Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi

Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi - Halo, selamat pagi guys. Sering kita berfikir bahwa makanan yang sehat itu baik untuk dikonsumsi. Namun ada hal yang sering dilupakan oleh kita yaitu walaupun makanan itu sehat untuk tubuh kita, bisa saja makanan itu berpotensi merusak gigi. Dilansir dari laman Womenshealth.com.au, Kamis (30/8/2018), menurut seorang dokter gigi, Dr Peter Chuang, ia memaparkan bahwa ada lima makanan yang tanpa kita ketahui dapat merusak gigi kita, antara lain Buah Citrus, Acar, Pasta, Popcorn, dan Es. Dr Peter Chuang juga menghimbau agar gigi kita tidak rusak, maka mulailah mengatur pola makan dan memperhatikan makanan apa yang akan kita makan itu kira-kira dapat berpotensi merusak gigi kita atau tidak. Untuk itu, mari kita sama-sama menjaga kesehatan gigi kita dengan rutin membersihkan gigi dengan pasta gigi yang tepat dan menjaga pola makannya.
Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi
Google Image - Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi
Oleh karena itu, disini mimn akan memberikan contoh paragraf persuasif tentang kesehatan gigi. Paragraf persuasif adalah paragraf yang berisi sekumpulan kalimat yang menjelaskan tentang sesuatu yang bersifat membujuk, mempengaruhi, dan merayu untuk ikut kedalam perkataan yang ditulis dalam paragraf tersebut. Ajakan tentang untuk menjaga kesehatan gigi sering kita jumpai saat kita berada di rumah sakit maupun puskesmas. Adanya tujuan untuk menjaga kesehatan gigi tersebut adalah agar gigi kita sehat dengan tanpa adanya masalah seperti gigi berlubang, dan lain sebagainya. Untuk menjaga kesehatan gigi perlu adanya suatu usaha yaitu dengan rajin mengosok gigi dipagi hari dan sebelum tidur, karena apa? karena pada saat-saat seperti itulah kuman-kuman mulai beraksi untuk merusak gigi, maka harus kita cegah dengan rajin mengosok gigi. Untuk memiliki kebiasaan rajin meggosok gigi memanglah harus memiliki niat, dan juga penting mengajarkan dari sejak kecil, jadi gigi kitapun akan terjaga sampai kita tua. Oke teman-teman, langsung saja ya mari kita simak uraian beberapa contoh tentang paragraf persuasif tentang kesehatan gigi berikut ini.


Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh tentang kesehatan gigi:

Contoh 1

Gigi Adalah Cermin Kesehatan Manusia

Gigi merupakan cerminan kesehatan manusia. Hal tersebut dikarenakan segala sesuatu banyak yang berhubungan dengan mulut. Bahkan penyakit pun juga bisa dideteksi dari mulut. Jika gigi dalam keadaan tidak sehat bahkan sakit, nantinya ketika mengunyah makanan menjadi kurang maksimal. Sehingga dapat dipastikan akan mengganggu pencernaan. Yang akhirnya juga dapat menimbulkan bau mulut. Jika memiliki sel darah putih terlalu banyak juga bisa dideteksi melalui mulut yaitu munculnya banyak sariwan di mulut secara bersamaan. Untuk itulah diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut. 

Contoh 2
Menggosok Gigi Sebelum Tidur 

Ketika kita sedang tertidur, bukan berarti kuman yang ada didalam mulut kita pun ikut tertidur juga. Selama tidur kondisi mulut kita dalam keadaan diam, tidak bicara dan tidak mengunyah makanan, sehingga produksi air liur pun sangat sedikiit. Lidah dan semua yang ada di mulut juga tidak bergerak, maka otomatis kuman-kuman dari sisa makanan yang tidak dibersihkan karena tidak menggosok gigi akan berproses dan berkembang biak.  

Kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur masih sering diabaikan oleh kebanyakan orang, mereka berpendapat hanya dengan menggosok gigi setelah mandi pagi dan sore itu sudah cukup. Padahal lebih dianjurkan menggosok gigi setelah makan pada pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari karena dengan melakukan kebiasaan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kita yaitu membuat gigi kita tetap sehat.

Contoh 3
Dampak yang Timbul Jika Tidak Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Bayangkan saja jika dalam mulut kita banyak terdapat sisa makanan yang tertinggal. Bilamana makanan bersatu dengan kuman yang menempel pada gigi, akan terjadi proses demineralisai yaitu meningkatnya produksi asam yang dilakukan oleh kuman di dalam mulut sehingga melarutkan permukaan gigi yang pada akhirnya bisa membuat gigi berlubang. Maka tidak heran bila esok harinya gigi kita akan mendadak sakit.

Namun apabila kita menyikat gigi sebelum tidur maka semua kotoran itu akan hilang sehingga pH nya akan naik lagi, maka terjadilah proses remineralisasi, seimbang dan normal. Sikat gigi malam hari sangat penting untuk menghambat berkembang biaknya kuman, dengan demikian kesehatan mulut dan gigi bisa terjaga. Oleh karena itu, biasakanlah menggosok gigi sebelum tidur karena dengan kebiasaan yang baik kita akan mendapatkan manfaat yang baik juga.

Contoh Paragraf Persuasif tentang Kesehatan Gigi - Itu tadi adalah contoh paragraf persuasif tentang kesehatan gigi. Semoga dapat menjadi sumber belajar untuk kalian ya. Terus kunjungi www.kamusbahasaindonesiaku.com untuk mendapatkan materi-materi seputar bahasa Indonesia lainnya, karena dengan mempelajari bahasa Indonesia menandakan bahwa kita mencintai tanah air kita, yaitu Indonesia. Oke, sampai jumpa di artikel-artikel menarik kami selanjutnya. Terus semangat belajar, semoga sukses!