman yang sesuai.

11. Kamu memang cukup pandai, hanya saja kamu kalau berbicara kasar, kepandaianmu akan lebih sempuna apabila cara berbicaramu di rubah.

12. Makan sayur - sayuran cukup baik untuk kesehatan, namun kalau kebanyakan juga tidak baik.

13.  Kamu memang cantik, tetapi tidak dengan prilakumu.

14. Lingkungan yang bersih indah untuk dipandang, sebaliknya jika lingkungan kotor tidak enak untuk di pandang.

15. Pendidikan adalah cara yang efektif untuk bisa mencapai cita - cita, namun jika tidak sekolah tidak menjamin akan masa depan.

16. Indonesia mempunyai banyak sekali tarian khas daerah, namun jika tidak kita lestarikan maka akan hilang.

17. Uang bisa untuk membeli segalanya, tetapi segalanya tidak bisa di beli dengan uang.

18. Keluarga adalah lingkungan pendidikan terkecil yang cukup bagus.

19. Organisasi memang cukup bagus untuk melatih mental sang anak, tetapi jangan sampai sekolahmu terganggu.

20. Alat transportasi cukup efektif di gunakan untuk berpergian, tetapi jangan kau buat untuk ngebut - ngebut maka nyawamu bisa hilang.


Contoh Kalimat Pujian dan Kritikan beserta Alasannya - Itu tadi adalah contoh kalimat pujian dan kritikan beserta alasannya. Jika teman-teman ingin membaca artikel menarik lainnya, kunjungi saja www.kamusbahasaindonesiaku.com. Sekian yang dapat kami sampaikan, maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata di atas. Terima kasih dan selamat belajar ya teman-teman hebatku!