Contoh Paragraf Persuasif Beserta Pengertiannya

Contoh Paragraf Persuasif Beserta Pengertiannya - Hai teman-teman, jumpa lagi dengan kami. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ditahun 2019 yang akan datang kita akan melakukan pilpres di seluruh Indonesia. Dengan adanya pilres yang akan dilaksanakan tahun depan, mantan presiden Sosilo Bambang Yudhyono atau SBY pada pidatonya kemarin, beliau mengajak pasangan calon presiden Jokowi-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk mengantisipasi politik yang menggunakan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Hal tersebut bertujuan agar pilpres pada tahun depan dapat berjalan dengan damai dan demokratis. Sehingga dapat mencontohkan kepada masyarakat untuk memainkan peran yang positif, agar terhindar dari politik identitas, politik yang berbasis ideologi maupun paham ekstrim.
Contoh Paragraf Persuasif Beserta Pengertiannya
Google Image - Contoh Paragraf Persuasif Beserta Pengertiannya
Oke teman-teman, oleh sebab itu disini kami akan memberikan contoh paragraf persuasif beserta pengertiannya agar teman-teman menjadi paham dan mengerti. Pada intinya memang paragraf persuasif itu bersifat untuk mengajak seseorang, misalnya saja seperti uraian yang sudah kita baca di atas. Adapun jenis paragraf persuasif itu ada banyak sekali, yaitu seperti paragraf persuasi tentang kesehatan, paragraf persuasi pemerintah, paragraf persuasif pendidikan, dan lain sebagainya. Untuk lebih lanjut, yuk kita simak uraian di bawah ini!


Contoh Paragraf Persuasif Beserta Pengertiannya

 

Paragraf Pesuasif

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) persuasi/per·su·a·si/ /pérsuasi/ n adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkannya; bujukan halus: mereka percaya dapat meyakinkan orang lain dengan -- saja; imbauan dan karangan yang bertujuan membuktikan pendapat. 

Sementara itu, menurut Syamsuddin (2009:40) paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya berusaha untuk merebut perhatian pembaca. 

Jadi dapat kita simpulkan bahwa, paragraf persuasif adalah suatu kumpulan beberapa kalimat yang menjadi sebuah paragraf yang isinya memiliki makna ajakan, bujukan, ataupun imbauan secara halus yang berusaha untuk merebut perhatian para pembaca dengan memberikan suatu alasan yang baik, sehingga mereka percaya dan dapat mengikuti pesan yang ada di paragraf persuasif tersebut. Maka tidak heran juga bahwa paragraf persuasif itu sering digunakan sebagai paragraf propaganda oleh lembaga kesehatan, pemerintah, pendidikan dan lain-lain. Adapaun contohnya adalah di bawah ini:

Paragraf Persuasif yang digunakan dalam propaganda oleh lembaga kesehatan!
 
Ayo Rajinlah Mencuci Tanganmu!

Pentingnya mencuci tangan adalah untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit. Mengajarkan kebiasaan memcuci tangan sejak dini sangatlah baik, karena salah satu penyakit pembunuh anak nomor satu di Indonesia adalah diare. Penyakit diare dapat dicegah dengan mengajarkan anak untuk mencuci tangan. Karena seperti yang kita ketahui, sepanjang hari kita akan banyak melakukan aktifitas dan berkontak langsung dengan orang-orang, permukaan benda yang kotor, makanan, bahkan binatang dan kotoran binatang . Hal itu tentunya akan menyebabkan menumpuknya kuman penyakit pada tangan khususnya telapak tangan. Maka dari itu juga kita tidak mencuci tangan cukup sering, maka kita akan tertular berbagai penyakit lewat sentuhan ( misalnya : tanpa sadar kita menyentuh mata, hudung, mulut) dengan telapak tangan. Hal itu tentunya akan mengakibatkan kuman-kuman dan bakteri-bakteri yang melekat pada telapak tangan akan berpindah ke mata, mulut atau hidung dan tentunya akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Tanpa kita sadari , kita juga dapat menyebarkan penyakit ke orang lain lewat sentuhan langsung atau lewat media permukaan benda yang mereka sentuh. Maka dari pada itu, ayo rajin - rajinlah mencuci tangan agar terhindar dari berbagai penyakit.

Contoh Paragraf Persuasif yang digunakan dalam propaganda oleh pemerintah!

Ayo, Hindari Berita Bohong

Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita hoax alias berita bohong menjelang akan diadakannya pilpres di tahun 2019 yang akan datang. Berita bohong atau hoax yang berisi suatu fitnah tersebar melalui media sosial, yang sialnya dibagikan (share) lagi oleh pengguna media sosial yang tidak tahu kebenarannya. Dampak dari berita bohong sangatlah berbahaya, ia dapat menimbulkan adanya suatu perpecahan di negara tercinta kita ini. Contohnya yang baru-baru ini terjadi yaitu akibat berita hoax adanya kebencian antar pendukung A dengan B dengan cara saling menjelekan. Kami berharap agar masyarakat lebih pintar dan cerdas lagi dalam menerima suatu berita, sehingaa dapat terwujudnya hidup yang aman, tentram, dan damai di negara ini.

Contoh Paragraf Persuasif yang digunakan dalam propaganda oleh lembaga pendidikan!
 
Ayo, Kita Batasi Anak dalam Menggunakan Handphone

Dimasa modern sekarang handphone tidak dapat bisa di pisahkan dari remaja remaja sekarang, walaupun tidak  semua mempunyai handphone  tetapi sebagian besar remaja zaman sekarang pasti meminta ke orang tua untuk dibelikan handphone tercanggih supaya tidak ketinggalan zaman, bahkan tidak hanya remaja seusia SMA, seusia SD pun ada yang memintakan handphone terbaru yang canggih supaya tidak tertinggalan zaman.

Handphone memang sudah meracuni anak dan remaja zaman sekarang. Jika sudah sekali memakai handphone pasti akan kecanduan dan ingin memakainya terus seperti halnya dengan narkoba bila sudah memakai sekali pasti ingin terus menerus memakainya. Handphone sudah sangat merasuki pikiran semua orang di dunia ini, jika tidak punya handphone rasanya ada yang kurang. Handphone juga dapat menimbulkan dampak negatif terhadap prestasi belajar para pelajar. Hal ini dikarenakan penyalahgunaan handphone oleh para pelajar sehingga handphone juga dapat membuat prestasi para pelajar menurun, bukan yang seharusnya siswa rajin dan pintar saat ada handphone malah menjadi malas dan bodoh. Dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting, untuk itu marilah para orang tua membatasi anak-anaknya untuk bermain handphone agar tidak menjadi malas dan bodoh.
 

Contoh Paragraf Persuasif Beserta Pengertiannya - Demikian adalah contoh paragraf persuasif beserta pengertiannya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya ya!