Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasan Lengkap

Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasan Lengkap - Hai teman, setelah kita belajar mengenai beberapa jenis majas seperti metonimia, alusio, pleonasme, metafora, sekarang kita akan belajar mengenai contoh majas personifikasi dan penjelasan lengkapnya. Majas pesonifikasi banyak digunakan dalam novel-novel, misalnya novel sudah terkenal seperti novel laskar pelangi karya Andrea Hirata dan lainnya. Dalam novel tersebut menggunakan kata-kata majas personifikasi memang tidaklah masuk akal, karena ia menggunakan benda mati yang dijadikan seolah-olah hidup layaknya seperti manusia. Namun, kelebihan pada majas ini yaitu dapat membawa para pembacanya seakan-akan ikut masuk kedalam suasana tersebut.
Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasan Lengkap
Google Image - Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasan Lengkap
Oleh sebab itu, disini kami akan memberikan contoh majas personifikasi dan penjelasan lengkapnya, agar dapat membantu teman-teman yang di rumah ataupun di sekolah dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh bapak dan ibu guru. Oke, langsung saja ya kita simak uraian mengenai contoh majas personifikasi dan penjelasannya diberikut ini.


Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasan Lengkap

 

Definisi Personifikasi


Majas personifikasi adalah gaya bahasa yang menggunakan benda mati lalu dijadikan seakan-akan hidup dan kemudian disamakan dengan sifat-sifat yang dimiliki manusia. Sifat-sifat manusia disini seperti kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia, misalnya menyapu, bernyanyi, dan lainnya. Adapun beberapa contoh dan penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Pepohonan diterbangkan oleh puting beliung yang sedang menari-nari.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat majas personifikasi di atas yaitu pohon sebagai benda mati yang disamakan dengan kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia yaitu menari-nari. Menari-nari dalam hal ini dikatakan karena pepohonan tersebut terbawa angin puting beliung yang memutar-mutar di udara.
 
2. Penyakit yang mengerogoti organ dalam manusia adalah asap rokok.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya. Penyakit hanyalah sesuatu pengidentikan masalah yang timbul di diri manusia. Kata menggerogoti hanya bisa dilakukan oleh manusia ataupun hewan.

3. Pasar senen habis dilalap oleh api.

Penjelasan:
Pada contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya. Penggunaan kata dilalap di atas seharusnya hanya bisa dilakukan oleh manusia, sedangkan api itu merupakan jenis yang tidak bisa melakukan kegiatan apapun kecuali membakar. 

4. Banjir bandang itu menyapu bersih rumah-rumah yang ada di sekitarnya. 

Penjelasan:
Pada contoh majas personifikasi di atas yaitu banjir bandang yang menyapu bersih rumah yang ada di sekitarnya. Penggunaan kata menyapu hanya bisa dilakukan oleh manusia, misalnya menyapu halaman, dll.

5. Disepertiga malam terakhir udara dingin memelukku.
   
Penjelasan:
Pada contoh majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya. Penggunaan kata memelukku hanya bisa dilakukan oleh manusia. Makna yang terkandung yaitu disepertiga malamnya udara dingin masuk kedalam tubuhnya, sehingga ia merasa kedinginanan. 

6. Malamku disambut oleh purnama.

Penjelasan:
Makna yang terkandung dalam kalimat majas personifikasi di atas yaitu bulan yang menyinari malam pada waktu itu. Penggunaan kata disambut hanya bisa dilakukan oleh manusia saja.

7. Kulitku terbakar oleh mentari siang.

Penjelasan:
Penggunaan kata terbakar dalam contoh kalimat majas personifikasi di atas bukan merupakan makna yang sebenarnya, tetapi karena menghitamnnya kulit yang dikarenakan oleh teriknya sinar matahari.

8. Tulang rusukku yang rapuh ini ditusuk oleh angin badai.

Penjelasan:
Penggunaan kata ditusuk dalam contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya, tetapi karena angin yang sangat kencang sehingga membuatnya kedinginan.

9. Siangku disambut oleh awan hitam yang bergandengan dan menjadikan siangku semakin gelap.

Penjelasan:
Penggunaan kata disambut dan bergandengan pada contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya, karena menyambut dan bergandengan hanya bisa dilakukan oleh manusia saja. Makna yang sebenarnya yaitu pada siang itu mendung gelap.

10. Para peselancar di gulung oleh ombak. 

Penjelasan:
Penggunaan kata di gulung pada contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya, tetapi peselancar tersebut sedang bermain selancar diombak laut.

11. Kemarin, awan hitam terlihat murung

Penjelasan:
Penggunaan kata murung pada contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya, murung disitu yang berarti mendung dan kemudian akan turun hujan.

12. Bedak di pipinya di hapus oleh air hujan.

Penjelasan:
Penggunaan kata dihapus pada contoh kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna sebenarnya, melainkan bedak dipipi yang hilang karena tersiram oleh air hujan atau biasa kita sebut dengan luntur.

13. Dipagi hari burung mulai bernyanyi.

Penjelasan:
Penggunaan kata bernyanyi diatas bukanlah makna yang sebenarnya melainkan burung yang mengeluarkan bunyinya saat dipagi hari.

14. Motor ayah batuk-batuk setelah melewati perjalanan sekian meter.

Penjelasan:
Batuk-batuk merupakan kegiatan yang hanya bisa dilakukan oleh manusia, sedangkan motor hanyalah benda mati yang tidak bisa melakukan apapun. Makna yang terkandung dalam kalimat majas personifikasi di atas bukanlah makna yang sebenarnya, melainkan motor yang mogok setelah melewati perjalanan sekian meter.

15. Matahari bangun terlalu pagi, rasanya aku tertidur baru beberapa menit.
 
Penjelasan:
Penggunaan kata bangun tersebut bukanlah makna yang sebenarnya, bangun hanya bisa dilakukan oleh manusia dan hewan. Makna yang sebenarnya yaitu seseorang yang bangunnya kesiangan.

Contoh Majas Personifikasi dan Penjelasan Lengkap - Demikian adalah contoh majas personifikasi dan penjelasan lengkap. Semoga dapat menjadi sumber teman-teman sekalian dalam mempelajari materi ini khusunya. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan dan terima kasih sudah berkunjung di blog kami.