2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia

2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia - Pengalaman  atau kisah perjalanan hidup merupakan hal yang tak akan bisa dilupakan oleh semua orang. Maka tak jarang sebagian dari merkea memilih untuk menceritakannya melalui sebuah buku. Dengan menulisnya ke dalam sebuah buku, maka orang-orangpun akan mengetahui pengalaman atau perjalanan hidupnya. Biasanya, tujuan dalam penulisan sebuah cerita pengalaman hidup adalah untuk menginspirasi orang lain, lalu seorang pembaca tersebut mendapatkan sebuah motivasi dalam menjalani hidupnya. Contohnya saja penulisan kisah hidup orang nomor 1 di Indonesia ini, yaitu presiden Jokowi yang dulunya ia adalah seorang penguasaha kayu dan bahkan menarik produser film mengangkat ke layar lebar. Dalam hal ini tentunya kita harus bisa manfaatkan ya teman, jika kalian lelah atau tidak semangat lagi dalam menjalani sebuah hidup, kalian dapat melihat kembali orang-orang yang dulunya menghadapi hal yang sulit sehingga ia sekarang dapat menjadi orang yang besar.
2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia
Oleh sebab itu, di sini kami akan memberikan beberapa contoh jenis-jenis karangan non ilmiah singkat untuk anda semua. Hal ini sesuai dengan ciri ciri karangan ilmiah atau karakteristik karya ilmiah dan non ilmiah yang biasanya terletak pada bahasa penyampaian yang digunakan. Persamaan karya ilmiah dan non ilmiah yaitu keduanya merupakan karya ilmiah memiliki standart ilmiah, sama-sama menggunakan metode ilmiah yang sistematis, menyajikan data, netral, dan objektif.  Karangan non ilmiah ini merupakan karangan yang menggunakan bahasa yang sedang viral atau popular pada saat itu, sehingga kata-katanya terkesan tidak terlalu formal dan kemudian untuk diterbitkan ke dalam novel, cerpen, majalah, dan dongeng.  Oke langsung saja ya, mari kita simak uraian di bawah ini gaes. 


2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia

 

Karangan Non Ilmiah

Adapun 2 contoh jenis-jenis karangan non ilmiah sebagai berikut:

1. Dongeng 

Jenis pertama karangan non ilmiah ini yaitu dongeng, dongeng merupakan karangan yang mengungkap sebuah cerita yang penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Contoh singkatnya:

Angsa Yang Bertelur Emas

Suatu hari, seorang petani membawa seekor angsa pulang ke rumahnya Esoknya, angsa itu mengeluarkan telur emas.

"Angsa ajaib," kata petani. la segera membawa telur emas itu ke pedagang emas di pasar untuk mengetahui apakah telur itu benar-benar emas.

"Ini emas murni," kata pedagang emas. Pedagang membeli emas itu dengan uang yang banyak.

Sejak saat itu, angsapun setiap hari mengeluarkan telur emas. Kini, petani telah memiliki selusin telur emas. Tapi, ia masih belum puas.

"Aku akan kaya raya. Tapi, aku ingin angsa mengeluarkan Iebih dari satu telur emas setiap hari agar aku cepat kaya," kata petani.

Setelah angsa mengeluarkan telur emas yang banyak dalam sehari, petani masih belum puas juga. "Angsa itu mengeluarkan banyak telur emas. Aku tidak akan menunggu besok. Aku ingin cepat kaya. Aku akan menyembelih angsa itu dan mengambil seluruh emas dalam tubuhnya," pikir petani.

Petani menyembelih angsa, tapi ia sangat kaget. la tidak menemukan satu telur emas pun dalam tubuh angsa.

Kini, ia hanya bisa menyesal. Karena serakah, ia telah menyembelih angsa. Andai saja ia tidak me nyembelih angsa itu, ia pasti masih bisa mendapat- kan telur emas. Itulah akibat dari keserakahan.


2. Novel

Novel merupakan jenis karangan non ilmiah yang menngungkap sebuah kisah berdasarkan rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Contoh singkatnya:

Hari ini aku mendapatkan beasiswa pembiayaan penuh untuk kuliah S2 di luar negeri. Sekarang mamaku adalah yang seorang single parent, bisa menggunakan uang kerja kerasnya dan tabungan hasilnya banting tulang selama nyaris 20-an tahun untuk mendapatkan kehidupan bahagia yang layak untuk beliau.

Beliau bekerja dengan gaji yang terbatas sampai melakukan sambilan di luar kerja utamanya, nyaris setiap hari. Semoga ia bisa menikmati kesenangan kerja kerasnya.


2 Contoh Jenis-Jenis Karangan Non Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa contoh jenis-jenis karangan non ilmiah singkat untuk anda semua. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.