3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia

3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia - Artikel, opini, feature dan jenis-jenis karangan semi ilimah lainnya merupakan sebuah karangan semi ilmiah yang tujuan dibuatnya hanya karena untuk memberikan sebuah informasi baik berasal dari fakta ataupun fiksi. Karangan semi ilmiah ini bersifat subjektif, membujuk, kritikan,  dan menggunakan bahasa yang formal maupun kekinian, kemudian juga terkesan melebih-lebihkan sesuatu. Maka tak heran banyak sebagian orang lebih memilih karangan semi ilmiah ini menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan informasi yang cukup jelas.
3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia
Google Image - 3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia

3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia


Adapun 3 contoh jenis-jenis karangan semi ilmiah yang akan kita pelajari yaitu mengenai artikel, opini, dan feature. Mari kita ulas bersama berikut ini!

1. Artikel

Artikel merupakan jenis karangan semi ilmiah yang berisi informasi faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Contoh Artikel Singkat:

"Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita hoax alias berita bohong menjelang akan diadakannya pemilu di tahun 2019 yang akan datang. Berita bohong atau hoax yang berisi suatu fitnah tersebar melalui media sosial, yang sialnya dibagikan (share) lagi oleh pengguna media sosial yang tidak tahu kebenarannya. Dampak dari berita bohong sangatlah berbahaya, ia dapat menimbulkan adanya suatu perpecahan di negara tercinta kita ini. Contohnya yang baru-baru ini terjadi yaitu akibat berita hoax adanya kebencian antar pendukung A dengan B dengan cara saling menjelekan..."

2. Opini 

Opini merupakan jenis karangan semi ilmiah yang berisi sebuah pendapat, ide, atau gagasan mengenai sesuatu misalnya saja pada suatu perstiwa yang sedang terjadi. Opini ini sifatnya belum pasti atau tidak nyata, tetapi suatu saat juga bisa terjadi.

Contoh Opini Singkat:

"Apa yang kalian pikirkan tentang alam disekitar kita? bukankah sangat indah sekali bukan? lalu mengapa meraka masih kita suka meruaknya? seharusnya kita menjaganya dengan baik, dan bukan malah merusaknya. Hasil dari alamlah yang memberikan kehidupan untuk kita semua, sifat manusia yang tidak akan pernah puas dengan apa yang ia  miliki, bahkan mereka rela melakukan apapun untuk mendapatkan apa yang ia inginkan demi untuk kepentingan pribadi. Ketahuilah jika manusia tidak akan bisa hidup tanpa manusia lain, tumbuhan dan bahkan binatang, coba lihat apa yang bisa kalian lakukan tanpa adanya orang lain yang membantu kalian? apa yang akan kalian hirup jika tidak ada tumbuhan? bahkan tumbuhan juga memberikan makanan untuk kita, terkadang kita juga memakan binatang untuk mencukupi kebutuhan kandungan gizi dalam tubuh kita...."


Feature merupakan jenis karangan semi ilmiah yang di dalamnya terdapat tulisan hasil reportase (peliputan) mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta menggugah simpati atau empati pembaca.

Contoh Feature Singkat:

"Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan juga dimaknai sebagai proses, cara, ataupun perbuatan mendidik. Adapun tujuan pendidikan adalah meningkatkan pengetahuan seseorang mengenai sesuatu hal, sehingga menguasainya. Tujuan pendidikan dapat tercapai jika proses pembelajaran berlangsung secara komunikatif. Dalam artian, jika proses pembelajaran tidak komunikatif maka tujuan pendidikan tidak akan tercapai." 


3 Contoh Jenis-Jenis Karangan Semi Ilmiah Singkat dalam Bahasa Indonesia - Demikian beberapa contoh jenis karangan semi ilmiah untuk teman-teman semua. Semoga dengan adanya artikel ini kalian semua jadi paham ya. Jika kalian ingin membaca artikel terkait bahasa Indonesia lainnya kujungi saja www.kamusbahasaindoensiaku.com, disitu terdapat banyak sekali pengetahuan yang bisa menambah wawasan kalian semua. Sekian dan terima kasih.